Strategi Deposito: Pengertian Deposito Berjangka, Manfaat & Cara Memilihnya

Default

Deposito adalah solusi menabung yang aman dan menjadi alternatif buat nasabah yang ingin menjaga nilai uangnya di bank. Salah satu jenis deposito bank yang banyak dilirik adalah deposito berjangka.

Apa itu deposito berjangka? Deposito berjangka adalah layanan perbankan yang menjanjikan keuntungan bunga kepada nasabah dalam kurun waktu tertentu, berkisaran antara 1 hingga 24 bulan di setiap bank.

Nah, setelah kurun waktu berakhir, kamu bisa menikmati uang deposito plus bunga dari bank dengan duduk santai saja. Mantap bener!

Tertarik mau punya deposito berjangka di bank? Tunggu dulu. Daripada terburu-buru, mendingan kamu simak penjelasan tentang strategi deposito berjangka Jaka.

Manfaat Deposito Berjangka

Deposito Berjangka Bunga Tertinggi 39038

Setiap investasi pasti menjanjikan sekumpulan manfaat yang bakal ditawarkan kepada para investor. Hal ini juga berlaku buat deposito berjangka dari berbagai bank manapun.

Keuntungan dari deposito berjangka ini tentunya mampu untuk menarik perhatian nasabah, terutama tipe nasabah yang mau aman, tapi tetap dapat untung ketika meletakkan dana di bank.

Kamu bisa mengetahui manfaat dari deposito berjangka dengan mengenali empat keuntungan berikut:

1. Instrumen Keuangan dengan Risiko Rendah

Bisa dibilang deposito berjangka ini nyaris tanpa resiko. Kecuali, kalau bank mengalami kebangkrutan alias gagal bayar. Namun, hal itu jarang terjadi saat ini.

Risiko deposito berjangka masih jauh lebih rendah kalau dibandingkan dengan investasi saham karena sudah dijamin oleh bank.

Sementara di dalam investasi saham, kamu harus secara aktif menganalisis fluktuasi harga saham dan hal-hal pendukung lainnya agar tidak gagal memilih saham.

Kegagalan memilih investasi saham bisa berdampak pada kerugian karena harga saham cenderung turun dan rugi ketika dijual kembali.

2. Tabungan Tetap Aman

Kamu tidak bakal mengalami penurunan nilai uang seperti yang dialami oleh para investor saham ketika harga saham mereka anjlok.

Pada deposito berjangka, meskipun terjadi ketidakstabilan ekonomi baik ekonomi mikro ataupun ekonomi makro, tabungan kamu tetap aman di bank.

Jaminan keamanan tabungan ini tentu sangat menarik buat pemilik dana yang lebih memilih deposito berjangka sebagai alternatif perencanaan keuangan. Uang kamu lebih aman tanpa dipengaruhi risiko dari luar.

3. Pilihan Instrumen Investasi Paling Mudah

Saking mudahnya deposito, kamu hanya cukup duduk santai tanpa memikirkan untung rugi sama sekali. Soal bagaimana imbalan bunga dari deposito berjangka, itu adalah menjadi tanggung jawab bank, kamu hanya tinggal menerimanya setelah jatuh tempo.

Yang penting, kamu tinggal menyetor uang dan menyetujui jangka waktu deposito saja. Setelah tenor deposito berakhir, uang tabungan ditambah bunga deposito berjangka bakal cair di rekening bank milikmu.

4. Penghasilan Bunga Sesuai Tenor

Setiap jangka waktu deposito punya nilai bunga tersendiri. Semakin panjang jangka waktu yang kamu pilih, maka nilai bunga deposito pun semakin tinggi.

Sementara itu, bunga deposito ini bakal kamu terima dengan nilai tetap sesuai persetujuan di dalam perjanjian deposito berjangka. Syaratnya, kamu harus rela menyimpan uangmu sampai masa tenor berakhir.

Kekurangan Deposito Berjangka

Fungsi Deposito Berjangka 3a5e9

Faktanya, minat untuk memilih deposito berjangka itu juga tergantung dari masing-masing investor. Buat investor profesional, tentu memilih deposito berjangka sebagai satu-satunya instrumen investasi dinilai kurang menguntungkan.

Pasalnya, para investor itu sudah bisa melihat sisi kekurangan deposito berjangka. Alhasil, mereka berusaha melakukan diversifikasi atau alternatif investasi lainnya.

Menilik dari sisi kekurangan deposito berjangka, kamu bisa mempelajari kekurangannya dengan menyimak penjelasan Jaka di bawah ini.

1. Keuntungan Bunga Deposito Rendah

Bicara soal keuntungan yang dihasilkan dari deposito berjangka, maka kamu harus rela kalau isi dompetmu agak longgar dibandingkan keuntungan yang dihasilkan dari investasi saham atau reksa dana.

Selain itu, kamu juga bakal kena pajak bunga deposito. Dengan demikian, meskipun deposito berjangka dinilai aman dan menguntungkan, pada dasarnya keuntungannya lebih sedikit dibandingkan hasil keuntungan instrumen investasi lainnya.

Jaka sarankan, kamu mencoba untuk melakukan simulasi perhitungan deposito secara mandiri. Untuk enjelasan lengkap tentang perhitungannya, kamu bisa baca di artikel Jaka yang khusus membahas perhitungan bunga deposito setelah dikurangi pajak.

2. Risiko Inflasi

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada risiko penyusutan nilai tukar uang alias inflasi antara uang yang sudah kamu deposit dan kenaikan harga barang secara umum.

Ini terjadi akibat dari nilai keuntungan bunga deposito lebih rendah dari tingkat inflasi setiap tahunnya.

Walaupun secara hitungan nominal uangmu bertambah, tapi secara perhitungan nilai tukar uang itu sudah berkurang daya tukarnya karena harga barang-barang cenderung mengalami kenaikan yang melebihi nilai bunga deposito.

3. Tidak Terlibat secara Langsung

Dari sisi keterlibatan investasi, deposito berjangka cenderung menjanjikan keamanan investasi kepada investor, tapi tidak menjamin keuntungan investasi sesuai harapan investor yang ingin untung besar.

Soalnya, kamu tidak terlibat dalam proses pengelolaan dana sehingga sebagian keuntungan investasi yang menggunakan dana deposito berjangka lebih banyak dinikmati pengelolanya alias bank.

Syarat Memiliki Deposito Berjangka

Deposito Berjangka Yang Menguntungkan D0947

Buat kamu yang berminat menjadikan deposito berjangka karena masih tergolong investor pemula, instrumen investasi via deposito ini bisa kamu pilih.

Untuk punya deposito berjangka di suatu bank, kamu harus melengkapi persyaratan umum berikut ini, ya.

  1. Mengisi rekening deposito di bank yang kamu pilih untuk membuka deposito berjangka.
  2. Menunjukkan KTP/SIM/Paspor kepada pihak bank.
  3. Melakukan setoran awal untuk deposito.

Strategi Memilih Deposito Berjangka yang Menguntungkan

Kali ini Jaka juga bakal bagikan tips yang bisa kamu gunakan sebagai strategi untuk memilih deposito berjangka yang tepat.

Dengan melakukan strategi ini, Jaka berharap kamu bisa tetap mendapatkan imbal hasil yang layak dan terhindar dari risiko inflasi.

Kamu bisa menggunakan dua strategi dari Jaka berikut ini sebelum membuka deposito berjangka lewat bank.

1. Memilih Tenor Deposito yang Panjang

Umumnya, semakin lama jangka waktu deposito juga berkaitan dengan peningkatan suku bunga yang ditawarkan oleh bank.

Kamu bisa memilih deposito dengan tenor yang lebih lama untuk mendapatkan bunga deposito yang lebih tinggi.

Hanya saja, kamu juga harus punya dana cadangan agar tidak mengambil dana deposito secara mendadak sebelum masa tenor berakhir.

Kalau kamu sampai terpaksa mencairkan deposito, keuntungan yang kamu dapatkan tidak akan maksimal.

2. Memilih Suku Bunga Deposito Tertinggi

Bandingkan suku bunga deposito dari setiap bank sebelum memilihnya merupakan langkah penting untuk bisa mendapatkan imbal hasil lebih besar.

Kamu cukup berkunjung dan bertanya kepada customer service di beberapa bank untuk mengetahui berapakah nilai suku bunga deposito yang ditawarkan.

Dengan sedikit melakukan kalkulasi terkait pajak dan lain-lain, selanjutnya kamu tinggal memilih deposito berjangka yang kamu mau.

Akhir Kata

Itulah penjelasan lengkap dari Jaka tentang deposito berjangka dan strategi memilih produk deposito di bank. Buat kamu yang lebih suka produk keuangan syariah, kamu juga bisa memilih instrumen investasi sesuai syariah berdasarkan rekomendasi DSN MUI.

Fatwa DSN MUI bisa kamu jadikan pedoman sebelum memulai investasi di sektor keuangan. Karena selain berinvestasi, seorang muslim diwajibkan untuk memilih industri sesuai ketentuan syar'i.

Baca juga artikel Investasi lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghitung Bunga Deposito 40918
Cara Menghitung Bunga Deposito Termudah 2021, Lengkap dengan Rumus!
Deposito Adalah Menyimpan Uang 4036d
Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Perbedaan Saham Biasa Dan Saham Preferen 0d922
4 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Mana yang Lebih Menguntungkan?
Perbedaan Reksadana Dan Saham D3ff0
6 Perbedaan Reksa Dana dan Saham yang Harus Investor Ketahui
Perbedaan Saham Dan Obligasi 8dcb6
Perbedaan Saham dan Obligasi Terlengkap 2021 | Mana yang Menguntungkan?
Reksa Dana Pasar Uang Adalah A3d1e
7 Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2021 | 100% Mengunci Risiko
Aplikasi Reksadana Terbaik 8b8eb
7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2021, Cuma Modal Rp10 Ribu Doang!
Tips Menabung Untuk Pelajar 82f03
11 Tips Menabung untuk Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK | Cepat Terkumpul Banyak
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal