J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Android 10 vs iOS 13, Mana Lebih Unggul? Ini Perbandingannya!

Android 10 vs iOS 13, Mana Lebih Unggul? Ini Perbandingannya!

Senin, 23 Sep 2019, 16:00 WIB
Sama-sama baru diluncurkan, sebenarnya OS mana, sih, yang lebih unggul? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Pertarungan sengit antara Android dan iOS seolah tak ada hentinya. Setelah sebelumnya Google merilis sistem operasi Android 10, pada tanggal 19 September kemarin Apple turut meluncurkan versi OS terbarunya yaitu iOS 13.

Peluncuran kedua versi sistem operasi HP tersebut pun tentu hadir dengan membawa kelemahan dan keunggulan masing-masing.

Terlebih keduanya memang memiliki sejumlah perbedaan yang sangat kontras seperti misalnya model source yang diusung keduanya.

Tapi, sebenarnya sistem operasi mana, sih, yang lebih unggul?

Android 10 vs iOS 13

Perdebatan mengenai sistem operasi mana yang lebih unggul antara Android dan iOS terus jadi perbincangan baru-baru ini.

Nah, buat kamu yang penasaran, di artikel kali ini Jaka akan bahas perbandingan antara Andorid dan iOS serta mencari mana yang lebih unggul, geng.

Tapi, berhubung banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh kedua OS ini, maka Jaka hanya akan membandingkan beberapa di antaranya saja yang dianggap paling penting, menarik, dan bermanfaat.

1. Privasi Pengguna

Keamanan Custom E5ce0

Seperti yang kita tahu, selama bertahun-tahun Apple telah berusaha menjadikan keamanan data pengguna sebagai salah satu nilai jual utama produk-produk besutannya.

Hal ini juga lah yang hingga saat ini terus jadi pertimbangan Apple saat meluncurkan iOS 13, geng.

Apple sendiri mengatakan bahwa lewat OS terbarunya itu mereka akan memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna mengenai izin lokasi dan izin pembagian informasi.

Nggak hanya itu saja, Apple juga mengumumkan metode sign-in terbaru yang memungkinkan pengguna untuk sign-in anonymously ke sebuah website atau aplikasi tanpa khawatir akan terlacak.

Di sisi lain, Google juga turut memperhatikan kemanan privasi penggunanya dengan memberikan sejumlah update keamanan terhadap browser Chrome mereka.

Hanya saja, karena sumber utama pendapatan Google adalah bisnis iklannya yang bekerja berdasarkan apa yang ditelusuri pengguna, sehingga dalam hal keamanan privasi pengguna Android nggak lebih baik dari iOS, geng.

2. Fitur Dark Mode

Dark Mode Custom 83805

Saat ini dark mode menjadi salah satu fitur yang sedang gencar-gencarnya diadopsi oleh para pengembang sistem operasi HP.

Bukan cuma karena lebih baik untuk kesehatan mata pengguna, fitur ini juga menawarkan manfaat penting yang mampu menghemat daya baterai HP, geng.

Google sendiri telah membekalkan fitur ini pada OS terdahulunya, Android Pie, namun sayangnya hanya bisa digunakan di sedikit aplikasi saja seperti misalnya YouTube.

Kemudian di Android 10 ini, fitur dark mode kabarnya hadir lebih merata di beberapa aplikasi mobile besutan Google namun tetap saja nggak semua aplikasi memiliki fitur ini.

Sementara, iOS 13 terlihat lebih unggul karena menawarkan cakupan yang lebih luas untuk penggunaan fitur dark mode ini mulai dari wallpaper, widget, notifikasi, kalender, hingga aplikasi pesan, geng.

3. Ambil, Edit, dan Berbagi Foto

Google Photos B7ab0

Bukan cuma sekadar aplikasi biasa, Google Photos menawarkan hampir semua yang dibutuhkan oleh pengguna dalam layanan foto.

Mulai dari fitur backup, berbagi foto, dan bahkan fasilitas editing foto yang sangat mudah untuk digunakan.

Selain fitur-fiturnya yang cukup lengkap, Google Photos juga menawarkan kapasitas penyimpanan awan sebesar 15GB secara cuma-cuma kepada penggunanya alias gratis, geng.

Sementara itu, Apple Photos pada iOS 13 juga hadir dengan membawa alat-alat editing foto yang cukup bervariasi, termasuk fitur untuk mengatur pencahayaan foto.

Sayangnya, segala kelebihan tersebut nggak diimbangi dengan pemberian kapasitas penyimpanan awan yang cukup besar, geng.

Apple Photos sendiri hanya memberikan penggunanya kapasitas penyimpanan awan sebesar 5GB saja untuk pengguna dengan akun gratis.

4. Voice Assistant

Voice Assistant Custom 74f94

Voice assistant atau asisten suara adalah salah satu fitur canggih yang keberadaannya sudah sangat sering ditemukan pada perangkat-perangkat gadget zaman sekarang, termasuk HP.

Apple sendiri menjadi vendor smartphone yang paling pertama membekalkan fitur ini pada produk-produk besutannya di tahun 2011 lalu yang diberi nama Siri.

Sayangnya, Siri kabarnya nggak memiliki performa yang lebih baik dari Google Assistant dalam mengenali dan memahami perintah suara penggunanya.

Fungsi dasar inilah yang kemudian menjadi inti masalah dari fitur voice assistant pada iOS 13 sehingga membuatnya nggak lebih unggul dari Google Assistant milik Google, geng.

5. Swipe Keyboard

Swipe Keyboard Custom 21350

Salah satu fitur unggulan iOS 13 yang cukup menarik perhatian pengguna adalah QuickPath yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan gesture tertentu untuk mengetik pesan.

Meskipun bagi para pengguna perangkat iOS fitur ini adalah suatu hal yang baru, tapi sayangnya nggak bagi mereka yang menggunakan perangkat Android, geng.

Fitur swipe keyboard ini sendiri telah hadir di perangkat Android sejak lama bahkan dengan fitur-fitur tambahan yang lebih menarik.

6. Maps

Maps Custom 09d11

Bagi para pengguna aplikasi Google Maps mungkin sudah nggak asing lagi dengan fitur Street View yang memungkinkan kamu untuk melihat peta dalam mode 3D.

Fitur ini sendiri sudah lama tersedia di Google Maps dan bukan lagi menjadi suatu hal luar biasa karena saat ini Google telah memberikan sejumlah pembaruan yang lebih keren lagi pada aplikasi Google Maps.

Di kala sebagian para pengguna Google Maps menantikan pembaruan yang lebih canggih lagi, para pengguna Apple Maps sayangnya baru bisa menikmati fitur ini di iOS 13, geng.

Lewat pembaruan iOS 13 ini, Apple Maps akhirnya menawarkan penggunanya fitur untuk melihat sekeliling dalam mode 3D yang diberi nama Look Around.

7. Aplikasi Pesan dan Video Call

Video Call Dan Pesan Custom C0d8f

Seperti yang kita tahu, dalam urusan pesan dan video call, Apple memfokuskannya pada aplikasi FaceTime dan Apple Messages yang menjadi andalannya di mana komunikasi akan dienkripsi sehingga lebih aman.

Sementara Apple cukup memfokuskannya pada satu aplikasi unggulannya saja, Google justru memiliki banyak sekali aplikasi yang menawarkan fungsi tersebut, geng.

Sebut saja aplikasi Hangouts, Google Duo, Google Voice, dan aplikasi Messaging bawaan pada HP Android.

Meskipun menyediakan banyak sekali pilihan, namun hal ini rupanya justru membuat bingung sebagian orang, geng.

Permasalahannya adalah, aplikasi-aplikasi tersebut nggak semuanya dipilih oleh para pengguna Android untuk berkomunikasi sehingga kamu mungkin akan memiliki beberapa aplikasi dengan fungsi yang sama.

Sementara, aplikasi FaceTime atau Messages yang sudah tersedia secara default pada perangkat iOS akan lebih memudahkan penggunanya untuk terhubung dengan orang lain.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan dan keunggulan yang dimilki oleh sistem operasi terbaru Android 10 dan iOS 13, geng.

Jadi, menurut kamu mana, sih, yang lebih unggul di antara keduanya?

Baca juga artikel seputar Android & iOS atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Perbedaan Android Dan Ios 1552d

5 Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS | Android Lebih Unggul?

Kode Otp D9813

Kode OTP Dibuat Semakin Sulit, Apakah Masih Aman? Ini Penjelasannya!

Masalah Pada Android 10 6b4c0

Jangan Buru-Buru Update! Inilah 5 Masalah yang Ada di Android 10

Hal Mengganggu Diandroid Pie Cebd8

7 Masalah dan Kekurangan yang Ada di Android Pie | No. 5 Pasti Kamu Ngalamin!

Fitur Iphone Yang Kini Ada Di Android 5c0c4

7 Fitur iOS yang Kini Sudah Ada di Android | Gak Usah Beli iPhone Xs!

Daftar Hp Yang Mendapat Update Android 10 B5c23

Resmi Dirilis! Inilah Daftar Lengkap HP yang Dapat Update Andorid (Q) 10

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal