Minim Bloatware dan Aman! Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Smartphone dengan Stock Android

15 September 2017

OS Android dipakai oleh ratusan merek smartphone. Merek besar seperti Samsung, LG dan Xiaomi memproduksi smartphone Android dengan kostumisasi OS. Kostumisasi ini hasilkan desain antarmuka khas, ditambah fitur-fitur unik yang bikin produknya lain daripada yang lain.

Meskipun custom OS punya tampilan keren, nyatanya smartphone dengan stock Android tetap digemari banyak orang. Buat kamu yang belum pernah coba, ini dia alasan kenapa harus beli smartphone dengan stock Android.

Alasan Beli Smartphone Stock Android

1. Keamanan Andal

Gambar: Deccanchronicle

Isu keamanan seperti malware sering menyerang perangkat Android. Untungnya, Google sering memberikan patch keamanan pada stock Android rutin setiap bulan. Berbeda dengan OS Android custom karena patch keamanan perlu disesuaikan oleh setiap pabrikan, hasilnya pembaharuan lebih lama disebarkan pada pengguna.

2. Minim Bloatware

Gambar: Gadgethacks

Produsen smartphone meracik tampilan antarmuka sesuai standar mereka, bahkan menyertakan banyak aplikasi yang otomatis terpasang pada smartphone. Di sisi lain, setiap smartphone Android wajib terpasang aplikasi bawaan Google, seringkali terjadi duplikasi contohnya seperti Chrome dan browser bawaan produsen yang sulit dihapus.

Jika kamu memakai smartphone stock Android, kamu tidak akan menemukan duplikasi aplikasi, hasilnya memori lebih lega dan tidak membebani kinerja RAM.

3. Prioritas Update

Gambar: Express

Isu lain dari penggunaan OS Android kostumisasi adalah update yang lamban. Bahkan, beberapa produsen smartphone tidak menggulirkan update OS sama sekali supaya kamu beli smartphone keluaran lebih baru.

Untungnya, smartphone dengan stock Android mendapatkan prioritas update dari Google. Liat aja smartphone Android One, meskipun murah tapi update software yang diberikan sangat cepat.

4. Sisa Storage Banyak

Gambar: Android Central

Selain jarang dipakai, pemasangan bloatware oleh produsen sulit kamu hapus. Kamu harus melakukan sejumlah cara seperti rooting buat uninstall bloatware dengan konsekuensi garansi hangus.

Banyaknya aplikasi bawaan produsen ini akan memenuhi ruang penyimpanan smartphone, lebih menyebalkan jika smartphone kamu tidak disertai slot microSD. Untungnya, smartphone dengan stock Android bebas dengan masalah bloatware, hasilnya sisa storage kamu jadi lebih lega!

5. Lebih Personal

Gambar: YouTube

Aplikasi bawaan pada stock Android jumlahnya sangat minim. Jadi, sisa memori pada smartphone bisa kamu gunakan buat install banyak aplikasi, termasuk launcher ataupun keyboard. Hasilnya, smartphone yang kamu pakai jadi lebih personal, hanya berisikan hal-hal yang kamu sukai saja.

Stock Android saat ini bisa kamu dapatkan di smartphone Google Pixel, Motorola, Lenovo dan lini Android One; salah satunya Xiaomi Mi A1. Kamu pernah pakai smartphone dengan stock Android? Jangan lupa share di kolom komentar, ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar