CPU? AMOLED? RAM? Ini 7 Arti Istilah Spesifikasi Smartphone, Jangan Bingung Lagi!

Default

Dear kamu yang mau ganti smartphone, mengecek spesifikasi yang dimiliki oleh calon HP barumu sangatlah krusial, loh.

Dengan mengetahui spesifikasi yang dimiliki, kamu akan tahu apakah gawai tersebut worth it atau tidak dalam memenuhi ekspektasimu.

Untuk yang sudah biasa lihat-lihat spek smartphone atau paham dengan seluk beluk gadget sih, mungkin sudah paham soal istilah-istilah yang selalu ada dalam spesifikasi HP, misalnya saja NFC, SoC, IPS, RAM, GPU, dan masih banyak lagi.

Sayangnya ada pula beberapa dari kita yang belum benar-benar tahu dan memahami arti dari berbagai singkatan dan istilah tersebut, sehingga seringkali pusing sendiri kalau mengikuti review gadget.

Tenang geng, Jaka akan menjelaskan satu-satu tentang istilah dalam spesifikasi smartphone yang harus banget kamu ketahui, seperti dilansir dari Servify Guide via Kompas.

GPL alias Gak Pake Lama, ini dia ulasannya!

1. System-on-Chip (SoC)

System On Chip 9d8c6

SoC sesuai namanya bertugas untuk menggabungkan berbagai prosesor atau pengolah instruksi digital berdasarkan jenis datanya, mulai prosesor modem hingga gambar.

Chip sendiri dapat diibaratkan sebagai otak sebuah smartphone yang tertanam ke papan sirkuit utama atau biasa disebut mainboard.

Nah, kalau kamu pernah membaca atau mendengar istilah prosesor, chipset, dan chip, itu sama saja dengan SoC, geng.

Beberapa merek SoC terpopuler yaitu Snapdragon dari Qualcomm, Helio dari MediaTek, dan Exynos dari Samsung yang semakin tinggi angka modelnya, berarti semakin canggih dan mahal pula SoC tersebut.

Sebagai contoh, Snapdragon 888 lebih unggul daripada Snapdragon 780G.

2. RAM dan ROM

Ram Dan Rom 872db

Biasanya, RAM dan ROM adalah spesifikasi yang paling sering diperhitungkan oleh calon pembeli ketika sedang menyeleksi ponsel yang berpotensi dibeli.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data dari aplikasi atau program yang sedang berjalan untuk kemudian diproses oleh SoC.

Kapasitas RAM yang semakin besar akan memungkinkan lebih banyak data program yang dapat disimpan sehingga lebih banyak pula aplikasi yang bisa dioperasikan dalam waktu bersamaan secara mulus, geng.

Sementara itu, ROM adalah Read Only Memory yang sebenarnya lebih tepat jika disebut memori internal atau media penyimpanan.

Seluruh datamu terkait program di ponsel dan aktivitas pengguna dari sistem operasi, aplikasi, foto, dan video akan disimpan oleh storage ini.

Biasanya kamu melihat RAM dan memori internal dicantumkan berdampingan, misalnya 4GB/64GB yang berarti RAM nya berkapasitas 4GB, sedangkan media penyimpanannya berkapasitas 128GB.

3. CPU dan GPU

Gpu Cpu D04d3

Nah, CPU dan GPU adalah jenis prosesor yang juga tergabung dengan prosesor lainnya di SoC dengan peran spesifik yang menjadikannya komponen penting dan menentukan kinerja perangkat, geng.

Adapun kepanjangan CPU adalah Central Processing Unit, sedangkan GPU adalah singkatan dari Graphic Processing Unit.

CPU berfungsi sebagai pusat komando yang mengoperasikan perintah komputasi dan menghubungkan pekerjaan komponen-komponen lain dan memiliki beberapa inti pemrosesan, geng.

Makanya, seringkali ada istilah hexa-core atau octa-core yang menjelaskan adanya enam atau delapan inti pemrosesan yang dimilikinya.

Sementara itu, GPU seperti namanya bertanggung jawab akan aspek grafis atau visual pada layar smartphone termasuk saat bermain game.

Kamu pasti sering menemui nama-nama GPU yang populer seperti Adreno dan Mali.

4. NFC

Nfc Bc713

Ini nih, fitur yang biasanya ditawarkan oleh smarpthone di kelas menengah ke atas, bahkan sekarang sudah umum juga ditemukan di ponsel-ponsel entry-level.

Merupakan singkatan dari Near Field Communication, NFC berfungsi untuk melakukan komunikasi nirkabel antar perangkat dalam jarak berdekatan atau bahkan saling menempel.

Contoh dari fungsi NFC adalah untuk mengecek atau mengisi saldo uang digital, bisa juga untuk melakukan pembayaran cashless, geng.

Bahkan, NFC juga dapat digunakan sebagai pengganti kartu akses dan mempermudah pairing antara ponsel dan perangkat lainnya seperti kamera digital.

5. Megapiksel (MP)

Megapiksel Dbf8f

Kamu yang doyan foto-foto harus memastikan bahwa smartphone yang akan dibeli memiliki megapiksel yang cukup agar hasil jepretan kameranya tajam dan ukuran file menjadi lebih besar, geng.

Semakin besar MP yang dimiliki kamera handphone, resolusi gambar menjadi lebih tajam dan tidak pecah. Biasanya perbedaan itu akan terlihat ketika foto di zoom.

Tetapi, megapiksel bukanlah tolak ukur mutlak dalam memilih kamera HP karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas gambar yang diambil, misalnya saja dynamic range dan computational photography.

6. Jenis Layar IPS, AMOLED, dan OLED

Oled Amoled Lcd 8afa5

Duh, apaan lagi nih, geng? Kamu juga perlu cek layar jenis apa yang dimiliki oleh calon ponsel pintar barumu, mulai dengan mengenali kepanjangannya.

AMOLED adalah Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode yang sebenarnya merupakan tipe dari OLED atau Organic Light-Emitting Diode, geng.

Selain dua istilah tersebut, masih ada IPS LCD, yaitu In-Plane Switching Liquid Crystal Display. Eits, jangan bingung dulu, sini Jaka jelasin!

Jadi, ketiga istilah di atas merujuk pada jenis panel yang digunakan pada layar smartphone, geng.

AMOLED dan OLED dapat menghasilkan cahaya sendiri, tak seperti IPS LCD yang masih membutuhkan backlight. Sementara itu, AMOLED dan OLED juga memiliki kontras dan saturasi warna yang lebih tinggi.

Jenis panel ternyata juga berpengaruh pada penggunaan daya, loh. AMOLED dan OLED lebih hemat daya daripada LCD serta lebih fleksibel, sehingga layar bahkan bisa ditekuk atau dirancang agak melengkung.

7. mAh

MAh 03934

Istilah mAh umum ditemukan ketika membicarakan baterai pada handphone, karena mAh memang satuan kapasitas baterai Lithium Ion yang digunakan suatu ponsel.

mAh adalah singkatan dari milliampere-hour yang pengukurannya didasarkan pada durasi sebuah baterai mampu menyalakan perangkat yang menyedot daya dalam jumlah tertentu secara terus-menerus.

Hanya saja perhitungan dalam mAh juga tak selalu tepat, karena pada kenyataannya daya yang disedot oleh ponsel selalu berubah-ubah, tergantung pemakaian.

Kalau kamu menggunakan game berat dengan grafis 3D atau memilih HP dengan refresh rate yang semakin besar, tentu baterai akan lebih cepat habis.

Semakin besar mAh maka semakin lama pula sebuah ponsel dapat menyala, tetapi nantinya waktu yang akan dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai penuh akan lebih lama, geng.

Akhir Kata

Nah, sekarang sudah tahu bukan, arti dari berbagai istilah dalam spesifikasi HP yang banyak singkatannya itu? Hihi.

Supaya nggak lupa, mending kamu tambahkan artikel ini di bookmark atau share ke teman-temanmu juga biar makin banyak yang tahu, geng!

Selamat memilih smartphone baru~

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

7 Film Perjalanan Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Penuh Pelajaran Hidup!

Kecil-kecil Cabe Rawit, Inilah 7 Negara Terkaya di Dunia | Ada Negara Tetangga!!

Nama Besar Tak Menjamin, 7 Artis Ini Bisnisnya Bangkrut | Sampai Rugi Miliaran!

Salju Abadi di Papua Diperkirakan akan Segera Menghilang, 2021 Cair Seluruhnya?

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 26t084338 666 5a803
5 Jenis Handphone Pertama di Dunia | Layar Sentuh Sudah Ada Tahun 90-an!
Merek Hp Terkenal Yang Buatan Indonesia Banner C8058
5 Merek HP Buatan Indonesia yang Gagal Bersaing, Gak Diminati?
Daftar Harga Hp Samsung Dan Spesifikasinya 730c8
Daftar Harga HP Samsung Terbaru Agustus 2021, Banyak Diskon!
Hp Nfc Murah Banner D6e25
7 Rekomendasi HP NFC Paling Murah, Lengkap Harga dan Spesifikasi!
Smartphone Terburuk Abad Ini Banner E05a8
5 Smartphone Terburuk Abad Ini, Desain Aneh hingga Ada yang Mudah Meledak!
Produk Xiaomi Plagiat Apple Banner 04ce2
7 Produk Xiaomi yang Diduga Kuat Plagiat dari Apple, Miskin Ide?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal