J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Istilah Saham yang Wajib Diketahui Investor Pemula | Jangan Kejebak!

Minggu, 21 Mar 2021, 17:00 WIB
Bingung dengan beragam istilah saham yang kamu temukan saat berinvestasi saham? Nih, 10 istilah dalam saham paling dasar yang wajib kamu tahu!

Memahami istilah-istilah saham tentu menjadi dasar utama yang perlu kamu lakukan sebelum benar-benar terjun ke dalamnya, dan menanamkan modal pada instrumen investasi satu ini.

Mengingat saham adalah salah satu jenis instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi (high risk), sehingga membekali diri dengan pengetahuan seputar saham itu sendiri menjadi langkah bijak yang perlu dilakukan.

Apalagi, dalam kegiatan berinvestasi saham kamu akan menemukan banyak sekali istilah asing yang jarang didengar di kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, supaya kamu bisa dapat cuan besar di saham, sebaiknya pahami dulu beberapa istilah saham yang paling populer berikut ini.

1. Emiten dan Efek

Istilah Dalam Pasar Saham 09a7d
Sumber foto: Maxmanroe

Saat ingin membeli suatu saham, pastinya kamu akan memilih perusahaan mana yang sahamnya dianggap layak untuk dibeli, dong? Nah, perusahaan ini lah yang disebut sebagai emiten.

Dengan kata lain, emiten adalah pihak yang menerbitkan dan menjual Efek kepada masyarakat melalui penawaran umum berdasarkan tata cara yang telah diatur dalam undang-undang yang berlaku.

Beberapa contoh emiten seperti misalnya PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Sampoerna Agro Tbk. (SGRO), PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), dan lainnya.

Sementara, Efek adalah surat berharga seperti surat pengakuan utang, saham, obligasi, dan sejenisnya yang dapat diperdagangkan.

2. Bullish dan Bearish

Istilah Saham Untuk Pemula 5673d
Sumber foto: Menara62

Saat berbicara mengenai harga saham di bursa, Bullish dan Bearish adalah dua contoh istilah saham yang pasti akan kamu dengar. Lantas, apa arti dari keduanya?

Bullish adalah istilah dalam saham yang dipakai untuk menyebut pergerakan harga saham yang cenderung meningkat dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan, Bearish adalah istilah yang digunakan ketika pergerakan harga saham cenderung menurun. Atau dengan kata lain, merupakan kebalikan dari Bullish.

Kenaikan dan penurunan harga saham sendiri merupakan kondisi yang sangat wajar di dunia saham ataupun jenis investasi lainnya. Sehingga, melakukan analisa merupakan cara yang paling tepat saat ingin membeli atau menjual saham.

3. Saham Blue Chip, Middle Cap, dan Small Cap

Istilah Saham Ara E1c7a
Sumber foto: Folder Bisnis

Bagi investor pemula, saham blue chip umumnya dianggap lebih aman untuk meminimalisir risiko kerugian atas pergerakan harga yang tidak menentu setiap waktunya.

Namun, apakah kamu tahu apa itu saham blue chip? Saham blue chip adalah sebutan untuk saham lapis satu yang umumnya memiliki reputasi baik dan kapitalisasi pasar di atas Rp10 triliun.

Sementara, saham middle cap adalah saham lapis dua yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp500 miliar hingga Rp10 triliun.

Saham middle cap umumnya datang dari perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang seperti misalnya PT Bank Bukopin Tbk. (BBKP).

Kemudian ada pula saham small cap yang merupakan jenis saham lapis tiga yang memiliki nilai kapitalisasi pasar paling kecil, yaitu di bawah Rp500 miliar.

Nah, buat kamu yang tertarik mengenal lebih jauh tentang saham blue chip, kamu bisa baca artikel berikut:

Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif Dan Layak Dibeli
Sebagai pemula, kamu pasti penasaran apa itu saham blue chip. Berikut ulasan, definisi, & 10 saham blue chip terbaik & paling menguntungkan di 2021 ini!
LIHAT ARTIKEL

4. Profit Taking, Cut Loss, dan Stop Loss

Singkata Dalam Saham 068c2
Sumber foto: Grapadi Group

Profit taking, cut loss, dan stop loss adalah beberapa istilah saham yang erat kaitannya saat seseorang membeli atau menjual saham.

Di mana, profit taking atau take profit (TP) adalah istilah untuk menyebutkan suatu aksi ketika investor menjual seluruh atau sebagian lot saham yang dimiliki saat harga sahamnya lebih tinggi dari harga beli.

Kebalikan dari aksi tersebut, maka disebut dengan istilah cut loss. Artinya, investor menjual saham saat harga sahamnya lebih rendah dari harga beli alias rugi.

Meskipun begitu, cut loss menjadi cara andalan yang dilakukan investor untuk membatasi kerugian karena harga saham bergerak berlawanan.

Selain cut loss, investor juga bisanya sudah menetapkan stop loss untuk meminimalisir kerugian investasi saham.

Di mana, stop loss berarti sebuah tindakan untuk menjual saham di harga tertentu yang telah ditetapkan oleh investor itu sendiri di awal transaksi untuk membatasi kerugian.

Misalnya, kamu membeli saham A satu lot seharga Rp5.000, dan telah menetapkan bahwa stop loss level saham tersebut berada di kisaran Rp3.000.

Maka, saat harga saham tersebut turun di kisaran harga stop loss level, kamu akan menjualnya agar tidak terus merugi.

5. Dividen

Istilah Pasar Saham 05aa8
Sumber foto: RuangMom

Salah satu jenis keuntungan dalam berinvestasi saham yang bisa kamu dapatkan yaitu melalui pembagian dividen.

Dividen adalah sejumlah keuntungan yang diperoleh perusahaan dan akan dibagikan kepada para pemegang saham dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Dengan begitu, pembagian dividen tidak akan mengurangi saldo kas perusahaan karena murni merupakan hasil laba yang didapat perusahaan atas kinerjanya.

Oleh karena itu, ketika perusahaan tidak mendapatkan keuntungan pada tahun tersebut, maka dividen pun tidak dibagikan. Dividen umumnya dibagikan sebanyak 1 kali setiap tahunnya, walaupun ada beberapa perusahaan yang membagikan dividen 2 kali setahun.

Nah, untuk tahu lebih jelasnya mengenai dividen, kamu bisa baca artikel berikut:

Mengenal Dividen Dan Jenis Jenis Dividen F07f4
Mengenal Dividen Dalam Akuntansi Dan Jenis-Jenis Dividen Terlengkap
Sebagai calon investor, sayang banget kalau belum tahu jenis-jenis dividen. Topik tentang dividen perusahaan bakal dibahas lebih detil dan lengkap di sini.
LIHAT ARTIKEL

6. Initial Public Offering (IPO)

Istilah Saham Tp 6beba
Sumber foto: Moneycontrol

Initial Public Offering atau juga sering disebut IPO adalah penawaran saham perusahaan untuk dibeli publik pertama kalinya. Artinya, perusahaan akan menjual sebagian sahamnya secara perdana ke publik.

IPO sendiri umumnya dilakukan untuk meraup modal tambahan yang bisa digunakan untuk kebutuhan pengembangan perusahaan, seperti misalnya saat ingin ekspansi bisnis.

Meskipun begitu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar suatu perusahaan bisa melakukan IPO, serta manfaat dan konsekuensinya. Apa sajakah itu? Kamu bisa simak artikel Jaka tentang IPO berikut ini:

Perusahaan Go Public Ipo 56406
Perusahaan Go Public (IPO)? Ini Manfaat & Konsekuensinya | Ada Syaratnya!
Perusahaan Go Public atau IPO memang memilki manfaat dan konsekuensinya tersendiri. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di sini!
LIHAT ARTIKEL

7. Sekuritas

Istilah Saham Haka C3bd8
Sumber foto: Lifepal

Sekuritas adalah pihak yang menjadi perantara antara investor dan pasar modal sebagai pelaku transaksi Efek. Sekuritas juga sering dikenal sebagai broker.

Memilih perusahaan sekuritas yang terbukti memiliki histori kinerja baik, merupakan salah satu upaya agar kamu bisa sukses dalam berinvestasi saham.

Buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai sekuritas, Jaka sudah pernah membahasnya di artikel terpisah yang bisa kamu baca berikut ini:

Perusahaan Sekuritas Terbaik Di Indonesia 60e1c
Mengenal Perusahaan Sekuritas Terbaik Di Indonesia 2021 | Melek Investasi
Saatnya kamu mulai mengenal apa itu sekuritas dan perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia saat ini. Yuk, simak penjelasan lengkapnya dari Jaka!
LIHAT ARTIKEL

8. Saham Gorengan

Kamus Saham 9346d
Sumber foto: Akseleran

Ada saham blue chip yang didambakan banyak orang, tetapi ada juga saham gorengan yang umumnya dihindari investor karena bikin jantungan.

Saham gorengan sendiri merupakan istilah tidak resmi, yang dipakai untuk menyebut saham-saham yang harganya dipermainkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang memiliki kepentingan.

Ciri dari saham gorengan umumnya memiliki kapitalisasi pasar yang kecil dan pergerakan nilai transaksinya yang tidak wajar.

9. Capital Gain dan Capital Loss

Istilah Dalam Saham 04ba4
Sumber foto: Accurate Online

Bericara soal cuan dan rugi dalam saham, maka kamu akan menemukan kedua istilah ini; capital gain dan capital loss.

Capital gain adalah istilah yang digunakan untuk menyebut laba atau keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual yang lebih tinggi daripada harga beli.

Misal, kamu beli saham A sebanyak satu lot seharga Rp1.000, dan beberapa bulan kemudian berhasil dijual dengan harga Rp2.000. Maka, capital gain yang kamu dapatkan yaitu Rp1.000.

Sedangkan, capital loss adalah kebalikan dari capital gain, yaitu kerugian yang diperoleh dari selisih harga jual yang lebih rendah daripada harga beli.

10. ARA dan ARB

Istilah Saham B633b
Sumber foto: Investbro

Istilah saham berikutnya yang juga akan sering kamu temukan saat berinvestasi saham adalah Auto Reject Atas (ARA) dan Auto Reject Bawah (ARB).

Kedua istilah ini sangat erat kaitannya dengan pergerakan harga saham yang bisa saja naik dan juga turun. Namun, kenaikan dan penurunan harga saham dalam satu hari tersebut tentu ada batasnya.

Batas naik dan turun itulah yang dikenal dengan istilah ARA dan ARB. ARA adalah batas atas pergerakan harga saham. Sementara, ARB adalah batas maksimal penurunan harga saham.

Dengan begitu, kenaikan dan penurunan harga suatu saham dalam sehari dapat terkontrol dan tidak lantas terjun atau meroket bebas tanpa batas.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa istilah saham paling dasar yang paling sering ditemukan saat berinvestasi saham, geng.

Kamu perlu mengetahui arti dari berbagai istilah ini agar kegiatan investasi bukan lagi hanya mengandalkan keberuntungan atau bahkan spekulasi.

Jadi, kamu sudah tahu istilah saham yang mana saja nih?

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced
10 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal