J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Risiko & Keuntungan Reksa Dana Bagi Investor | Cuma Modal Rp10 Ribu?

Minggu, 7 Mar 2021, 16:30 WIB
Mau memulai berinvestasi reksa dana tapi masih ragu? Mending pelajari risiko dan keuntungan reksa dana selengkapnya di sini!

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja produk-produk reksa dana, sekarang saatnya kamu belajar tentang risiko dan keuntungan reksa dana.

Meskipun dirancang sebagai sarana investasi para investor yang memiliki waktu dan pengetahuan terbatas, perlu diketahui juga bahwa tetap ada risiko dan keuntungan reksa dana yang perlu jadi bahan pertimbangan.

Hal ini sebenarnya cukup wajar karena pada instrumen investasi apapun itu yang kamu pilih, semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, akan menjadi kurang tepat dan lebih berisiko jika kamu nggak tahu sama sekali apa saja kemungkinan kerugian dan keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan investasi tersebut.

Maka dari itu, berikut akan Jaka jelaskan beberapa poin risiko dan keuntungan reksa dana yang perlu diperhatikan.

Risiko Reksa Dana

Tren investasi yang semakin melesat tinggi di kalangan generasi milenial beberapa bulan belakangan, pasti nggak lepas dari yang namanya iming-iming keuntungan.

Padahal, di balik peluang keuntungan tersebut ada risiko kerugian yang sayangnya jarang diperhatikan oleh para investor pemula.

Adapun beberapa potensi risiko reksa dana yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut.

1. Risiko Berkurangnya Nilai Unit (NAB/UP)

Manfaat Reksa Dana De054
Sumber foto: Bareksa

Meskipun dikelola oleh manajer investasi profesional, tetapi bukan berarti hal ini tidak akan membuat nilai investasi mengalami penurunan.

Pengaruh perkembangan pasar uang dan pasar modal seperti perubahan suku bunga, penurunan harga Efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya), dan lain-lain nyatanya cukup memiliki peran besar.

Dengan demikian, nilai reksa dana per unit pun dapat menurun dan mengalami fluktuasi.

2. Risiko Gagal Bayar

Kerugian Investasi Reksa Dana A8794
Sumber foto: Kompasiana

Pada sejumlah jenis produk reksa dana, seperti reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana terproteksi, alokasi dana investasi yang dilakukan biasanya lebih besar pada instrumen obligasi dan sukuk.

Sementara itu, obligasi dan sukuk adalah instrumen investasi yang dinilai memiliki risiko gagal bayar atau ketidakmampuan penerbit membayar kewajibannya berupa pokok investasi dan kupon.

Oleh karena itu, sebaiknya kenali terlebih dulu kinerja manajer investasi dan Bank Kustodian (bank yang menyimpan dana investasi) yang mengelola produk reksa dana kamu.

Kamu juga wajib mempelajari profil produk reksa dana pendapatan tetap yang akan kamu beli. Kamu harus mengetahui obligasi perusahaan apa saja yang ada di dalam reksa dana pendapatan tetap yang kamu beli.

Jika isi dari reksa dana pendapatan tetap yang kamu beli itu terdiri dari obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan dengan kinerja keuangan kurang baik, maka sebaiknya kamu hindari membeli reksa dana tersebut.

3. Risiko Likuiditas

Risiko Investasi Reksa Dana Ddf66
Sumber foto: Diadona

Dilansir dari halaman Bursa Efek Indonesia, risiko likuiditas menyangkut kesulitan yang dihadapi oleh manajer investasi jika sebagian besar pemegang unit melakukan penjualan kembali (redemption) atas unit-unit yang dipegangnya.

Jika aset atau Efek dalam portofolio suatu reksa dana tidak likuid (sulit dicairkan), maka akan sulit bagi manajer investasi untuk menjual kembali unit dalam waktu singkat.

Alhasil, pembayaran atas redemption tersebut kepada para investor pun akan tertunda.

4. Risiko Pasar

Risiko Reksa Dana 0ff46
Sumber foto: InaKoran

Fluktuasi adalah salah satu contoh efek dari risiko pasar yang tentunya sangat mungkin terjadi dalam kegiatan investasi. Selanjutnya, yang paling sulit dihindari yaitu perubahan ekonomi dan politik.

Terlebih, Indonesia juga menganut sistem perekonomian terbuka yang artinya perekonomian negara sangat rentan terhadap perubahan ekonomi internasional.

Alhasil, kinerja perusahaan di Indonesia termasuk perusahaan yang tercatat pada bursa juga akan dipengaruhi oleh perubahan kondisi ekonomi dan politik di dalam maupun luar negeri.

Secara tidak langsung, hal tersebut pun akan mempengaruhi portofolio reksa dana yang kamu miliki.

Keuntungan Reksa Dana

Meskipun ternyata risiko reksa dana cukup mengerikan, tetapi sejumlah risiko tersebut seperti tak menjadi halangan bagi para investor yang mengharapkan keuntungan alias manfaat reksa dana, nih, geng.

Pasalnya, instrumen investasi reksa dana juga menawarkan sejumlah keuntungan yang nggak kalah menggiurkan dari investasi emas atau saham, loh.

Mau tahu apa saja manfaat investasi reksa dana? Berikut adalah pembahasannya.

1. Diversifikasi Investasi dengan Modal Kecil

Keuntungan Reksadana 26789
Sumber foto: danaIN

"Jangan meletakkan seluruh telur dalam satu keranjang," bagi investor perumpamaan tersebut sering dikaitkan dengan istilah diversifikasi.

Artinya, kamu sebisa mungkin untuk tidak menempatkan seluruh investasi pada satu instrumen atau produk investasi saja. Kenapa? Hal ini dilakukan untuk membagi risiko yang mungkin ditimbulkan.

Coba bayangkan, apa jadinya kalau kamu menginvestasikan seluruh kekayaan mu pada instrumen yang memiliki risiko tinggi seperti saham? Di saat harga mengalami penurunan, maka risiko kerugian pun menjadi sangat besar.

Namun, jika kamu melakukan diversifikasi pada setidaknya tiga instrumen berbeda yang memiliki tingkat risiko berbeda pula, maka risiko kerugian yang terjadi akibat penurunan nilai pun dapat ditekan.

Nah, di reksa dana dikarenakan modal awal yang perlu disetor relatif kecil mulai dari Rp10.000, maka kamu bisa dengan leluasa melakukan diversifikasi portofolio pada instrumen yang berbeda.

Misalnya, separuh pada reksa dana pasar uang, separuh pada reksa dana saham, dan separuhnya lagi pada reksa dana campuran karena ketiganya memiliki tingkat risiko berbeda-beda.

2. Kemudahan Investasi

Keuntungan Investasi Reksa Dana 12112
Sumber foto: Finansialku

Berbeda dengan investasi saham mandiri, di mana investor wajib memiliki pengetahuan seputar investasi. Maka, dengan adanya manajer investasi pada reksa dana akan membawa keuntungan bagi calon investor.

Ya! Seperti yang sudah Jaka bilang di awal, reksa dana memang dirancang untuk para calon investor yang ingin memulai investasi, tetapi terbatas oleh waktu dan pengetahuan.

Karena pengelolaan dana investasi dilakukan oleh ahlinya, hal ini tentunya akan membawa kemudahan bagi para calon investor.

3. Efisiensi Waktu, Biaya, dan Pajak

Keuntungan Reksa Dana Mandiri Eb4e0
Sumber foto: Bareksa

Efisiensi waktu pastinya jadi manfaat berinvestasi reksa dana yang akan kamu dapatkan.

Bukan hanya karena adanya manajer investasi yang akan membantu, tetapi aplikasi investasi reksa dana online juga kini semakin menjamur dan menawarkan banyak keunggulan.

Tak hanya itu saja, OJK juga menyebutkan bahwa hasil keuntungan dan penjualan kembali reksa dana tidak dikenai biaya pajak. Itu artinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih dari investasi reksa dana. Menarik, kan?

4. Keuntungan Tinggi Pada Reksa Dana Saham

Keuntungan Reksa Dana 5aea6
Sumber foto: Finansialku

Tidak semuanya memiliki return kecil, reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang menawarkan return relatif tinggi, loh.

Karena keuntungannya yang tinggi tersebut, maka umumnya reksa dana saham dipilih para investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang.

Seperti misalnya menyiapkan dana pensiun, sekolah anak, atau kebutuhan lainnya.

Akhir Kata

Gimana? Sudah tahu dong apa saja risiko dan keuntungan reksa dana yang bisa kamu dapatkan jika memilih berinvestasi dengan instrumen satu ini?

Meskipun memiliki risiko yang ternyata cukup menakutkan, tetapi keuntungan investasi reksa dana juga cukup menggiurkan. Apalagi, untuk para pemula yang masih minim pengetahuan.

Jadi, kamu sudah yakin mau investasi di instrumen reksa dana?

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced
10 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!
Cara Investasi Emas Di Pegadaian Feb5a
Cara Menabung Emas di Pegadaian Paling Lengkap, Begini Penjelasannya!
Keuntungan Investasi Emas 2e383
Kerugian & Keuntungan Investasi Emas Online/Fisik | Wajib Tahu!
Ciri Ciri Invetasi Bodong Adalah 46f03
Inilah Ciri-ciri Investasi Bodong yang Berbahaya | Jangan Sampai Tertipu!
Mengenal Dividen Dan Jenis Jenis Dividen F07f4
Mengenal Dividen dalam Akuntansi dan Jenis-jenis Dividen Terlengkap
Cara Investasi Reksa Dana Online 0a19d
Cara Memulai Investasi Reksadana Online | Cocok Untuk Pemula!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal