J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Penyebab Kuota Internet Kamu Cepat Habis

5 Penyebab Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Kamis, 20 Agt 2015, 14:35 WIB
Bagi sebagian orang, kuota Internet habis seolah menjadi mimpi buruk. Beberapa kegiatan yang menyangkut dengan Internet langsung terhenti, seperti panggilan video, mengirim pesan via WhatsApp atau Line, BBM, atau melihat timeline Facebook,

Bagi sebagian orang, kuota Internet habis seolah menjadi mimpi buruk. Beberapa kegiatan yang menyangkut dengan internet langsung terhenti, seperti panggilan video, mengirim pesan via WhatsApp atau Line, BBM, atau melihat timeline Facebook, Path, dan Twitter.

Selain itu, tanpa koneksi layanan internet, sarana hiburan online seperti streaming video YouTube dan musik online serta bermain game online tidak bisa dilakukan.

Agar kuota internet kamu tidak cepat habis, ada baiknya kamu mengetahui aktivitas online apa saja yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Untuk itu, berikut ini kami sajikan lima hal yang menyebabkan kuota internet cepat habis:

Upload Video ke YouTube

Upload video ke YouTube tentu saja akan memakan banyak kuota internet. Namun, besar dan kecilnya kuota yang terpakai tergantung dari ukuran file video yang di-upload. Selain itu, beberapa pengaturan upload juga bisa mempengaruhi besar kuota internet yang dihabiskan. Untuk upload video kualitas high-definition (HD) bisa saja menghabiskan kuota internet hingga 200 MB/menit.

BACA JUGA
  • PARAH! Ini Dia 8 Ilustrasi Paling Menyindir Bagi Pengguna HP Kayak Kamu
Internet

Jika ingin menghemat kuota internet, upload video sebaiknya menggunakan koneksi jaringan WiFi.

Streaming video

Streaming video di YouTube ataupun di web penyedia layanan video streaming lainnya seperti iTunes dan Vimeo, hal ini merupakan "penyedot" paling besar terhadap kuota internet. Dalam satu menit saja, streaming video bisa menghabiskan kuota hingga 50 MB. Padahal untuk menonton video klip lagu hingga habis biasanya berdurasi 4 - 5 menit.

Internet2

Streaming musik

Mendengarkan musik secara online memang sangat praktis. Asalkan terhubung dengan koneksi internet, kamu bisa mendengarkan banyak jenis musik tanpa harus menghabiskan kapasitas memori ponsel kamu. Namun, mendengarkan musik streaming sudah pasti akan membuat kuota internet cepat habis. Memutar musik dengan resolusi 320 Kbps saja akan menghabiskan kuota internet hingga 2,4 MB per menit. Jadi jika kamu mendengarkan musik selama satu jam, kamu akan menghabiskan kuota internet sekitar 115 MB.

Video Call

Video call menggunakan Skype, WeChat, atau aplikasi lainnya akan menghabiskan kuota internet cukup besar. Namun besaran konsumsi bandwidth tersebut berbeda-beda, tergantung dari aplikasi dan resolusi video yang dipakai. Untuk melakukan video call atau obrolan menggunakan video umumnya menghabiskan kuota sekitar 3 MB per menit.

Internet3

Game Online

Game online juga menjadi salah satu aktivitas yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Misalnya seperti game Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout. Kedua game online ini akan menghabiskan data internet sekitar 1 MB per menit. Jika kamu bermain dalam durasi yang lama, maka data internet yang dihabiskan akan semakin besar.

Internet4

Artikel Menarik Lainnya:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kuota Internet Mobile Data Boros? Mungkin Aktifitas Ini Penyebab Utamanya

Kuota Internet Mobile Data Boros? Mungkin Aktifitas Ini Penyebab Utamanya

4 Penyebab Utama Kuota Internet Kamu Cepat Habis

4 Penyebab Utama Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Cara Hemat Kuota Internet Saat Streaming YouTube di Android

Cara Hemat Kuota Internet Saat Streaming YouTube di Android

Begini Cara Hemat Kuota 100MB Untuk 1 Bulan Penuh

Begini Cara Hemat Kuota 100MB Untuk 1 Bulan Penuh

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal