FTX Resmi Bangkrut, Kesalahan Fatal Sang CEO yang Dulu Dianggap Pahlawan Kripto

Default

Krisis FTX yang terjadi menimbulkan gejolak di industri perdagangan uang kripto dengan memakan banyak korban, khususnya buat para investor. Platform perdagangan cryptocurrency ini menghadapi kehancuran yang sudah ada di depan mata.

Salah satu perusahaan bursa kripto terbesar di dunia ini resmi mengajukan kondisi bangkrut kepada otoritas terkait di Amerika Serikat pada 11 November 2022. Ada beberapa alasan yang membuat hal ini terjadi, salah satunya harga kripto yang terus anjlok seperti Bitcoin.

FTX pun semakin terdesak setelah ada dugaan penyalahgunaan dana nasabah yang dilakukan oleh pendirinya, Sam Bankman-Fried. Sam Bankman-Fried disebut mengirimkan 10 miliar dolar AS dana nasabah FTX ke perusahaan perdagangan miliknya yang lain.

Lantas, bagaimana nasib para investor dan dampaknya secara lebih luas melihat kondisi FTX seperti itu? Simak ulasan tentang krisis FTX yang terjadi berikut ini.

FTX: Platform Exchange yang Sukses dalam Sekejap

FTX Platform Exchange Yang Sukses Dalam Sekejap
Sumber foto: Leon Neal/Getty Images - Krisis FTX

FTX adalah platform pertukaran kripto (exchange) terkemuka di dunia yang berspesialisasi dalam produk turunan dan leverage. FTX didirikan oleh Sam-Bankman Fried pada tahun 2019 dan menjadi platform untuk membeli, menjual, dan menyimpan aset kripto.

Berbagai macam produk FTX dan aplikasi perdagangan desktop serta seluler mudah digunakan, sehingga menarik investor kripto dari semua tingkat keahlian. Mulai dari pemula hingga profesional berpengalaman banyak menggunakan platform ini.

FTX mendukung sembilan mata uang resmi yang bisa disetor dan ditarik investor. Mata uang ini meliputi Dolar Amerika Serikat (AS), Dolar Kanada, Euro, Poundsterling, Franc (Swiss), Real (Brasil), Peso (Argentina), dan Cedi (Ghana).

Meski baru didirikan tiga tahun lalu, valuasi FTX mencapai US$32 miliar atau setara Rp459 triliun (per Februari 2022). Perusahaan ini juga pernah mendapatkan investasi sebesar US$18 miliar pada 2021 dan menjadi yang terbesar dalam sejarah pendanaan industri kripto.

FTX terus berkembang seiring berjalannya waktu, termasuk menjalin kerja sama dengan legenda American Football dan mantan model asal Brazil Gisele Bundchen. Nama FTX semakin besar setelah beriklan selama final Super Bowl.

Melihat gencarnya promosi dan berbagai kemudahan yang ditawarkannya tersebut, FTX pun mampu menjadi platform exchange besar hanya dalam waktu tergolong singkat. Bahkan, FTX menjadi bursa perdagangan kripto terbesar kedua setelah Binance.

Founder FTX, Sempat Dipuja Pahlawan Kripto

Founder FTX
Sumber foto: FTX - Krisis FTX

Samuel Bankman-Fried, lahir pada 6 Maret 1992 yang juga dikenal dengan inisialnya "SBF" adalah seorang pengusaha dan investor Amerika. Dia adalah sosok di balik hadirnya platform bursa perdagangan kripto FTX.

Beberapa pekan sebelum krisis ini mencuat, SBF sempat dianggap sebagai calon pahlawan kripto karena bersedia menggelontorkan kekayaannya yang besar untuk menyelamatkan industri aset volatil tersebut.

Pria berusia 30 tahun tersebut secara vokal mendukung proyek-proyek kripto yang gagal seperti BlockFi, Voyager Digital, dan Celsius. Dia juga berinvestasi di Robinhood yang membuatnya diisukan akan mengambil alih perusahaan aplikasi perdagangan tersebut.

Meski perusahaannya sendiri tengah menghadapi masa-masa sulit, SBF tetap ingin membantu industri kripto yang sedang kesulitan untuk menyelesaikan masalah. SBF mengatakan bahwa dalam jangka panjang, penting bagi ekosistem kripto untuk mencoba menemukan solusi.

Sebelum krisis ini terjadi, laporan dari Forbes menyatakan bahwa kekayaan Samuel Bankman-Fried mencapai US$25 miliar atau Rp358 triliun. Bahkan, SBF sempat masuk ke dalam daftar orang termudah paling kaya di dunia.

Krisis FTX, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

Krisis FTX
Sumber foto: Leon Neal/Getty Images - Krisis FTX

Runtuhnya FTX sebagai salah satu perusahaan exchange kripto terbesar di dunia terjadi akibat penurunan harga kripto yang terus anjlok. Bitcoin misalnya, anjlok 62 persen terhitung dalam setahun terakhir.

Situasi ini diperparah dengan aksi para nasabah FTX yang menarik USD 6 miliar atau setara Rp92,97 triliun (kurs Rp15.495 per dolar AS) pada Jumat pekan lalu dari platform FTX hanya dalam waktu 72 jam.

Pemicu hal tersebut adalah pernyataan CEO Binance, Changpeng Zhao yang menyebut menjual seluruh kepemilikannya atas token FFT (yang dikeluarkan FTX) senilai USD 580 juta.

FTX makin terdesak karena Binance yang sebelumnya juga diharapkan bisa membantu likuiditas FTX batal mengakuisisi bursa yang didirikan Sam Bankman-Fried itu, karena ada dugaan penyalahgunaan dana nasabah.

Runtuhnya harga token Terra LUNA (LUNC) pada awal Mei 2022 sebenarnya sudah mengindikasikan bahwa industri kripto tengah berada dalam kondisi sulit. Hal ini berdampak pada banyaknya perusahaan kripto, termasuk FTX yang melakukan pemutusan kontrak bisnis.

Terhitung sejak Mei 2022, CEO yang meninggalkan perusahannya adalah Michael Saylor dari Micro Strategy, CEO Kraken Jesse Powell, CEO Genesis Michael Moro, Sam Trabucco dari Alameda Research, Presiden FTX Brett Harrison, dan CEO Celsius Alex Mashinsky.

Menurut sumber Reuters, inti dari masalah FTX adalah kerugian di Alameda Research yang tidak diketahui oleh sebagian besar eksekutif FTX. SBF juga diduga menggunakan "pintu belakang" dalam sistem pembukuan FTX untuk mengubah catatan keuangan.

Dilansir dari Gizmodo, FTX mengklaim bahwa ada potensi insiden peretasan yang menguras ratusan juta dolar secara misterius. Beberapa analisis menyebut bahwa insiden ini tidak menutup kemungkinan terkait dengan aksi pencurian.

Namun, alasan tersebut sepertinya akan sulit untuk diterima oleh publik melihat kuatnya dugaan penyalahagunaan dana yang sebelumnya dilaporkan. Banyak yang percaya bahwa satu-satunya orang yang harus bertanggung jawab atas krisis ini ialah Samuel Bankman-Fried.

Krisis FTX Ungkap "Warna Asli" Web3? Ini Dampaknya

Krisis FTX Web3
Sumber foto: Reuteurs - Krisis FTX

Runtuhnya kerajaan kripto milik Sam Bankman-Fried kemungkinan akan berdampak luas dalam ekosistem Web3 dan blockhain, bahkan di luar pasar kripto itu sendiri. Hal ini disampaikan oleh Mike McGlone, ahli strategi komoditas senior di Bloomberg.

Drama kejatuhan FTX membuat komunitas Web3 terguncang dan bisa mengubah masa depan industri kripto serta NFT. 15 cryptocurrency terbesar telah kehilangan lebih dari USD 176 miliar dalam kapitalisasi pasar akibat krisis ini.

Peristiwa FTX ini juga dapat membuat buruk citra Web3, khususnya di sektor cryptocurrency atau bahkan teknologi blockchain. Di sisi lain, krisis FTX bisa memicu ekosistem Web dan blockchain secara umum untuk membuat regulasi yang lebih ketat.

Para ahli bahkan mengkhawatirkan bahwa blockchain Solana, yang merupakan pendukung keuangan utama FTX akan mengalami kegagalan. Namun, Web3 adalah industri besar dan ada banyak dapps yang bisa dibangun dan masih menarik pengguna.

Selain itu, salah satu pendiri game Web3 Star Atlas memberi pesan bawha industri Web3 khususnya di sektor gaming tetap akan menjanjikan di masa depan. Menurutnya, industri ini tidak akan terlalu terguncang akibat krisis FTX.

Bukan hanya game yang terus maju meski ada gejolak seperti ini. Pengguna diklaim masih bisa memperdagangkan tanah metaverse dengan menguntungkan meski harga kripto turun.

Akhir Kata

Runtuhnya FTX menjadi salah satu bencana paling spektakuler dalam sejarah keuangan, terutama untuk industri cryptocurrency. Inilah risiko terburuk yang harus dihadapi oleh para pemain di industri ini.

Sam Bankman-Fried (SBF) sendiri sudah meminta maaf dan mundur dari jabatannya sebagai CEO di FTX. SBF yang sempat dianggap sebagai pahlawan kripto itu kini harus menelan pil pahit dengan menjadi tokoh "antagonis" di bursa perdagangan kripto dunia.

Baca juga artikel Game NFT Indonesia Terbaik, Satoshi City, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Cats 2c9b2
Panduan Bermain Axie Infinity untuk Pemula, Hasilkan Cuan dengan Koleksi Hewan Virtual
Untitled3 40678
7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik 2022, Praktis dan Langsung ke Rekening
Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya, Haram atau Halal?
Island King Mod Apk D6f56
Island King Pro MOD APK v2.40.1 Terbaru 2022, Unlimited Money & Lucky Spin!
Higgs Domino Rp 7bc35
Download Higgs Domino RP APK v1.94 X8 Speeder, Bundle X8 Speeder & No Ads
Banner Higgs Domino E3b4e
Download Higgs Domino MOD APK + X8 Speeder v1.94 P1H1 P1H4, Bebas Iklan & Koin Gratis!
Tags Terkait: kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal