J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?

              Megapixel pada Kamera, Penting atau Tidak?

              00
              Sabtu, 1 Okt 2016, 11:00 WIB
              Kebanyakan dari pengguna smartphone Android itu sendiri selalu mempermasalahkan soal megapixel. Benar tidak? Kamu pasti sering dengar kan "berapa megapixel kamera pada smartphone itu?"

              Saat ini, hampir setiap smartphone Android sudah memiliki kamera, baik di bagian belakang, maupun di depan. Kebanyakan dari pengguna smartphone Android itu sendiri selalu mempermasalahkan soal megapixel. Benar tidak? Kamu pasti sering dengar kan, "Berapa megapixel kamera smartphone itu?"

              Di sisi lain, apakah kamu tahu, apa itu megapixel? Pada dasarnya, megapixel adalah gabungan kata dari mega dan pixel. Mega berarti satuan juta dan pixel berarti titik elemen gambar. Lalu, apakah semakin besar megapixel menentukan bagusnya kualitas kamera pada smartphone? Tenang, melalui artikel ini Jaka berikan apa arti dari megapixel.

              BACA JUGA
              • Megapiksel Bukan Segalanya, 5 Faktor Ini Lebih Menentukan Kualitas Foto
              • 6 Fungsi Kamera Smartphone yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan

              Apa itu Megapixel? Cari Jawabannya di Sini!

              Apa Itu Megapixel 1

              Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, megapixel merupakan gabungan dari dua kata, yaitu mega dan pixel. Jadi, megapixel adalah suatu gambar digital yang terbentuk oleh ribuan titik pixel. Semakin tinggi jumlah titik tersebut, maka otomatis resolusi gambar yang tercipta juga semakin tinggi.

              Megapixel biasanya dijadikan patokan untuk menunjukkan kerapatan pada sebuah gambar. Seperti yang sudah disinggung di atas, sekarang setiap kali membeli sebuah kamera digital atau bahkan smartphone, pasti banyak orang menentukannya dengan seberapa besar megapixel. Kamu setuju? Berikut Jaka berikan penjelasan selengkapnya di bawah ini guys.

              Apa Itu Megapixel 2

              Apa itu megapixel? Hampir sebagian besar dari pengguna smartphone atau bahkan yang baru ingin membeli smartphone, pastinya megapixel akan menjadi sebuah patokan bagi mereka. Nah, biasanya orang-orang seperti ini merupakan pengguna smartphone yang awam. Nyatanya, megapixel BUKAN-lah sebuah penentu dari bagusnya kamera pada smartphone.

              Benar, megapixel bukanlah penentu bagusnya suatu kamera, baik di smartphone maupun kamera digital sekalipun. Megapixel hanya menentukan seberapa besar resolusi gambar yang tercipta pada sebuah kamera. Lalu, penentu kamera smartphone yang bagus itu apa?

              Apa Itu Megapixel 3

              Banyak faktor untuk menentukan kamera di smartphone itu bagus atau tidak. Nah, faktor-faktor tersebut antara lain tipe lensa dan sensor, bukaan atau bisa disebut diafragma, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, Jaka berikan satu per satu semua hal itu.

              Lensa dan Sensor Dalam Smartphone

              Apa Itu Megapixel 4

              Berbicara kamera, maka yang paling berkaitan dengan itu adalah lensa. Kalau berbicara lensa, berarti erat hubungannya dengan diameter. Nah, pada diameter inilah yang akan menentukan batas resolusi dan seberapa banyak cahaya yang dapat terkumpul ke dalam sensor. Semakin besar diameter lensa, maka semakin luas juga cahaya yang akan masuk ke dalam sensor.

              Diameter lensa kamera digital berkisar sekitar 10mm sampai 50mm. Tetapi, diameter kamera smartphone memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, hanya berkisar 2mm. Namun, meski lensa yang digunakan itu sangat kecil, nyaris tidak terlihat dengan mata telanjang. Smartphone juga memiliki sensor kamera yang memberikan jumlah pixel yang tinggi, seperti Sony IMX220 dengan ukuran 20MP, sehingga bisa memberikan gambar yang sangat detail. Jadi, sensor kamera pada sebuah smartphone-lah yang menentukan seberapa detail foto yang akan dihasilkan.

              Diafragma atau Bukaan pada Lensa!

              Apa Itu Megapixel 5

              Selain sensor dan tipe lensa, maka yang harus kamu pahami selanjutnya adalah diafragma atau bukaan pada lensa. Dengan diafragma, kamu mampu mengatur seberapa besar cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera smartphone. Memang seperti apa diafragma di smartphone yang bagus tuh? Pertanyaan bagus. Diafragma itu dihitung berdasarkan bilangan. Semakin kecil bilangannya, maka cahaya yang masuk akan semakin besar, begitu pun sebaliknya. Mengerti tidak?

              Begini, jika kamera smartphone itu memiliki diafragma sebesar f/2.0, maka dijamin ketika dalam kondisi yang rendah cahaya, kamu masih bisa mendapatkan hasil yang baik. Tetapi, jika bukaannya maksimal sebesar f/5.6, maka jangan harap kamu dapat hasil foto yang menawan.

              Apa Itu Megapixel 6

              Selain menentukan seberapa besar cahaya yang masuk, kamu juga mampu membuat foto yang memiliki background maupun foreground yang blur. Biasanya, banyak orang yang menyebutnya sebagai foto bokeh. Sehingga, foto yang kamu hasilkan bisa terlihat lebih artistik dan mengagumkan, sama seperti kamera profesional pada umumnya.

              Lalu, smartphone apa yang kameranya luar biasa bagus? Sebenarnya relatif, namun sebagai salah satu contoh, kamera smartphone yang baik adalah Samsung Galaxy S7 yang sudah menanamkan diafragma f/1.7. Tentu saja meski dalam keadaan rendah cahaya, kamu masih bisa membuat foto yang keren dan artistik.

              Selain Resolusi, Apa Keuntungan Memiliki Megapixel Besar?

              Apa Itu Megapixel 7

              Jika kamu masih bertanya kenapa harus ada ukuran megapixel besar jika megapixel bukanlah penentu dari bagusnya kamera? Memang benar jika megapixel kamera smartphone itu tidak menjadi sebuah patokan seberapa bagus kamera pada smartphone, namun apakah kamu tidak ingin mencetak foto-foto tersebut dan memajangnya di album atau dengan pigura?

              Ya, ukuran megapixel akan sangat menentukan seberapa besar ukuran foto yang bisa dicetak. Semakin besar ukuran megapixel, maka kesempatan untuk mencetak dengan ukuran yang besar juga semakin tinggi. Namum, apakah kamu tahu 1 megapixel berapa pixel? Jawaban yang tepat untuk menjawab itu adalah 1 megapixel sama dengan 1 juta mega pixel. Di bawah ini, Jaka berikan ukuran yang tepat untuk mencetak sesuai dengan megapixel pada smartphone kamu.

              Maksimal Ukuran Cetak Minimal Megapixel Resolusi
              4 x 6 2 megapixel 1600 x 1200
              5 x 7 3 megapixel 2048 x 1536
              8 x 1 0 5 megapixel 2560 x 1920
              11 x 14 6 megapixel 2816 x 2112
              16 x 20 8 megapixel 3264 x 2468
              16 x 24 12 megapixel 4200 2800

              Itulah penjelasan kenapa megapixel kamera smartphone itu bukan segalanya dan bukan sebuah patokan untuk menentukan apakah kamera pada smartphone bagus atau tidak. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu tidak lagi salah kaprah saat menentukan kamera pada smartphone ya. Jadi, kalau ada yang bertanya, apa itu megapixel, kamu sudah bisa menjawabnya bukan?

              APPS TERKAIT
              Bbm Icon
              BlackBerry Messenger
              Apps BlackBerry
              Camera360 Icon Small Icon
              Camera360 Ultimate
              Apps PINGUO Inc
              Tube Mate 7dbdc
              TubeMate YouTube Downloader 3.2.5
              Apps Tubemate
              20130131112039_546
              LINE Komputer 4.8.3.1128
              Apps Naver
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal