J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Koleksi Gadget Jadul Bisa Bikin Perkembangan Teknologi Mandek? Ini Alsanannya!

Koleksi Gadget Jadul Bisa Bikin Perkembangan Teknologi Mandek? Ini Alsanannya!

Senin, 14 Okt 2019, 20:00 WIB
Dianggap bisa mengancam perkembangan teknologi di masa depan, berikut adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu nggak perlu mengoleksi gadget jadul.

Siapa di antara kamu yang sampai saat ini masih menyimpan HP-HP jadul sebagai benda koleksi di rumah?

Mengoleksi benda-benda tua tak terkecuali smartphone jadul seringkali dilakukan oleh banyak orang di zaman sekarang ini.

Bukan hanya satu, bahkan banyak juga di antaranya yang memiliki sampai dengan lima perangkat HP jadul tak terpakai yang dibiarkan begitu saja.

Meskipun merupakan hal yang lazim dilakukan, tapi kamu tahu nggak, sih, kalau ternyata mengoleksi gadget lama bisa mengancam perkembangan teknologi lho.

Nggak percaya? Langsung saja simak artikel Jaka selengkpanya berikut ini!

Alasan Koleksi Gadget Lama Bisa Ancam Perkembangan Teknologi

Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga riset Ipsos Mori yang bekerja untuk Royal Society of Chemistry (RSC), menemukan sebuah fakta yang cukup menarik.

Siapa sangka kalau hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang ini ternyata membawa dampak buruk yang cukup serius bagi kelangsungan teknologi di masa depan lho.

Nah, berikut adalah beberapa alasan paling logis kenapa mengoleksi gadget lama baik itu HP, laptop, tablet, ataupun smart TV dianggap dapat mengancam perkembangan teknologi.

1. Komponen Penting Pada Gadget Semakin Langka

Komponen Penting Pada Hp Cd6dc

Bukan suatu hal aneh kalau ada banyak sekali komponen ataupun elemen-elemen penting yang terkandung dalam sebuah perangkat gadget.

Menurut riset yang dilakukan, setidaknya ada 30 elemen alami yang sulit digantikan secara atifisial pada perangkat gadget.

Yang menjadi masalah adalah jika tren mengoleksi gadget lama terus berlanjut hingga ke depannya, maka besar kemungkinan kalau hal tersebut bisa memicu langkanya elemen penting pada gadget.

Enam elemen di antaranya yang diprediksi semakin langka dalam 100 tahun ke depan adalah gallium, arsenik, perak, metal indium, yttrium, dan tantalum.

Padahal, elemen-elemen berharga tersebut sangat diperlukan pada pembuatan perangkat gadget dalam hitungan 100 tahun ke depan lho, geng.

2. Produksi Gadget Akan Terhambat

Produksi Gadget Terhambat B8302

Jika elemen-elemen penting tersebut semakin punah keberadaannya, maka bukan nggak mungkin kalau nantinya proses produksi gadget di masa mendatang akan ikut terhambat.

Yang lebih parah, jika produksi gadget terhambat maka sulit bagi para produsen perangkat gadget untuk bisa menghadirkan teknologi terbaru di masa depan.

Tentunya kamu nggak mau dong hal menyeramkan tersebut terjadi? Oleh karena itulah, mengoleksi gadget lama nggak disarankan untuk kamu lakukan.

3. Belum Ada Elemen Pengganti

Belum Ada Elemen Pengganti 109f0

Mengoleksi gadget lama mungkin nggak akan jadi masalah bagi perkembangan teknologi ke depannya jika ada elemen lain yang mampu menggantikan perannya.

Sayangnya, sejumlah ilmuwan yang sudah berusaha mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, namun belum menemukan elemen pengganti yang dibutuhkan dalam proses produksi perangkat gadget 100 tahun ke depan.

Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari meneliti elemen pengganti yang bisa menggantikan elemen langka pada gadget, hingga menemukan metode kimia baru untuk mengekstrak elemen tersebut dan menggunankannya kembali.

Oleh karena itu, daur ulang adalah opsi terbaik saat ini walaupun menurut CEO RSC, Robert Parker, dengan mendaur ulang tetap sangat sulit untuk mengambil elemen-elemen penting tersebut dari perangkat gadget jadul.

4. Banyaknya Jumlah Gadget Lama yang Dikoleksi

Jumlah Gadget 30b50

Ancaman dari kebiasaan mengoleksi gadget jadul mungkin nggak akan separah ini jika jumlah gadget yang dikoleksi nggak terlalu banyak jumlahnya.

Karena kenyataannya, ada banyak sekali pengguna yang mengoleksi lebih dari satu perangkat gadget lama dan bahkan lebih.

Yang lebih parah, menurut survei yang dilakukan oleh RSC di Inggris, kebiasaan mengoleksi gadget jadul ini telah dilakukan oleh lebih dari 2 ribu orang sehingga semakin menambah jumlah gadget lama yang ditumpuk begitu saja.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa alasan paling logis kenapa mengoleksi gadget lama dianggap bisa mengancam perkembangan teknologi di masa depan.

Ternyata dari tindakan sederhana yang kita lakukan bisa mengakibatkan masalah yang cukup besar, ya, geng.

Oleh karena itu, daur ulang perangkat gadget lama jadi salah satu solusi yang bisa mencegah hal ini terjadi di masa depan.

Jadi, apakah kamu masih mau mengoleksi HP-HP jadul?

Baca juga artikel seputar HP Jadul atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Alasan Iphone Lebih Ngebut Dengan Ram Kecil Main Img 2c727

7 Alasan iPhone Lebih Ngebut dengan RAM Kecil, Punya Teknologi Rahasia?

Teknologi Merugikan Manusia Banner D6a52

7 Teknologi yang Dianggap Merugikan Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat Terjadi?

Merek Teknologi Yang Mendunia 6c1a3

7 Brand Teknologi Asal Indonesia yang Mendunia | Banyak yang Sudah Bangkrut?

Fitur Hp Zaman Sekarang Yang Tidak Ada Di Iphone 11 40ee9

6 Fitur HP Zaman Sekarang yang Gak Ada di iPhone 11 | Mending Xiaomi?

Teknologi Indonesia Yang Ditakuti Negara Lain D2fd5

7 Teknologi Milik Indonesia yang Ditakuti Negara Lain, Malaysia Ikutan Beli?

Fobia Teknologi Yang Jarang Diketahui Banner 88a34

7 Fobia Teknologi yang Jarang Diketahui, No. 4 Banyak yang Mengalami?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal