J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah | Muda Banyak Uang

Minggu, 21 Mar 2021, 11:00 WIB
Mau tahu cara menabung Rp1 juta per bulan untuk anak sekolah? Mudah banget! Sini, Jaka ajari!

Punya uang tabungan Rp1 juta buat anak sekolah memang suatu prestasi tersendiri. Meski perlu perjuangan, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah bisa kamu lakukan.

Tabungan Rp1 juta yang sudah kamu kumpulkan bahkan bisa berkembang melebihi dari nilai awalnya jika kamu menemukan cara yang tepat. Keren, kan?

Membiasakan kegiatan menabung untuk pelajar bukanlah bakat, melainkan suatu kebiasaan yang bisa kamu bentuk untuk selalu menabung dan berhemat.

Kamu tidak usah bingung mencari cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Kali ini, Jaka bakal kasih langkah-langkahnya secara runut agar tabungan Rp1 juta pertamamu bisa terwujud.

Yuk, simak tips menabung untuk pelajar biar bisa terkumpul Rp1 juta sebulan berikut ini!

Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah

Cara Menabung Sebulan 1 Juta Fbec9

Seperti yang Jaka katakan sebelumnya bahwa menabung itu adalah kebiasaan yang bisa di bentuk, khususnya buat anak sekolah. Makanya, kamu pun bisa menabung sebulan Rp1 juta.

Mau tahu cara menabung Rp1 juta sebulan untuk pelajar? Tenang, pasti bisa! Yuk, ikuti saja kebiasaan berikut ini biar impian tabungan sebulan Rp1 juta terkumpul!

1. Buat Tujuan Menabung

Biasanya, orang akan menabung jika ada sesuatu yang mereka inginkan. Entah itu jalan-jalan, beli barang, atau ingin punya uang kuliah.

Jaka menyarankan agar kamu punya tujuan menabung lebih dulu agar menjadi motivasimu saat menabung.

Misalnya, tujuan menabungmu adalah punya HP atau traveling ke tempat wisata populer. Kamu bisa menempel gambar favoritmu agar bisa menjadi pengingat ketika datang godaan berlaku boros.

Selain itu, kamu juga harus ingat-ingat hal-hal buruk semisal tidak berhasil mencapai tujuan menabungmu. Contohnya, kalau tidak punya HP maka kamu bakal bisa hilang kontak dengan sahabat-sahabatmu, dan sebagainya.

Dengan memadukan harapan dan rasa takut, otakmu bakal dipaksa mencegah sesuatu yang bisa merusak tujuan mengumpulkan uang Rp1 juta. Nah, secara jangka panjang, kamu lebih bisa mengontrol diri untuk berhemat.

2. Menentukan Jangka Waktu Menabung

Uang saku setiap pelajar memang tidak selalu sama. Ada yang dikasih uang saku Rp20 ribu, Rp15 ribu, atau Rp10 ribu per hari.

Nah, dengan jumlah uang itu kamu bisa mulai memikirkan waktu yang masuk akal untuk menyisihannya. Tidak perlu memaksakan diri harus nabung Rp1 juta sebulan dulu semisal uang sakumu sedikit, ya.

Soalnya, yang terpenting bukanlah seberapa cepat kamu menabung, kok. Hal yang patut kamu syukuri adalah melatih diri untuk terbiasa menabung. Hasilnya akan segera mengikuti selama kamu disiplin.

3. Membuat Alokasi Tabungan

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan 99a8c

Kalau kita berpikir lebih dalam, logikanya tidak mungkin kamu setiap hari mampu menyisihkan uang saku secara utuh. Foto kopi tugas, beli alat tulis, atau jajan di kantin terkadang menjadi kebutuhan yang bisa mengganggu "uang tabunganmu".

Mulailah membuat alokasi tabungan lewat persentase menabung. Contohnya, 50 persen untuk menabung, 30 persen untuk jajan, dan 20 persen untuk transportasi.

Nah, sekarang pembagian alokasi uang sakumu lebih realitis dan tidak memberatkanmu. Alhasil, kamu lebih mudah untuk menabung.

4. Menentukan Instrumen Tabungan

Sekarang sudah ada layanan tabungan khusus pelajar baik lewat bank atau koperasi sekolah. Biar uangmu tersimpan utuh, pilih instrumen tabungan yang paling mudah kamu dapatkan.

Selain instrumen menabung di atas, kamu juga bisa minta bantuan orang tua agar membantumu menyimpan uang tabungan atau bahkan membuat akun tabungan bank atas nama sendiri. Ini juga strategi bagus biar kamu lebih fokus untuk menabung.

5. Kenali Kencerungan Diri

Jaka sudah pernah menulis cara menabung unik untuk pelajar. Sebelum menabung kamu diminta untuk mengenali diri sendiri lewat tes kepribadian BRAIN.

Jaka saran agar kamu mengikuti tes BRAIN online agat semakin mengenali kepribadian dan kecerdasaan untuk menyesuaikan gaya menabung yang sesuai.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara Menabung 1jt Sebulan D98e2

Faktanya, tidak semua pelajar memiliki uang saku Rp1 juta per bulan, maka keinginan untuk menabung jutaan pasti tidak bisa dilakukan.

Agar impianmu bisa terwujud, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dengan tambahan uang dari pekerjaan sampingan bisa menjadi pilihan tepat, nih.

Kamu bisa jualan pernak-pernik atau alat tulis ke teman-teman sekolah biar dapat untung. Namun, kalau kamu kurang suka jualan, waktu liburan kamu bisa digunakan untuk melayani jasa les privat buat anak-anak SD.

7. Bawa Bekal

Memang rasanya pengen banget bisa jajan bareng teman di kantin waktu jam istirahat tiba. Namun, kamu juga harus ingat target menabungmu agar bisa terkumpul Rp1 juta.

Biar bisa makan bareng di kantin, di taman, atau di kelas maka kamu bisa ajak teman-teman untuk bawa bekal ke sekolah. Kamu bisa tetap menabung dan istirahat sambil makan bareng teman sekolah.

8. Bersepeda atau Minta Diantar ke Sekolah

Menabung itu tidak usah gengsi. Kalau kamu bisa pergi ke sekolah naik sepeda, jalan kaki, atau diantar orang tua maka itu bisa jadi kabar bagus.

Kamu bisa lebih berhemat dan tetap bugar karena selalu aktif bergerak. Hasilnya, uang tabunganmu semakin cepat terkumpul. Wah, jadi menang banyak, nih!

9. Membeli Emas

Sekarang ini harga emas sudah menyentuh Rp1 jutaan. Ditambah lagi, setiap tahun harganya cenderung naik.

Itu artinya nilai emas bakal naik meskipun cuma disimpan alias ditabung. Kamu bisa menaikkan level menabung mulai dari uang hingga emas.

Bagi yang masih di bawah umur, kamu bisa minta tolong orang tua untuk meminjamkan identitas mereka supaya kamu bisa menabung emas secara online. Sekarang semua orang bisa menyicil emas dengan harga yang sangat murah, termasuk pelajar.

Jika kamu berhasil mengumpulkan emas sampai bisa dicairkan dalam bentuk batangan, sekarang kamu tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menjual emas.

Niscaya uang Rp1 juta yang tadi kamu kumpulkan untuk beli emas sekarang bisa bertambah!

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah bisa mengikuti cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah dengan berbagai cara. Kamu juga bisa semakin menambah uang tabungan dan investasi emasmu lewat kerja sambilan, nih.

Yuk, kasih tahu juga teman-teman sekolahmu biar bisa menabung uang Rp1 juta dan berlatih investasi mulai sekarang dengan share artikel Jaka ini!

Selamat menabung dan belajar investasi!

Baca juga artikel Investasi lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Tips Menabung Untuk Pelajar 82f03
11 Tips Menabung untuk Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK | Cepat Terkumpul Banyak
Cara Menabung Unik 16238
7 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat untuk Pelajar | Di Rumah Juga Harus Rajin!
Perbedaan Saham Biasa Dan Saham Preferen 0d922
4 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Mana yang Lebih Menguntungkan?
Perbedaan Reksadana Dan Saham D3ff0
6 Perbedaan Reksa Dana dan Saham yang Harus Investor Ketahui
Banner1 6bdb1
Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya
Obligasi Ritel Indonesia 35bb8
Obligasi Ritel Indonesia (ORI): Pengertian, Keuntungan, Risiko, dan Cara Membelinya
Mengenal Dividen Dan Jenis Jenis Dividen F07f4
Mengenal Dividen dalam Akuntansi dan Jenis-jenis Dividen Terlengkap
Cara Investasi Emas Di Pegadaian Feb5a
Cara Menabung Emas di Pegadaian Paling Lengkap, Begini Penjelasannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal