J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bukan Cuma Spotify, Ini Beberapa Aplikasi yang Kena Tuntut

Sabtu, 6 Jan 2018, 07:00 WIB
Inilah beberapa aplikasi yang kena tuntut dan menyicipi meja hijau. Sebagian ada yang kalah dan akhirnya harus menerima denda sampai jutaan sampai miliaran dolar, ada juga yang berhasil lolos.

Baru-baru ini, Spotify sebagai aplikasi streaming musik online dituntut oleh Wixen Music Publishing karena dianggap tidak membayar lisensi musisi dengan benar. Ngga tanggung-tanggung, Spotify dituntut sampai $1,6 miliar atau setara dengan Rp 21,6 triliun karena hal ini.

Ternyata, bukan hanya Spotify saja aplikasi yang kena tuntut, beberapa aplikasi juga pernah terkena hal yang serupa. Permasalahannya juga beragam, mulai dari dianggap melanggar hak cipta, sampai dituduh sebagai pendukung teroris pun ada.

BACA JUGA
  • Baca Berita Hoax di Internet, Elly Risman Dituntut K-Popers!
  • Dikecam Keras, Pemerintah Tuntut Video 'LELAKI KARDUS' Dihapus dari YouTube
  • Sampai Kepribadian? Ini 5 Hal Tentang Kamu yang Bisa Diketahui Spotify

Ini Beberapa Aplikasi yang Kena Tuntut

Kali ini, JalanTikus akan membagikan kepada para pembaca aplikasi yang pernah kena tuntut. Langsung disimak aja ya guys!

1. Line

Salah satu aplikasi chatting yang digandrungi oleh anak muda Indonesia ini pernah dituntut karena dianggap melanggar hak cipta tentang conference call atau panggilan 'keroyokan'. Perusahaan yang menuntut adalah Uniloc, perusahaan yang sudah terkenal sepak terjangnya sebagai perusahaan atau lembaga yang bergerak di bidang hak cipta.

Aplikasi Yang Kena Tuntut

Perusahaan Uniloc terkenal dengan aksi patent troll-nya, yaitu tindakan menuntut sebuah inovasi perusahaan lain padahal perusahaan itu juga belum tentu sudah mematenkan inovasi tersebut. Parahnya, perusahaan Microsoft pernah menjadi korban Uniloc dengna denda mencapai Rp 4,4 triliun.

2. FaceTime

Apple harus menerima gugatan karena aplikasi FaceTime dianggap menjadi dalang dari kematian seorang anak berusaia lima tahun. Anak yang bernama Moriah Modisette harus merelakan nyawanya setelah tertabrak truk pada malam Natal tahun 2914 karena pengendara keasyikan menggunakan FaceTime.

Aplikasi Yang Kena Tuntut 2

Karena terlalu asyik FaceTime-an, pengendara truk lalu menabrak kendaran milik keluarga Modisette yang membuat Moriah tewas seketika. Apple dituntut karena tidak melengkapi FaceTime dengan fitur larangan menggunakan FaceTime ketika mengembudi dan dianggap lalai dalam masalah kemanan fiturnya.

3. Uber

Selain skandal tentang pelecehan seksual yang dialami oleh salah seorang karyawati Uber, ternyata aplikasi ride sharing ini juga pernah berurusan dengan hukum lho. Ini semua karena Uber dianggap mendiskriminasi suatu gender dan minoritas pekerja tertentu.

Aplikasi Yang Kena Tuntut 3

Tidak tanggung-tanggung, ada tiga karyawan sekaligus yang menuntut Uber, yaitu Ingrid Avendano, Roxana del toro Lopez, dan Ana Medina. Karena diskriminasi gender dan minoritas di perusahaan tersebut, ketiga karyawati ini mengaku kehilangan penghasilan, promosi jabatan, dan bonus.

4. Twitter

Selain Uber, Twitter juga menjadi salah satu aplikasi yang sempat menyicipi meja hijau karena masalah diskriminasi gender. Yang menggugat adalah Tina Huang, mantan Software Engineer di perusahaan teknologi itu karena merasa perusahaan menolak mempormosikannya untuk maju sebagai pemimpin.

Aplikasi Yang Kena Tuntut 4

Tina Huang merasa jika Twitter mempunyai sudut pandang subjektif dan proses promosi yang menemboki wanita untuk menjadi seorang pemimpin. Walaupun para pejabat Twitter telah membantah itu semua dan mencegah Huang untuk hengkang dari Twitter, Huang tetap pada pendiriannya.

5. Facebook

Pada bulan Juni 2016 kemaren, terjadi penembakan yang menewaskan tiga orang di salah satu klab malam kaum gay di Orlando, AS. Facebook lalu dituntut atas tuduhan bahwa perusahaan aplikasi jejaring sosial ini menyediakan 'dukungan materi' ke penembak radikal bersama Twitter dan Alphabet Incs Google.

Aplikasi Yang Kena Tuntut 5

Keluarga korban menganggap Facebook CS membuat para teroris memiliki akun yang mereka gunakan untuk menyebarkan propaganda garis keras, mengumpulkan dana, serta menarik para anggota baru. Namun beberapa hari kemudian Facebook membantah dan mengungkapkan bahwa tidak ada tempat bagi kelompok yang terlibat ataupun mendukung terorisme.

6. Mobile Legends

Game MOBA paling populer di smartphone, Mobile Legends pernah dituntut oleh Riot Games, developer game League of Legends karena dianggap menjiplak game-nya. Pihak Riot Games menuntut atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh Shanghai Moonton karena membuat sebuah game yang menjiplak League of Legends.

Aplikasi Yang Kena Tuntut 6

Parahnya, pihak Riot Games juga menjabarkan apa-apa saja yang dijiplak oleh Moonton, mulai dari segi arena, desain karakter, logo, sampai fiturnya. Pihak Moonton sendiri tidak tinggal diam dan membuat surat pernyataan yang berisi jika Mobile Legends adalah game MOBA yang dikembangkan sendiri dan memliki hak cipta yang terdaftar.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa aplikasi yang kena tuntut dan menyicipi meja hijau. Sebagian ada yang kalah dan akhirnya harus menerima denda sampai jutaan sampai miliaran dolar, ada juga yang berhasil lolos.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Smartphone Menggunakan Snapdragon 845 8
Ini Rumor Daftar Smartphone yang Menggunakan Snapdragon 845
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 10
10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Fasih!
A92a182f3911445840b905b7fd0b065a
10 Fitur Terbaru Instagram yang Wajib Kamu Pakai Kalau Mau Jadi Selebgram!
F27361e2c555475956480ebbe12debe7
RESMI! Inilah 5 Gadget Terbaik 2017 Versi JalanTikus
APPS TERKAIT
Spotify Music Apk Icon
Spotify Latest Version
Apps Spotify
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Twitter Icon
Twitter for Android
Apps Twitter
Uber Icon
Uber 3.134.5
Apps
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Aplikasi Android Paling Laris di Indonesia, Isinya Alay?
5 Aplikasi Android Paling Laris di Indonesia, Isinya Alay?
Cepat Uninstal! 5 Aplikasi ini Bisa Membuat HP Kamu Meledak
Cepat Uninstal! 5 Aplikasi ini Bisa Membuat HP Kamu Meledak
7 Aplikasi Terkeren Maret 2018 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
7 Aplikasi Terkeren Maret 2018 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
Cara Mengunci Aplikasi Android Aman dan Anti Bajak
Cara Mengunci Aplikasi Android Aman dan Anti Bajak

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal