Benarkah Skor AnTuTu Jadi Penentu Performa Smartphone?

Default

Banyaknya smartphone premium dan menawan selalu menarik untuk disimak. Bukan hanya bersaing di segi desain atau fitur yang inovatif, dewasa ini persaingan untuk menghadirkan performa yang gahar pun selalu dilakukan para vendor.

Chipset terbaru yang ditenagai dengan RAM besar menjadi ladang empuk bagi vendor untuk menarik minat konsumen. Tak ayal, skor AnTuTu selalu menjadi iming-iming yang ditawarkan.

Tapi apakah skor AnTuTu adalah angka pasti untuk mengukur performa smartphone? Mari kita cek faktanya berikut ini.

Skor AnTutu dan Performa Smartphone

Aplikasi penghitung benchmark yang cukup banyak digunakan oleh pengguna Android adalah AnTuTu. Jika smartphone kamu mendapatkan skor AnTuTu yang lebih tinggi dari smartphone lain, apakah jaminan bahwa smartphone kamu lebih baik?

Cara Kerja AnTutu Benchmark

Digunakan untuk menilai performa suatu smartphone, AnTutu memiliki cara kerja yang unik. Aplikasi ini menilai suatu smartphone dengan membandingkan performa UX, RAM, CPU, serta GPU. Bukan hanya memberikan nilai dari hardware, tapi juga dari software yang dibekalkan.

Bisa jadi 2 smartphone dibekali dengan chipset dan RAM yang sama, tapi skor AnTuTunya tidak sama karena bedanya UI serta clockspeed dari CPU yang digunakan.

Galaxy S7 Waterproof 3 635x345

Sudah pernah cek berapa skor AnTuTu smartphone kamu belum? Jika belum pernah menghitung skor benchmark smartphone Android kamu, coba kamu download apk AnTuTu Benchmark dan Geekbench untuk menghitung skor benchmark smartphone kamu ya.

Kamu bisa download aplikasinya di bawah sini:

10 Smartphone dengan Skor AnTuTu Tertinggi

Jika kamu adalah orang yang menjadikan skor AnTuTu sebagai patokan dalam membeli smartphone baru, tahukah kamu chipset apa saja yang nongkrong di dalam daftar 10 CPU dengan AnTuTu terbaik?

Karena chipset (CPU) suatu smartphone sangat berpengaruh besar dalam skor AnTuTu. Ini dia daftar 10 smartphone dengan skor AnTuTu tertinggi yang dirilis langsung dari situs resminya:

Bisa dilihat, pada benchmark AnTuTu yang terbaru terlihat smartphone Huawei yang memakai Kirin 980 SoC menempati peringkat tertinggi.

Skor teratas di isi oleh Huawei Mate 20 yang mendapatkan skor AnTuTu sekitar 303.903, diikuti oleh Huawei Mate 20x dengan rata-rata skor 299.608, sedangkan Honor Magic 2 menempati peringkat ketiga dengan rata-rata skor 297.294.

Setelah di analisa ternyata 3 smartphone Huawei teratas belum menggunakan mode kinerja. Jadi skor AnTuTu mereka terlihat lebih rendah dibanding skor AnTuTu sebenarnya.

Dari peringkat lima sampai dengan 10, semua smartphonenya menggunakan processor Snapdragon 845 SoC, dan berjalan di sistem Android 9.0.

Jika bisa disimpulkan dengan data di atas, maka Chipset Kirin 980 mengguli pesaingnya Snapdragon 845. Terbukti dari skor AnTuTu yang dihasilkan memang chipset yang di produksi Kirin menjadi pemenangnya. Tapi bukan berarti chipset Snapdragon 845 itu jelek ya. Semua ada kekurangan dan kelebihannya ko.

Kesimpulan

Meski AnTuTu erat kaitannya dengan CPU, GPU, dan RAM yang dibekalkan pada smartphone, tapi ada baiknya jangan terlalu mengandalkan hasil skor AnTuTu saat akan membeli smartphone baru. Karena bisa jadi vendor telah mencurangi hasil AnTuTu yang dihasilkannya nanti.

Nah, apakah chipset smartphone yang kamu gunakan ada dalam daftar 10 CPU dengan skor AnTuTu terbaik? Chipset apa yang menjadi favorit kamu? Share di kolom komen ya guys.

Tags Terkait: Software
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal