Pengertian Reksa Dana & Jenis Produknya | Investor Pemula Wajib Tahu!

Default

Sebagian orang menganggap bahwa investasi membutuhkan modal awal yang cukup besar. Padahal, reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup bersahabat, khususnya untuk para calon investor pemula, loh.

Yap! Reksa dana dinilai cukup ramah bagi para pemula karena selain modal awalnya yang tergolong kecil, risiko kerugiannya pun cenderung rendah. Apalagi jika kamu memilih jenis reksa dana pasar uang.

Lantas, sebenarnya apa itu reksa dana? Apa saja jenis-jenisnya yang bisa dipilih oleh para calon investor pemula? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Reksa Dana?

Reksadana Adalah Fc3bc
Sumber foto: Pasardana

Mengacu pada Undang-Undang Pasar Modal No.8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek yang dikelola oleh manajer investasi.

Itu artinya, dana yang ada dalam reksa dana merupakan dana bersama para pemodal, sedangkan manajer investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Mengapa demikian? Karena reksa dana memang dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal dan berkeinginan untuk investasi, tetapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Oleh karena itu, selektif dalam memilih manajer investasi yang tepat adalah kunci utama agar investasi reksa dana kamu berjalan sesuai harapan.

Sama halnya seperti investasi saham, membeli reksa dana berarti kamu membeli suatu aset. Di mana nantinya kamu akan mendapatkan unit penyertaan sebagai tanda bukti pembelian.

Unit penyertaan yang didapat dari nominal pembelian reksa dana dibagi dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB/UP) tersebut pun dapat naik-turun sesuai perkembangan pasar modal.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Kamu mulai tertarik untuk investasi reksa dana online? Eits, tunggu dulu!

Sebelumnya kamu sudah tahu belum apa saja jenis-jenis reksa dana? Karena, dengan mengetahui berbagai jenis produk reksa dana, maka kamu pun bisa menentukan tipe mana yang paling cocok dengan tujuan finansial mu.

Berdasarkan jenis waktunya, reksa dana terbagi menjadi dua yaitu reksa dana tertutup dan reksa dana terbuka.

Reksa dana tertutup (Close-End Fund) adalah jenis reksa dana di mana pemodal atau investor tidak dapat membeli kembali saham ataupun unit yang sebelumnya telah dijual kepada investor. Salah satu contohnya yaitu reksa dana terproteksi.

Sedangkan, reksa dana terbuka (Open-End Fund) adalah jenis yang dapat menawarkan serta membeli kembali saham-saham atau unit dari pemodal sampai dengan jumlah modal yang telah dikeluarkan.

Produk reksa dana terbuka pun cukup beragam, mulai dari reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana pendapatan tetap (RDPT), reksa dana campuran (RDC), dan reksa dana saham (RDS).

1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Funds)

Pengertian Reksa Dana Db587
Sumber foto: QM Financial

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang hanya melakukan investasi pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Bertujuan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal.

Reksa dana jenis ini investasinya 100% ditempatkan pada instrumen pasar uang, antara lain obligasi, deposito bank, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Reksa dana pasar uang dinilai memiliki risiko paling rendah, begitupun pada keuntungannya. Maka tak heran, jika jenis produk reksa dana ini dianggap cocok untuk calon investor pemula.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)

Jenis Produk Reksa Dana 215b0
Sumber foto: Nao Group

Pada jenis reksa dana satu ini, investasi dilakukan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat obligasi atau utang berjangka lebih dari 1 tahun.

Dibandingkan dengan pasar uang, reksa dana pendapatan tetap memiliki risiko relatif lebih besar.

Namun, reksa dana pendapatan tetap dianggap cocok untuk investor pemula dengan profil risiko moderat, dengan tujuan keuangan ditargetkan tercapai dalam jangka waktu 1 - 3 tahun.

3. Reksa Dana Saham (Equity Funds)

Apa Itu Reksa Dana B3c95
Sumber foto: Finansial Bisnis

Di antara jenis lainnya, reksa dana saham adalah jenis yang paling memiliki risiko tinggi begitupun dengan return-nya.

Pada jenis reksa dana ini, investasi dilakukan sekurang-kurangnya 80% dalam bentuk efek bersifat ekuitas. Sehubungan dengan ditempatkannya investasinya pada instrumen saham, maka potensi pertumbuhan relatif tinggi karena bersifat agresif.

Reksa dana saham dianggap cocok bagi investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang di atas 5 tahun dengan profil risiko yang agresif.

Buat kamu yang mencari jenis investasi paling menguntungkan di reksa dana, reksa dana saham adalah jawabannya, geng!

4. Reksa Dana Campuran (Discretionary Funds)

Investasi Reksa Dana 6deec
Sumber foto: Lifepal

Nggak jauh berbeda dari namanya, reksa dana campuran adalah investasi yang dilakukan pada instrumen bersifat ekuitas dan utang, dengan alokasi dana maksimal 79% untuk masing-masing instrumen.

Produk reksa dana campuran dianggap cocok untuk para investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah sampai panjang (3-5 tahun).

Untuk risikonya sendiri, reksa dana campuran memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap ataupun pasar uang. Namun, return yang dihasilkan pun relatif lebih besar.

Jika dibandingkan dengan reksa dan saham, risiko di reksa dana campuran lebih rendah dan bersifat moderat. Jadi, reksa dana ini cocok buat kamu yang ingin dapat imbal hasil yang agak besar, dengan risiko yang tak terlalu tinggi.

Akhir Kata

Itulah tadi pengertian reksa dana, lengkap beserta jenis-jenis produknya yang bisa menjadi pilihan para investor pemula untuk memulai investasi.

Karena semua dana yang terkumpul dikelola oleh manajer investasi berpengalaman, maka investasi reksa dana adalah pilihan tepat buat kamu yang memiliki pengetahuan minim seputar investasi.

Jadi, apakah kamu sudah ada niat untuk mulai berinvestasi?

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Cara Investasi Reksa Dana Online 0a19d
Cara Memulai Investasi Reksadana Online | Cocok Untuk Pemula!
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced A1c97
12 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Pemula, Mudah dan Terpercaya!
Keuntungan Investasi Emas 2e383
Kerugian & Keuntungan Investasi Emas Online/Fisik | Wajib Tahu!
Untitled Design 2021 02 04t125110 183 73426
7 Jenis Investasi Paling Menguntungkan 2021, Demi Masa Depan Aman!
Aplikasi Reksadana Terbaik 8b8eb
7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2021, Cuma Modal Rp10 Ribu Doang!
Deposito Adalah Menyimpan Uang 4036d
Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal