J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Kenapa Produsen HP Jarang Membuat HP Tahan Banting, Demi Profit Semata?

5 Alasan Kenapa Produsen HP Jarang Membuat HP Tahan Banting, Demi Profit Semata?

Kamis, 21 Nov 2019, 21:00 WIB
Semakin ke sini, smartphone terbaru dengan fitur canggihnya malah semakin gampang rusak. Kira-kira kenapa, yah, produsen HP nggak membuat HP yang lebih tahan banting?

Di zaman serba modern ini, smartphone bukan lagi sebuah kebutuhan tersier. Coba, deh, kamu ingat-ingat barang apa yang pertama kali kamu pegang setelah bangun tidur.

Brand dan jenis smartphone kini sudah beragam banget. Fitur yang ditawarkan sebuah smartphone juga semakin canggih, geng.

Sayangnya, semakin canggihnya fitur sebuah smartphone malah berbanding terbalik dengan ketahanan smartphone tersebut. Makin canggih malah makin mudah rusak.

Alasan Kenapa Produsen HP Mainstream Jarang Memproduksi HP Tahan Banting

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai fenomena smartphone yang makin lama semakin nggak tahan banting. Bandingkan saja dengan HP Nokia jadul seri 3310 yang katanya lebih kuat dari perisai Captain America.

Jaka sudah menganalisis dan mencari tahu penyebab kenapa saat ini jarang banget produsen HP mainstream membuat HP dengan ketahanan tinggi.

Daripada kamu makin penasaran, mendingan langsung saja, yuk, cek artikel Jaka berikut ini!

1. Nggak Laku

1 4350e

Coba, deh, kamu perhatikan orang-orang di sekitarmu. Ada nggak yang menggunakan HP tahan banting dengan body besar dan tebal seperti batu bata?

Pasti jarang banget, geng. Pengguna smartphone mayoritas berada di daerah perkotaan yang nggak membutuhkan perlindungan ekstra seperti anti debu dan body armor.

Biaya produksi dan material yang mahal nggak sebanding dengan permintaan HP jenis ini di pasaran. Daripada rugi, mendingan nggak diproduksi sama sekali, kan?

2. Nggak Bisa Memuat Beragam Fitur

2 911ef

HP yang tahan banting tentunya dibekali dengan beragam perlengkapan yang meningkatkan ketahanan. Material body yang kuat, fitur anti air, anti debu, dan lain-lain menjadi hal-hal yang wajib dimiliki.

Untuk menambahkan fitur tahan banting tersebut, tentunya ada beberapa fitur-fitur canggih pada smartphone yang harus dikorbankan seperti misalnya NFC dan pop up camera.

Konsumen yang tinggal di kota-kota besar tentu lebih memilih HP beragam fitur dibandingkan HP tahan banting. Lagian, HP tahan banting nggak bisa dipamerin seperti iPhone 11, geng.

3. Konsumen Lebih Melirik Desain

3 81dca

Di era modern seperti sekarang, smartphone bukan lagi cuma dianggap alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai item fashion. Banyak orang yang membeli smartphone bukan karena fiturnya, melainkan karena desainnya.

Berbeda dengan HP tahan banting atau yang biasa dikenal dengan istilah Rugged Phone, geng. Rugged phone memiliki kelemahan, yakni desainnya yang standar dan terkesan kaku.

Wajar saja, sih, geng. Rugged phone memang didesain sedemikian rupa supaya tahan dalam kondisi lingkungan apapun. Makanya, HP jenis ini lebih populer di kalangan penggemar olah raga ekstrim.

4. Asuransi

4 D6bf9

Nggak cuma nyawa atau kendaraan pribadi saja ternyata yang bisa diasuransikan. Banyak produsen-produsen HP yang menawarkan jasa asuransi kepada para konsumen. Lihat saja layanan Apple Care yang dimiliki Apple.

Dengan membayar premi setiap bulannya, kamu bisa mengklaim asuransi tergantung ketentuan perusahaan apabila HP kamu mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

Asuransi seperti ini biasanya ditawarkan kepada konsumen yang membeli HP dengan harga fantastis. Ketakutan konsumen dijadikan ladangh bisnis oleh si produsen.

Meskipun jumlah preminya nggak besar, namun perusahaan HP mendapatkan banyak keuntungan dari asuransi tersebut, geng. Apalagi, syarat untuk dapat mengklaim asuransi sangatlah sulit.

5. Supaya Orang Makin Konsumtif

5 E62ef

Alasan terakhir adalah kesimpulan dari 4 alasan di atas. Namanya sebuah perusahaan pasti bakal mencari keuntungan setinggi-tingginya dengan cara apapun.

Semua brand berkompetisi untuk menghadirkan fitur-fitur baru pada smartphone keluaran terbaru mereka. Tentunya, hal ini juga mengundang minat konsumen untuk membeli HP baru, geng.

Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli HP baru adalah kondisi HP lama mereka. Kalau HP lama mereka awet dan tahan banting, minat membeli HP baru bakal berkurang.

Berdasarkan penuturan Gerard Goggin, Profesor Media dan Komunikasi di University of Sydney, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang barang konsumen memang sengaja membuat HP yang mudah usang atau rusak.

Akibatnya, banyak orang yang belum setahun sudah ganti HP baru. Padahal, smartphone harusnya bisa bertahan hingga 2 - 3 tahun pemakaian ke depan.

Kualitas ketahanan HP yang semakin menurun ditambah dengan keinginan orang ganti HP setiap ada produk baru, bikin perusahaan HP makin untung besar.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai alasan kenapa perusahaan HP mainstream jarang banget bikin HP yang tahan banting atau tahan lama. Ternyata, hal ini dilakukan mungkin demi meraup keuntungan semata, geng.

Kalau kamu nggak setuju dengan analisis Jaka atau mau sekedar menambahkan, kamu boleh banget tulis jawaban beserta alasanmu di kolom komentar yang tersedia.

Sampai jumpa di artikel menarik Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
4g 1 Jutaan Banner

10 Smartphone Android 4G Terbaik dengan Harga 1 Jutaan

Smartphone Mini

Ini Alasan Kenapa Smartphone dengan Layar Kecil Jauh Lebih Baik Dibandingkan Layar Besar

868655a491ae94bd4b85eaf04faa0a1f

10 Fitur Tersembunyi yang Ada pada Smartphone Masa Kini

Tips Menjaga Smartphone Agar Tampak Seperti Baru

10 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

Baterai Smartphone Panjang Umur Banner

10 Cara Ini Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR!

Banner

Inilah BAHAYA dari Radiasi Smartphone Kamu dan Cara Mengetahuinya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal