J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Contoh Proposal Bisnis Plan yang Menarik & Bagus | Modal Awal Dapat Investor!

Sabtu, 1 Mei 2021, 16:30 WIB
Contoh proposal bisnis plan cafe, makanan, hingga pakaian memang sangat dibutuhkan saat ingin membangun usaha. Lihat contoh proposal rencana bisnis di sini!

Contoh proposal bisnis plan yang baik dan benar, mungkin menjadi salah satu hal yang akan kamu cari saat ingin terjun ke dunia bisnis atau usaha.

Apalagi kalau kamu berniat untuk membangun suatu usaha dengan sumber modal yang didapat dari calon investor. Proposal bisnis pasti akan sangat kamu butuhkan.

Bisnis plan atau rencana bisnis sendiri memang merupakan salah satu aset penting karena di dalamnya merangkum semua rincian informasi tentang usaha atau bisnis yang akan dijalani.

Lalu, seperti apa sih contoh proposal rencana bisnis yang baik dan benar sehingga mampu menarik minat para calon investor atau konsumen? Yuk, disimak!

Latar Belakang

Contoh Proposal Bisnis Kewirausahaan 9d5cd
Sumber foto: Vecteezy

Tentu kamu nggak mau dong kehilangan calon investor potensial karena mengajukan proposal rencana bisnis yang super tebal?

Banyak orang yang menganggap bahwa semakin tebal proposal rencana bisnis yang dibuat, maka semakin besar pula peluang mereka untuk mendapatkan calon investor.

Mungkin ini ada benarnya, tapi nggak selamanya akan begitu. Soalnya, proposal bisnis yang ringkas, padat, dan padat informasi umumnya adalah tipe rencana yang paling disukai oleh para calon investor.

Oleh karena itu, agar calon investor nggak keburu malas dan malah justru tertarik untuk membacanya sampai habis, kamu bisa perkuat proposal bisnis plan pada bagian latar belakang.

Di bagian ini kamu bisa menuliskan apa saja alasan yang melatarbelakangimu ingin membangun bisnis atau usaha tersebut.

Kamu juga bisa sedikit menjelaskan tentang keunggulan hingga potensi yang bisa diraih dari bisnis tersebut di masa depan. Nah, agar kamu ada sedikit gambaran, berikut Jaka punya contoh proposal bisnis plan cafe pada bagian latar belakangnya:

Perubahan tren dan gaya hidup kaum milenial di kota besar, tak bisa dipungkiri membuat pertumbuhan coffee shop kini semakin berkembang. Melihat dari kondisi ini, maka cafe 'Di Sudut Senja' hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Menghadirkan biji-biji kopi pilihan yang dikenal paling enak di Indonesia bahkan dunia, menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh cafe 'Di Sudut Senja'.

Visi dan Misi Usaha

Contoh Proposal Bisnis Plan Untuk Mahasiswa Ed041
Sumber foto: Reder

Penjelasan latar belakang yang bagus dan meyakinkan memang menjadi "pintu gerbang" untuk menarik minat pembaca ke halaman-halaman berikutnya.

Meskipun begitu, hal itu nggak lantas membuat seorang investor atau pemilik modal langsung mau bekerja sama atau menginvestasikan uangnya ke bisnis yang kamu jalani, lho.

Maka, kamu perlu menyusun visi dan misi usaha yang jelas dan gamblang agar dapat tersampaikan dengan baik kepada calon investor.

Tak hanya itu saja, visi dan misi yang jelas juga dapat menjadi penilaian bagi calon investor apakah bisnis yang akan dijalani memiliki pilar yang kuat sehingga bisa sukses di masa depan.

Kalau kamu bingung bagaimana cara membuatnya, berikut adalah contoh proposal bisnis plan pada bagian penulisan visi dan misi:

Visi: Menjadi cafe nomor satu dalam hal kualitas dan pelayanannya.

Misi:

1. Menyediakan kopi dengan cita rasa terbaik yang dapat diterima di lidah semua orang.

2. Memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen untuk menjaga kepuasan dan loyalitas.

3. Melakukan inovasi terhadap cita rasa kopi yang unik dan berbeda dengan kompetitor.

Gambaran Produk

Contoh Proposal Bisnis Plan Makanan 4fac2
Sumber foto: Entrepreneur

Meskipun masih berupa proposal rencana bisnis, tapi kamu juga tetap harus menyajikan sekilas gambaran produk yang akan dijual.

Tujuannya, tentu saja agar calon investor semakin tertarik dan percaya untuk menanamkan modalnya ke bisnis yang akan dijalani.

Pada bagian ini sendiri, kamu hanya perlu mendeskripsikan produk bisnis secara singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Bila perlu, kamu juga dapat sekaligus melampirkan beberapa contoh fotonya yang dibuat semenarik mungkin.

Nah, di bawah ini adalah salah satu contoh penulisan gambaran produk di dalam bisnis plan yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Cafe 'Di Ujung Senja' menjual berbagai jenis kopi terbaik dari berbagai wilayah di Indonesia. Namun, kopi espresso adalah salah satu menu signature andalan kami. Tak hanya itu, ada pula beberapa menu side dishes seperti pretzel, croissant, cake, dan masih banyak lainnya.

Oh, ya, supaya foto produk kamu semakin bagus dan menarik, kamu bisa lho pakai aplikasi edit foto terbaik seperti Adobe Photoshop. Dijamin hasilnya profesional!

Rencana Usaha

Selain beberapa poin contoh proposal bisnis plan yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian lainnya yang nggak kalah penting tentunya apalagi kalau bukan rencana usaha.

Pada bagian ini, kamu diharuskan untuk menyajikan lebih detail lagi informasi seputar bisnis yang akan dijalani.

Informasi tersebut umumnya meliputi **persiapan bisnis, strategi pemasaran, rencana anggaran, sumber anggaran, hingga struktur organisasi. **

1. Persiapan Bisnis

Contoh Proposal Rencana Bisnis Sederhana Untuk Mahasiswa F8cf0
Sumber foto: Libyan Women

Pastinya nggak mungkin dong suatu usaha tiba-tiba langsung jadi tanpa adanya bekal persiapan? Memang apa saja sih hal-hal yang masuk dalam periapan suatu bisnis?

Pada dasarnya yang dimaksud persiapan bisnis dalam proposal bisnis plan sendiri meliputi pencarian bahan baku, pengolahan, sampai akhirnya bisa sampai ke konsumen.

Di bagian ini, kamu bisa jelaskan poin-poin tersebut menjadi paragraf yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca. Contohnya, kamu bisa lihat berikut ini:

Dalam bisnis cafe 'Di Ujung Senja', kami memasok bahan baku langsung dari perkebunan kopi di daerah A karena kualitasnya yang terjamin bagus. Proses pemasokan bahan baku dilakukan setiap tiga hari sekali demi menjaga kualitas biji kopi. Sementara, cafe 'Di Ujung Senja' akan beroperasi mulai dari pukul 7 pagi hingga jam 11 malam, setiap hari.

2. Strategi Pemasaran

Proposal Bisnis Plan Pakaian Ada1c
Sumber foto: PasBar Online

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, strategi pemasaran bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari yang ber-budget besar seperti memasang billboard, hingga yang terjangkau yaitu melalui platform media sosial.

Meskipun dikatakan terjangkau, tapi impact dari kegiatan marketing yang dilakukan di platform online seperti itu terbukti cukup banyak yang berhasil, lho.

Sesungguhnya, ini bukan hal yang mengherankan jika mengingat informasi yang kita berikan dapat dinikmati sekaligus secara bersamaan oleh seluruh masyarakat Indonesia atau bahkan dunia berkat media sosial

Nah, dalam menyusun strategi pemasaran di proposal bisnis plan, kamu bisa jelaskan bagaimana bisnis milikmu akan dipasarkan ke konsumen. Mulai dari positioning produk, segmen pasar, hingga target konsumen.

3. Rencana Anggaran

Contoh Proposal Bisnis Mudah 2abde
Sumber foto: Informasi Training Terbaru

Ada strategi pemasaran, maka tak ketinggalan juga rencana anggarannya. Dalam berbisnis, rincian rencana anggaran sangat dibutuhkan dan penting dilakukan agar perhitungannya jelas dan terperinci.

Dengan begitu, kamu bisa tahu berapa modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut. Serta, pihak calon investor pun bisa mempertimbangkan apakah anggaran yang dibutuhkan berbanding lurus dengan potensi bisnis tersebut kedepannya.

Untuk membuat rencana anggaran di proposal bisnis plan, kamu hanya perlu merinci apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut, lengkap dengan perkiraan dananya. Berikut adalah contohnya:

1. Sewa ruko = Rp15.000.000

2. Pembelian biji kopi A = Rp50.000 x @3 = Rp150.000

3. Pembelian biji kopi B = Rp100.000 x @5 = Rp500.000

4. Papper cup = Rp5.000 x 100 = Rp500.000, dll.

4. Sumber Anggaran

Proposal Rencana Bisnis Cafe 1b299
Sumber foto: World Financial Review

Untuk melengkapi rincian rencana anggaran yang sudah dibuat sebelumnya, kamu juga perlu membuat rincian mengenai sumber anggaran bisnis.

Ini bisa berasal dari dana pribadi, pinjaman ke bank, kerabat, atau mungkin juga investor.

Contoh proposal bisnis plan pada bagian sumber anggaran ini, kamu bisa buat seperti berikut:

Dana pribadi = Rp7.000.000

Pinjaman ke bank = Rp10.000.000

Perkiraan dana calon investor = Rp10.000.000

5. Struktur Organisasi

Proposal Rencana Bisnis Mudah Untuk Mahasiswa 75e71
Sumber foto: WebStock Review

Terakhir dalam menyusun proposal bisnis plan yang nggak boleh terlewatkan yaitu struktur organisasi.

Struktur organisasi dibuat agar pengelolaan bisnis menjadi lebih terstruktur dan jelas, serta adanya pihak yang bertanggung jawab atas kemungkinana risiko yang ditimbulkan.

Untuk membuat ini, kamu hanya perlu membuat daftar atau bagannya seperti struktur organisasi pada umumnya, lengkap dengan nama dan jabatan.

Akhir Kata

Demikian informasi lengkap mengenai contoh proposal bisnis plan yang bisa Jaka jelaskan di artikel kali ini.

Meskipun contoh proposal rencana bisnis yang Jaka berikan di atas terbatas untuk jenis usaha cafe, tetapi bisa kok kamu jadikan inspirasi untuk membuat proposal di jenis bidang usaha lainnya seperti makanan hingga pakaian.

Membuat proposal bisnis plan yang baik dan benar memang tidaklah mudah, apalagi jika kaitannya untuk mencari calon investor. Namun, dengan contoh yang Jaka berikan, semoga kamu jadi ada sedikit gambaran, ya!

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Cara Melihat Insight Instagram D699b
Cara Melihat Insight Instagram | Kelola Bisnis IG dengan Mudah!
Cara Daftar Gofood Dd8c6
Cara Daftar GoFood Secara Online, Mudah dan Lengkap Untuk Bisnismu
Cara Berjualan Di Shopee Lazada Dan Tokopedia B0b72
Cara Berjualan di Shopee, Lazada, dan Tokopedia | Cocok Untuk Pemula!
Sampul 62a34
Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula, Bisa Buat Monetisasi YouTube!
Cara Mengaktifkan Shopeepay Banner B36f4
Cara Mudah Mengaktifkan ShopeePay | Biar Nggak Perlu Bayar Pakai Cash!
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal