• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Mengecek Kualitas Smartphone Android

              Cara Mengecek Kualitas Smartphone Android

              00
              Kamis, 17 Sep 2015, 14:30 WIB
              Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone baru adalah kinerjanya. Kamu bisa mengukur kemampuannya dengan menggunakan aplikasi benchmark berikut ini.

              Enam bulan sekali, atau setidaknya setahun sekali, kita pasti membeli smartphone atau tablet baru. Kebiasaan ini kerap dilakukan meski smartphone yang kita gunakan belum terlalu ketinggalan jaman. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone baru adalah kinerjanya. Kamu bisa mengukur kemampuannya dengan mengecek kualitas Smartphone Android menggunakan aplikasi benchmark berikut ini:

              1. AnTuTu Benchmark

              AnTuTu adalah aplikasi benchmark atau penguji kinerja gadget yang paling populer dan banyak digunakan. AnTuTu memiliki kemampuan untuk menguji kinerja komputasi hardware di dalam smartphone atau tablet, terutama berbasis Android. AnTuTu memiliki beberapa pengujian di dalamnya. Selain menguji prosesor, aplikasi ini juga dapat menguji kinerja RAM, storage, serta GPU (grafis).

              2. GeekBench

              Sama halnya seperti AnTuTu, GeekBench merupakan aplikasi benchmark untuk menguji kinerja komputasi prosesor dari sebuah perangkat Android. Di dalamnya, GeekBench memiliki dua metode pengujian, yakni untuk menguji perangkat dengan prosesor single-core dan multi-core.

              BACA JUGA
              • Cara Mudah Cek Jeroan di dalam Android Tanpa Perlu Membongkar HP Kamu
              • Inilah 3 Hal yang Hanya Diketahui oleh Para Expert Android

              3. 3DMark Ice Storm

              Pengujian prosesor tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan pengujan GPU atau grafis. Untuk itu, kamu bisa gunakan 3DMark Ice Storm untuk mengetahui seberapa kencang perangkat yang akan kamu beli untuk menjalankan game berat. 3DMark Ice Storm memiliki dua jenis pengujian, yakni 3DMark Ice Storm Extreme untuk menguji perangkat entry-level dan kelas menengah, serta 3DMark Ice Storm Unlimited untuk menguji perangkat kelas atas.

              4. Dead Pixel Test

              Jangan hanya menguji kinerja prosesor dan hardware lainnya. Ketika membeli smartphone atau tablet baru, kamu juga perlu memerhatikan layar LCD apakah masih berfungsi normal atau sudah mengalami tanda-tanda kerusakan. Untuk itu, kamu bisa gunakan aplikasi Dead Pixel Test ini untuk melihat apakah layar smartphone atau tablet memiliki bintik kecil atau kebocoran pada layarnya.

              5. CPU Temperature

              Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna Android adalah suhu panas yang dihasilkan oleh perangkat. Untuk itu, kamu bisa menguji apakah smartphone atau tablet yang hendak kamu beli cepat mengeluarkan hawa panas atau tidak. Aplikasi ini akan menunjukkan berapa derajat suhu prosesor secara real-time.

              Artikel menarik lainnya:

              APPS TERKAIT
              AIDA64 1.45
              Apps Devi
              Dead Pixel Test 2.0
              Apps Ossibus Software
              Geekbench 3 3.4.1
              Apps Primate Labs Inc.
              AnTuTu Benchmark
              Apps AnTuTu
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!