J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham

Minggu, 7 Mar 2021, 15:30 WIB
Berinvestasi saham pastinya tidak lepas dari yang namanya untung & rugi. Sebagai investor, kamu wajib tahu risiko dan keuntungan investasi saham berikut ini.

Di masa pandemi sekarang ini, popularitas investasi saham di kalangan milenial semakin melambung tinggi. Sejumlah keuntungan investasi saham pun terus membayangi, membuat sejumlah orang nekat investasi.

Ya! di antara jenis instrumen investasi lainnya, saham memang yang menawarkan return paling tinggi. Makanya nggak heran jika banyak orang tergiur untuk berinvestasi saham.

Kalau kamu termasuk salah satu orangnya, coba deh simak dulu untung rugi investasi saham selengkapnya berikut ini.

Keuntungan Investasi Saham

Menawarkan banyak keuntungan pastinya menjadi alasan kenapa instrumen investasi satu ini digemari banyak orang, bahkan oleh para pemula di zaman sekarang.

Lalu, memangnya apa saja sih keuntungan dari berinvestasi saham yang bisa kamu dapatkan? Berikut poin-poin pembahasannya.

1. Mendapatkan Potensi Capital Gain

Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang 7043a
Sumber foto: Warta Ekonomi

Dalam dunia saham, ada beberapa potensi keuntungan yang bisa didapat oleh investor. Salah satunya adalah capital gain alias selisih antara harga beli dan harga jual saham.

Capital gain umumnya terjadi karena adanya aktivitas perdagangan di bursa efek, yang memicu munculnya fluktuasi antara supply dan demand dari saham tersebut.

Oleh karena itu, melakukan riset emiten sebelum membeli saham adalah hal penting yang wajib dilakukan agar potensi capital gain ini bisa kamu dapatkan.

Oh, ya, kamu akan memperoleh capital gain kalau saham yang harganya naik kamu jual, ya. Kalau harganya mulai turun, kamu sebaiknya jual saham itu agar kerugian tidak besar.

Sementara itu, untuk kamu yang berinvestasi pada reksa dana saham, selektif dalam memilih manajer investasi yang terbaik juga jangan sampai dilewatkan, ya!

2. Menerima Dividen

Kelebihan Investasi Saham Ba6e5
Sumber foto: KajianPustaka

Keuntungan saham lainnya yang paling ditunggu-tunggu oleh para investor adalah dividen. Dividen adalah pembagian laba bagi para pemegang saham, yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki investor.

Dengan begitu, semakin banyak jumlah lot saham yang kamu miliki pada suatu emiten, maka semakin besar pula nilai dividen yang dapat diperoleh.

Beberapa perusahaan biasanya membagikan dividen sekali atau bahkan dua kali dalam setahun pada bulan yang telah ditetapkan.

Kebijakan pembagian dividen ini berbeda-beda di tiap perusahaan. Ada perusahaan yang sudah matang dan rajin membagikan dividen setiap tahun.

Namun, karena dividen bersumber dari keuntungan yang didapat perusahaan, maka para pemegang saham pun dapat berpotensi tidak menerimanya jika perusahaan tersebut tidak memiliki keuntungan.

Ada pula perusahaan yang jarang membagikan dividen karena labanya dipakai untuk membiayai ekspansi yang bertujuan agar kinerja keuangan perusahaan makin kinclong di masa mendatang.

Makanya, belilah saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja dan prospek bagus kedepannya supaya dividen bukan hanya sekadar khayalan, geng!

3. Return yang Besar

Keuntungan Investasi Saham Online 411e8
Sumber foto: Bidikdata

Return besar sepertinya sudah menjadi salah satu ciri khas dari kegiatan berinvestasi saham. Maka tak heran, jika cara memulai investasi saham saat ini dicari banyak orang, tak terkecuali generasi milenial.

Namun, ingat! Keuntungan saham per bulan atau per harinya yang kamu dapatkan tidaklah selalu sama, karena semuanya balik lagi terhadap perubahan ekonomi dan politik yang terjadi di Indonesia.

Jadi, jangan sampai karena bulan ini kamu mendapatkan untung besar pada emiten tertentu, kemudian memindahkan semua investasi milikmu pada instrumen lain ke emiten tersebut. Ingat, diversifikasi itu penting, geng!

Diversifikasi sendiri artinya tidak menempatkan seluruh investasi pada satu instrumen saja, dengan tujuan untuk meminimalisir risiko kerugian.

4. Memiliki Hak Ikut Serta dalam RUPS

Manfaat Investasi Saham 29b53
Sumber foto: BCA

Sebagai salah satu pemegang saham dari suatu perusahaan, kamu memiliki hak untuk ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dalam kegiatan RUPS, kamu dapat mengetahui rencana atau strategi perusahaan kedepannya, menerima pembagian dividen, dan mengetahui informasi laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan.

Meskipun begitu, RUPS sendiri bukanlah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para investor karena sifatnya hanyalah undangan. Tenang! Dividen yang dibagikan tetap akan kamu dapatkan, kok.

Kerugian Investasi Saham

Ada keuntungan, pastinya ada juga kerugian atau risiko yang mungkin ditimbulkan. Hal ini pun berlaku pada investasi saham, entah itu jangka panjang ataupun jangka pendek.

Dan berikut adalah beberapa kerugian investasi saham yang perlu kamu perhatikan.

1. Potensi Capital Loss

Risiko Investasi Saham 1c5a1
Sumber foto: Finansialku

Potensi capital loss atau selisih rugi antara harga jual dan beli pun menjadi momen yang sulit untuk dihindari oleh para investor.

Kemungkinan penurunan harga saham ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti misalnya kinerja perusahaan menurun, hingga perubahan kondisi perekonomian negara.

Namun, untuk menekan risiko capital loss yang semakin parah, biasanya investor sudah menentukan batas stop loss alias batas kerugian yang dapat ditolerir.

Contohnya, Jaka sudah menentukan batas stop loss suatu emiten maksimal sebesar 10%.

Maka, apabila kerugian yang dialami telah melebih angka persentase tersebut, Jaka akan langsung menjual saham emiten itu untuk menghindari risiko kerugian yang lebih besar.

Dalam kasus ini, saham yang dijual dengan harga lebih rendah dari harga beli dikenal dengan istilah cut loss.

2. Risiko Perusahaan Bangkrut

Kerugian Investasi Saham 05efa
Sumber foto: New Straits Times

Di balik keuntungan investasi saham yang terdengar menggiurkan, ada salah satu risiko yang paling ditakuti investor yaitu kebangkrutan perusahaan.

Pasalnya, jika suatu perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau dibubarkan, maka hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi.

Artinya, apabila hasil penjualan kekayaan perusahaan yang digunakan untuk melunasi kewajiban tersebut tidak tersisa, maka para pemegang saham tidak akan memperoleh hasil dari likuidasi tersebut.

Sekarang paham dong kenapa melakukan riset kinerja perusahaan sangatlah penting sebelum membeli sahamnya? Dan kenapa saham bluechip menjadi andalan banyak orang?

Akhir Kata

Itulah pemaparan mengenai risiko dan keuntungan investasi saham yang perlu diperhatikan, khususnya oleh para calon investor pemula.

Karena dibalik keuntungannya yang terdengar menjanjikan, ada pula risiko kerugian yang nggak semua orang mampu menerimanya dengan lapang dada.

Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk berinvestasi saham menggunakan uang "panas" atau hasil pinjaman karena belum tentu kamu akan mendapatkan cuan secara cepat, geng.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Cara Beli Saham Bri Online 17998
Cara Beli Saham BRI Danareksa Sekuritas Untuk Pemula | Siap-Siap Cuan!
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal