10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!

Default

Selain merilis daftar miliarder termuda di dunia tahun 2021, majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, Forbes juga merilis daftar orang paling kaya di Indonesia 2021.

Dibandingkan dengan daftar orang terkaya Indonesia 2020, tahun ini banyak nama-nama baru yang masuk dalam daftar, geng.

Uniknya, beberapa nama besar konglomerat tergeser dari posisinya hingga tak terdapat di daftar tahun ini, sebut saja Anthoni Salim, CEO Indofood yang tadinya bertengger di peringkat 4.

Jika belum cukup kaget, nama keluarga Widjaja yang merupakan pemilik Grup Sinar Mas juga nggak ada, loh.

Penasaran banget kan, sama daftar orang terkaya Indonesia terbaru ini? Langsung cus!

10. Djoko Susanto (26,24 triliun rupiah)

Djoko Susanto A591f
Sumber foto: Suara

Nama Djoko Susanto, pengusaha pemilik grup Alfamart sebelumnya pernah masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2014 dan menduduki peringkat 27.

Tahun ini, CEO yang pekerjaan pertamanya adalah pedagang kios tersebut masuk peringkat 10 besar pada tahun 2021, geng.

Bisnis ritel yang dimiliknya saat ini telah memiliki 5.500 toko yang bernaung di bawah nama Alfamart, Alfa Express, Alfamidi, dan Lawson.

Meski putus sekolah di kelas 1 sekolah dasar, Djoko tetap menganggap penting pendidikan lewat didirikannya Yayasan Pendidikan Bunda Mulia pada tahun 1986.

9. Martua Sitorus (29,156 triliun rupiah)

Martua Sitorus B0eb8
Sumber foto: Benteng Times

Bisnis kelapa sawit memang selalu menjanjikan, apalagi jika bisnis tersebut sudah berwujud perusahaan besar seperti Wilmar International.

Pendirinya, Martua Sitorus alias Thio Seeng Haap menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia berkat usahanya di berbagai sektor.

Usaha lain yang dilakoninya termasuk mengakuisisi perusahaan tambang Whitehaven Coal Ltd dan bekerjasama dengan Kellogg's untuk menjual makanan di China.

Di masa mudanya, Martua adalah seorang pedagang udang dan merupakan lulusan Universitas HKBP Nomensen, Medan.

8. Jerry Ng (36,44 triliun rupiah)

Jerry Ng 2c4d7
Sumber foto: iNews

Bankir kawakan Jery Ng yang terkenal dengan prestasinya saat memimpin PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk mengantarkannya menjadi orang berkantong tebal berikutnya.

Pria berusia 55 tahun tersebut kini adalah pemilik PT Bank Artos Indonesia Tbk yang juga menggandeng bankir-bankir hebat Indonesia lainnya, seperti Indra Gupta Siregar (mantan direktur IT Bank BTPN) dan Peterjan van Nieuwenhuizen (mantan digital banking head Bank BTPN).

Bukan langkah singkat hingga dirinya menduduki posisi 8 dalam daftar ini, karena sebelumnya ia malang melintang selama lebih dari 30 tahun di dunia perbankan.

Otak cemerlangnya itu diperkaya dengan sejarah pendidikannya yang mentereng lantaran dirinya pernah menempuh pendidikan di University of Washington, Stanford Graduate School of Business, dan Harvard Business School.

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja (46,649 triliun rupiah)

Eddy Kusnadi Sariaatmadja 69ae2
Sumber foto: Detik

Sama seperti Jery Ng, Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah salah satu pengusaha Indonesia dengan pendidikan mumpuni.

Eddy merupakan sarjana Teknik Sipil dari University of New South Wales, Australia.

Pada tahun 1983 Eddy mendirikan EMTEK, sebuah perusahaaan konglomerasi Indonesia terkemuka di sektor media yang berpusat di SCTV Tower, Senayan City.

Perusahaan tersebut pernah menjadi distributor produk Compaq di Indonesia, geng.

Saat ini, Eddy merupakan pemilik dari 24,91% saham EMTEK dan dikenal sebagai penggagas terobosan baru dalam dunia pertelevisian.

6. Tahir dan keluarga (48,1 triliun rupiah)

Dato Sri Tahir 6d0ed
Sumber foto: Akurat

Pendiri Mayapada Group ini adalah seorang investor dan filantropis dengan gurita bisnis di bidang perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit, hingga toko duty-free.

Dato' Sri Tahir lahir dari sepasang orang tua pembuat becak dan pernah bercita-cita sebagai seorang dokter.

Namun, bakat dan keberaniannya dalam berbisnis berhasil membawanya jadi pengusaha sukses sejak tahun 1986.

Bahkan, Bank Mayapada berhasil masuk ke pasar saham Bursa Efek Jakarta di tengah krisis ekonomi 1998 yang melanda negeri, geng.

Sebagai pengingat akan cita-citanya menjadi dokter dahulu, ia membangun rumah sakit Mayapada di Tangerang dan Jakarta Selatan.

5. Chairul Tanjung (62,6 triliun rupiah)

Chairul Tanjung Cc016
Sumber foto: Tempo

Pemimpin CT Corp ini telah merasakan asam garam kehidupan sebelum namanya masuk ke dalam 5 besar daftar orang terkaya di Indonesia, geng.

Chairul Tanjung pernah merasakan usaha orang tuanya ditutup, tinggal di kamar losmen sempit, hingga berjualan aneka barang demi memenuhi kebutuhkan kuliahnya.

Awal mula keberhasilannya adalah melalui PT Pariarti Shindutama, produsen sepatu anak-anak yang didirikannya bersama tiga rekannya pada tahun 1987.

Sekarang, grup yang dimilikinya membawahi franchise Wendy's di Indonesia dan punya franchise Versace, Mango, hingga Jimmy Choo.

Pria yang dijuluki "anak singkong" ini juga memiliki saham di Garuda Indonesia.

Tak ayal, ia menduduki peringkat orang terkaya di dunia, tepatnya di peringkat 688.

4. Sri Prakash Lohia (96,214 triliun rupiah)

Sri Prakash Lohia Cf54c
Sumber foto: Lifepal

Meski lahir dan besar di India, Sri Prakash Lohia menghabiskan sebagian besar pengalaman profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974.

Pria yang tahun lalu menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di Indonesia ini merupakan pendiri dan ketua Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

Tak cuma di Indonesia, Lohia yang kini tinggal di Britania Raya juga aktif bergerak di luar negeri, salah satunya dengan melakukan akuisisi pabrik olefin di Nigeria.

Miliarder yang berada di peringkat 412 orang terkaya di dunia ini adalah adik ipar Lakshmi Mittal, miliarder India yang tinggal di London.

3. Prajogo Pangestu (97,67 triliun rupiah)

Prajogo Pangestu Ca9a3
Sumber foto: Barito Pacific

Menduduki peringkat 3, Prajogo Pangestu tidak bergerak dari posisinya tahun lalu, di mana ia juga merupakan orang ketiga terkaya di nusantara pada tahun 2020.

Pria asal Kebumen ini adalah seorang taipan kayu, tapi siapa sangka dulu dirinya hanyalah seorang sopir angkutan umum?

Sepak terjangnya dalam dunia bisnis diawali dengan pertemuan dan perkenalannya dengan pengusaha kayu asal Malaysia, Burhan Uray pada tahun 60-an.

Dari sana lah, dirinya bergabung di PT Djajanti Group dan menjadi seorang General Manager (GM) di pabrik Plywood Nusantara, Gresik, Jawa Timur.

Bisnis Prajogo kian meningkat, bahkan ia mulai bekerjasama dengan anak-anak Presiden Soeharto untuk mengembangkan Barito Group yang dimilikinya.

2. Michael Bambang Hartono (260,94 triliun rupiah)

Michael Bambang Hartono 6d83b
Sumber foto: Suara

Adalah Michael Bambang Hartono yang mampu menggeser keluarga Widjaja, pemilik grup Sinar Mas dari peringkat 2 dalam daftar ini, geng.

Sebelumnya, Michael berbagi posisi pertama dengan adik laki-lakinya, Robert Budi Hartono.

Pria yang kini berusia 81 tahun tersebut adalah seorang pemilik perusahaan rokok kretek Djarum yang diwarisinya dari sang ayah pada tahun 1963.

Perjuangannya dan sang adik untuk terus membuat nama Djarum berjaya hingga ke kancah internasional berhasil membawa Djarum menjadi penguasa pasar rokok kretek di AS.

Saat ini, Michael menjadi orang terkaya di dunia urutan 102, bahkan selisih kekayaannya dengan Prajogo Pangestu di daftar ini sangatlah jauh.

1. Robert Budi Hartono (271,15 triliun rupiah)

Robert Budi Hartono 8854d
Sumber foto: Tribun

Konsisten bertahta di peringkat satu, Robert Budi Hartono yang merupakan anak kedua dari Oei Wie Gwan, pendiri Djarum yang kemudian mewariskan usaha tersebut kepadanya dan sang kakak.

Kekayaannya tak terbatas karena kiprahnya di Djarum, namun juga karena ia dan Michael adalah pemegang saham terbesar di BCA dan memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Selatan.

Grand Indonesia, Blibli, com, dan Kaskus yang dimilikinya dan sang kakak juga menjadi pundi-pundi rupiah yang tiada habisnya.

Bukan hal yang mengagetkan jika dirinya masuk ke urutan 100 orang paling kaya di dunia, tepatnya di urutan 97.

Bahkan, pandemi pun nampaknya tak dapat menggeser nama Robert sebagai orang paling tajir di Tanah Air sejak tahun lalu, geng.

Akhir Kata

Itu dia daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 yang dimuat Forbes, geng.

Kekayaannya memang bikin kita bisa melongo doang, tapi jika melihat perjuangannya tentu kita sepakat bahwa apa yang mereka dapatkan saat ini sangat sepadan, geng.

Wah, ini mah kayaknya orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah termahal di Indonesia, lalu lanjut kuliah di universitas paling mentereng di nusantara ya, geng!

Baca juga artikel seputar Orang Terkaya atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
10 Orang Terkaya Dunia 2021 7abc7
10 Orang Terkaya Dunia 2021, Siapa Peringkat Pertama?
Artis Terkaya 73051
7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!
Pendiri Google 4ee7a
Mengenal Para Pendiri Google, Orang Terkaya & Jarang Tampil di Publik
Page4 C5b0a
5 Artis Terkaya Indonesia yang Punya Orang Tua Sederhana, Bagai Bumi & Langit!
Untitled Design 2021 03 29t175500 107 564b1
Kecil-kecil Cabe Rawit, Inilah 7 Negara Terkaya di Dunia | Ada Negara Tetangga!
Cats2 Fd257
5 Superhero Terkaya Sepanjang Masa, Bukan Iron Man atau Batman?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal