J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

2 Keping RAM 4 GB Vs 4 Keping RAM 2 GB, Mana yang Lebih Cepat?

2 Keping RAM 4 GB Vs 4 Keping RAM 2 GB, Mana yang Lebih Cepat?

Jumat, 7 Jul 2017, 13:30 WIB
RAM merupakan salah satu komponen periferal komputer yang sangat penting karena berfungsi sebagai pembaca informasi dan media penyimpanan informasi sementara yang akan bekerja secara cepat.

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen periferal komputer yang sangat penting karena berfungsi sebagai pembaca informasi dan media penyimpanan informasi sementara yang akan bekerja secara cepat.

Ketika hendak melakukan build-up komputer sendiri, kebanyakan pengguna umumnya akan memakai standar RAM 8 GB sebagai ukuran paling ideal agar bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas berat seperti gaming dan rendering. Muncul sebuah pertanyaan, apakah 4 keping RAM 2 GB akan menghasilkan peforma yang lebih cepat dari 2 keping RAM 4 GB atau justru sebaliknya. Mau tahu jawabannya? Simak di bawah ini.

BACA JUGA
  • Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa RAM?
  • Ternyata RAM Smartphone Android Beneran Bisa Ditambah!
  • Cara Memilih RAM Terbaik untuk PC dan Laptop Dengan Mudah

2 Keping RAM 4 GB Vs 4 Keping RAM 2 GB, Mana yang Lebih Cepat?

Kebanyakan komputer dekstop menggunakan memori unbuffered, yaitu jenis memori konvensional yang tidak memiliki register di antara sistem kontroler memori dan DRAM sehingga menyebabkan jenis memori ini memiliki muatan listrik yang lebih besar dan tidak begitu stabil.

Dengan melihat fakta tersebut, pemasangan kepingan RAM dengan jumlah lebih dari dua dapat menyebabkan beban kerja (electrical load) yang ditanggung oleh data bus dan address bus dalam satu waktu menjadi lebih besar.

Be3bd7b77cebf5690d41bb4aaf0727a0
Foto: makeuseof.com

Seorang ahli hardware dengan nama akun garychase memberikan sebuah contoh bahwa dengan 2 keping RAM 4 GB, komponen bus akan mendapatkan beban kerja sebesar 2 x 16 = 32 beban kerja atau yang disebut electrical load dalam satu waktu. Nah, coba bayangkan jika 4 keping RAM 2 GB, maka berarti komponen bus akan mendapatkan beban kerja sebesar 4 x 16 = 64 beban kerja dalam satu waktu.**

942340a7918bd4b44d2f8570f7b39e03
Foto: tweakimg.net

Semakin banyak beban kerja yang ditanggung dalam satu waktu, tentunya dapat berdampak buruk karena kebanyakan sistem pada komputer desktop akan melakukan peningkatan voltase (makin cepat panas) dan pengurangan frekuensi clock memory serta peningkatan latency pada memori untuk menyeimbangkan kemampuan sistem dengan banyaknya beban kerja dalam satu waktu tadi (electrical load).

Jika dilihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau menggunakan kepingan RAM yang lebih sedikit dengan kapasitas yang lebih besar akan sedikit lebih baik karena bisa mengurangi beban kerja pada komponen bus memori tersebut namun jika kalian mempermasalahkan masalah kecepatan, penggunaan 2 keping RAM 4 GB sebenarnya tidak terlalu menghasilkan perbedaan yang signifikan pada peforma komputer kalian jika dibandingkan dengan penggunaan 4 keping RAM 2 GB.

Itulah tadi penjelasan seputar manakah yang lebih cepat antara menggunakan 2 keping RAM 4 GB atau 4 keping RAM 2 GB, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bagaimana pendapat kalian soal penjelasan kali ini?

Setuju atau tidak, jangan sungkan meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian, terutama yang akan melakukan build komputer desktop.

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Supervpn
SuperVPN Free VPN Client 2.5.9
Apps
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Hotspot_icon
Hotspot Shield VPN for Android
Apps AnchorFree GmbH
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Mitos Tentang RAM yang Ternyata Salah Kaprah

4 Mitos Tentang RAM yang Ternyata Salah Kaprah

 Mana Yang Lebih Penting, RAM Lebih Cepat Atau RAM Lebih Besar?

Mana Yang Lebih Penting, RAM Lebih Cepat Atau RAM Lebih Besar?

Mana Lebih Baik untuk Gaming, RAM Lebih Besar atau Lebih Cepat?

Mana Lebih Baik untuk Gaming, RAM Lebih Besar atau Lebih Cepat?

Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?

Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal