Uniswap: Ulasan, Cara Kerja, & Cara Menggunakan

Default

Jika kamu berkecimpung di dunia investasi cryptocurrency dan sering melakukan transaksi pada blockchain Ethereum, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bursa pertukaran Uniswap, kan?

Uniswap merupakan bursa pertukaran terdesentralisasi atau decentralized exchange (DEX) yang digandrungi para pegiat investasi kripto, khususnya mereka yang tertarik dalam decentralized finance (DeFi).

Melalui DEX ini, pengguna dapat melakukan pertukaran aset kripto, terutama token ERC-20 dengan sangat mudah. Bahkan, transaksi di DEX ini tidak dikenakan biaya platform atau perantara.

Nah, jika kamu mau tahu lebih banyak tentang Uniswap dan bagaimana cara kerjanya, silakan simak pembahasan lengkap tentang apa itu Uniswap yang sudah Jaka siapkan di artikel ini. Langsung cek, yuk!

Apa Itu Uniswap?

Uniswap Bb869

Uniswap adalah decentralized exchange (DEX) di blockchain Ethereum. Uniswap bisa dikatakan sebagai protokol likuiditas terotomatisasi yang tidak memerlukan buku order atau pihak tersentralisasi untuk melakukan perdagangan.

Uniswap diciptakan oleh Hayden Adams pada 2018 di atas blockchain Ethereum, proyek kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan market capitalization. Adams terinspirasi untuk membuat protokol melalui pos yang dibuat oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Karena berada di jaringan Ethereum, Uniswap memiliki keunggulan tersendiri dibanding DEX lainnya. Misalnya, kompatibel dengan semua token dan infrastruktur ERC-20, termasuk crypto wallet seperti MetaMask dan MyEtherWallet.

Melalui Uniswap, pengguna bisa berdagang tanpa perantara dengan tingkat desentralisasi yang tinggi dan ketahanan penyensoran. Transaksi juga tidak dikenakan biaya platform atau perantara.

Uniswap juga bersifat open source sehingga siapa saja dapat menyalin kode untuk membuat decentralized exchange mereka sendiri. Bahkan, pengguna dapat membuat daftar token melalui exchange ini secara gratis.

Bagaimana Cara Kerja Uniswap?

Uniswap V2 Login 32c6e

Sebagai decentralized exchange, Uniswap pada dasarnya melakukan otomatisasi proses menggunakan teknologi smart contract pada Ethereum. Siapa pun dapat melakukan trading token ERC-20 tanpa menitipkan dana kepada perantara.

Sampai sini, kamu mungkin penasaran bagaimana sebetulnya Uniswap melakukan otomatisasi untuk menjembatani pengguna yang ingin membeli aset dengan pihak yang ingin menjual asetnya tanpa melalui pihak ketiga?

Uniswap menggunakan sistem Automated Market Maker (AMM) untuk menjembatani kebutuhan trader dengan menjadi penyedia aset atau liquidity provider. Siapa pun dapat menjadi liquidity provider dengan mendepositkan token ke dalam liquidity pool.

Sebagai catatan, setiap kali kamu menambahkan token ERC-20 baru ke Uniswap, kamu harus menambahkan sejumlah token ERC-20 yang dipilih dan token ERC-20 lain dalam jumlah yang sama untuk dapat memulai liquidity pool.

Sementara untuk menjaga likuiditas tetap konstan, Uniswap menggunakan formula x*y = k. Di sini, jumlah token A adalah x dan jumlah token B adalah y. k merupakan nilai konstan atau angka yang tidak berubah.

Ukuran liquidity pool juga menentukan berapa banyak harga token yang akan berubah selama trading. Semakin banyak likuiditas, semakin mudah melakukan trading yang lebih besar tanpa menyebabkan harga turun terlalu banyak.

Mengenal Token Uniswap (UNI)

Uniswap V3 3f6f1

Uniswap (UNI) adalah token asli dari protokol Uniswap yang memberikan hak tata kelola kepada pemiliknya. Artinya, pemilik UNI dapat melakukan voting untuk perubahan terhadap protokol.

1 miliar Uniswap token (UNI) sudah dicetak di awal dengan 60% token didistribusikan kepada anggota komunitas Uniswap, sedangkan 40% akan tersedia bagi para anggota tim, investor, dan penasihat selama empat tahun.

Sebagian dari distribusi kepada komunitas terjadi melalui mining likuiditas. Artinya, token UNI akan didistribusikan kepada orang yang menyediakan likuiditas kepada pool Uniswap berikut:

  • ETH/USDT
  • ETH/USDC
  • ETH/DAI
  • ETH/WBTC

Cara menggunakan Uniswap

Uniswap Apk 9e908

Cara swap token di Uniswap ternyata cukup mudah dan tidak jauh beda dengan cara swap di MetaMask. Namun jika kamu masih kebingungan, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Buka situs resmi Uniswap.
  2. Hubungkan crypto wallet seperti MetaMask dan Trust Wallet.
  3. Pilih token yang ingin ditukarkan.
  4. Pilih token yang ingin didapatkan.
  5. Klik tombol Swap.
  6. Lihat transaksi di jendela pop-up.
  7. Konfirmasi permintaan transaksi di dalam wallet.
  8. Tunggu hingga transaksi dikonfirmasi di blockchain Ethereum.
  9. Kamu dapat melacak status transaksi melalui Etherscan.

Akhir Kata

Uniswap bersifat terdesentralisasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses market kripto. Pengguna dapat melakukan swap token langsung melalui crypto wallet tanpa harus mendaftar di Uniswap.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK v1.2.5 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tags Terkait: blockchaincryptoDApps
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal