Yuk, Ikuti 5 Tips Pintar Atur Keuangan Mudik | Kantong Anti Jebol!

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah mudik alias pulang ke kampung halaman, geng.

Nah, jika kamu adalah salah satu pelaku mudik menjelang lebaran, tentu kamu sudah hafal dengan berbagai pengeluaran yang mungkin diperlukan termasuk beberapa pengeluaran yang kadang nggak diduga.

Kalau nggak membuat perencanaan sebelum mudik, bisa-bisa seluruh THR kamu ludes untuk biaya mudik. Nggak jadi merasakan nikmatnya bonus lebaran, deh!

Makanya, kali ini Jaka ingin mengajak kamu untuk mengatur keuangan untuk mudik agar pengeluaranmu terkendali, geng.

Jangan dianggap sepele, tips-tips berikut pasti bakal membantu banget!

1. Rencanakan dana untuk kebutuhan mudik

Dana Mudik 1 A76c5

Alangkah baiknya sedari awal kamu sudah memisahkan anggaran mudik dengan uang pribadimu yang lain supaya lebih tertata, geng.

Kamu bisa menggunakan uang THR atau tabunganmu untuk mudik, tetapi pastikan untuk mengalokasikan secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Dana Mudik 2 1e5a7

Nantinya, dana mudik ini bisa kamu bagi-bagi lagi untuk transportasi, akomodasi, konsumsi, dan juga angpao lebaran.

Dalam memisahkan dana untuk mudik, kamu juga perlu untuk menyiapkan dana darurat kalau-kalau ada peristiwa tak terduga.

2. Putuskan moda transportasi yang ingin digunakan

Transportasi Mudik 1 2922c

Menentukan transportasi yang akan kamu pilih untuk mudik penting banget geng, agar kamu dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan.

Bila kamu memutuskan menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat, Jaka sarankan untuk booking tiket pulang dan pergi lebih awal agar mendapatkan harga lebih murah. Jangan lupa pantengin promo-promo spesial lebaran biar makin hemat!

Transportasi Mudik 2 35ac7

Sementara itu, kamu yang ingin bepergian menggunakan mobil pribadi harus menyiapkan biaya bahan bakar, tarif jalan tol, dan tentu saja memastikan kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Karena kita masih berada dalam situasi pandemi, penting pula bagi kamu untuk melakukan tes antigen, GeNose, atau bahkan PCR supaya kamu nggak membawa virus ke kampung halaman.

3. Manfaatkan barang dan makanan yang ada

Makanan Untuk Mudik B6871

Biasanya, hal lain yang membuat pengeluaran mudik jadi membengkak adalah pembelian makanan dan tentu saja pernak-pernik lebaran, geng.

Maka dari itu, biasakan membawa bekal baik untuk disantap dalam perjalanan mudik maupun ketika hendak pergi rekreasi bersama keluarga.

Utamakan untuk memasak makanan sendiri dibanding pesan atau membeli makanan di luar untuk makan ramai-ramai jika nggak mau keluar biaya ekstra dan demi keamanan berpergian pada saat pandemi.

Pernak Pernik Lebaran Bfc94

Kamu juga nggak harus membeli baju baru atau pernak-pernik baru untuk menghias rumah, cobalah gunakan baju-baju yang sudah lama tak kamu gunakan atau gunakan perabotan lama yang dibersihkan supaya lebih hemat.

Baju baru alhamdulillah, nggak beli juga nggak apa-apa, kan? Hihi.

4. Bawa uang tunai secukupnya saja

Bawa Uang Secukupnya 03c25

Punya segepok uang cash di tangan bisa mengancam keuanganmu lantaran akan banyak godaan yang datang untuk membeli barang yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat.

Untuk mencegah impulsive buying seperti itu, mendingan tetap simpan uangmu di rekening bank saja, deh.

Belanja Impulsif 4c683

Nah, uang tunai yang kamu bawa dalam jumlah sedikit juga bisa membantumu mengendalikan diri dari membeli oleh-oleh yang terlalu banyak.

Ingat ya, ini hanya berguna kalau kamu tidak asal gesek ATM atau buka-buka aplikasi belanja online juga ya! Kalau tidak, nanti uangnya jadi ludes juga, dong!

5. Ingatlah, pisahkan anggaran setelah mudik

Anggaran Setelah Mudik Db098

Jangan sampai keasikan mudik dan kebahagiaan bertemu sanak saudara membuat kamu lupa kalau masih ada hari esok dan segudang kebutuhannya di depan mata.

Biaya untuk mudik itu memang penting dan pasti membuat tabungan menipis, tapi jaga isi tabungan agar setelah pulang dari mudik kamu nggak cuma makan nasi sama garam, geng.

Untuk itu, pikirkan pula dana yang harus kamu keluarkan untuk memenuhi tagihan dan kebutuhan setelah lebaran sejak jauh-jauh hari dan dipisahkan dengan janji nggak akan disentuh sama sekali saat mudik nanti.

Dengan memikirkan anggaran yang akan kamu butuhkan setelah mudik, kamu jadi bisa berpikir dua kali ketika akan menghabiskan tabunganmu dalam beberapa minggu saja.

Akhir Kata

Itu dia geng, tips-tips pamungkas supaya nggak habis mudik, terbitlah bokek. Aduh, jangan sampai, deh!

Ngomong-ngomong mudik, sebenarnya pemerintah sudah mengeluarkan larangan untuk mudik di tahun ini karena angka penyebaran COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi, geng.

Mungkin cuma kamu yang masih tinggal di satu kawasan saja yang bisa berkumpul dengan keluarga besar. Hmmm, tapi itu judulnya mudik apa bukan, ya?

Baca juga artikel seputar Mudik atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Mudik E5e29
Pemerintah Resmi Larang Mudik Lebaran 2021, Mohon Bersabar!
Negara Mudik Selain Indonesia Banner 2a28f
7 Negara Selain Indonesia yang Mempunyai Tradisi Mudik, Lebih Ekstrem!
Page 7b03a
7 Tips Buat Maksimalkan Gadget Selama Mudik, Anti Bosan dan Nyasar!
Aplikasi Mudik Ef2eb
7 Aplikasi untuk Bikin Perjalanan Mudik Jadi Lebih Asyik
Gadget Yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran 851f1
10 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Biar Makin Seru!
Page D6309
7 Film Bertemakan Mudik, Bikin Kangen Keluarga & Kampung Halaman!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal