DApps: Definisi, Fungsi, dan Contoh, Aplikasi Berbasis Blockchain!

Default

Decentralized Applications (DApps) adalah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan sistem blockchain ketika melakukan transaksi aset cryptocurrency.

Aplikasi ini memiliki jaringan dua arah atau peer-to-peer (P2P) untuk melakukan transaksilangsung. Transaksi ini bisa dilakukan karena blockchain menyimpan data di banyak nodes yang berfungsi sebagai verifikator.

Kehadiran DApps dalam investasi crypto memang sangat penting karena aplikasi ini dapat menentukan tingkat keamanan transaksi yang terjadi dalam sistem blockchain.

Nah, jika kamu mau tahu lebih banyak soal DApps, langsung saja simak penjelasan lengkap mengenai definisi, fungsi, dan contoh DApps seperti yang sudah Jaka uraikan di bawah ini!

Apa Itu DApps?

Decentralized Applications 938a7

Decentralized Applications atau disingkat DApps adalah aplikasi digital yang digunakan untuk bertransaksi dalam sistem blockchain. Sistem inilah yang membedakan DApps dengan aplikasi pada umumnya.

DApps bersifat peer-to-peer (P2P) dan tidak memiliki middleman atau intermediary sehingga pengguna bisa melakukan transaksi aset cryptocurrency secara langsung tanpa perantara terpusat.

Transaksi P2P pada DApps bisa terjadi karena karakter utama dari teknologi blockchain, yakni menyimpan data di banyak nodes, block producers, atau miners yang juga berfungsi sebagai verifikator.

Sebenarnya, DApps bisa dibilang cukup mirip seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya. Bedanya, DApps hanya bisa berfungsi pada jaringan blockchain atau peer-to-peer.

Contohnya, aplikasi biasa seperti Facebook dijalankan pada sistem komputer yang dimiliki dan dioperasikan oleh suatu perusahaan. Perusahaan ini memiliki kendali untuk mengutak-atik bisnisnya pada aplikasi tersebut.

Di sini, perusahaan berperan sebagai pihak ketiga, sementara pengguna dari aplikasi tersebut berperan sebagai konsumen yang menggunakan aplikasi. Tapi, sistem backend tetap dikelola oleh pihak perusahaan.

Sementara DApps bersifat sebaliknya. Aplikasi DApps bersifat gratis untuk diunduh namun dengan sistem backend yang bebas dari campur tangan atau intervensi pihak ketiga karena adanya sistem P2P.

Meski begitu, pengguna harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan DApps. Tapi, biaya DApps dibebankan kepada pengguna hanya saat melakukan transaski aset kripto.

Secara garis besar, dalam konteks aset kripto, DApps berjalan di jaringan blockchain, bersifat open source, terdesentralisasi, dan bebas dari kendali maupun campur tangan otoritas tunggal.

Fungsi Decentralized Applications (DApps)

Dapps 868c6

Decentralized Applications memiliki kode backend, yakni smart contract yang berjalan menggunakan jaringan terdesentralisasi seperti blockchain Ethereum yang menyimpan data dan smart contract untuk membuat aplikasi.

Smart contract adalah istilah yang digunakan oleh blockchain Ethereum untuk kontrak yang berjalan otomatis ketika persyaratan dan perjanjian antara pembeli dengan penjual terpenuhi.

Smart contract yang dipakai Ethereum pada DApps juga berfungsi agar transaksi hanya dapat dilakukan ketika memenuhi kondisi tertentu untuk menghindari kemungkinan kecurangan dalam jaringan.

Kode smart contract bersifat open source dan bisa dimanfaatkan untuk membuat proyek lain dalam blockchain, salah satunya adalah membuat aplikasi terdesentralisasi atau cara membuat DApps.

Smart contract dalam DApps ditulis secara langsung ke dalam baris kode dan dikembangkan oleh developer. Fitur yang dimiliki kode ini juga membuat transaksi dapat dilacak dan tidak bisa diubah.

Sementara untuk menjalankan DApps melalui aplikasi browser, pengguna harus menginstall extension browser untuk memudahkan browser dalam berinteraksi dengan blockchain dan mengelola identitas pengguna.

Contoh Decentralized Applications

Jika kamu berencana untuk menggunakan DApps atau mempelajari teknologi terbaru ini, berikut Jaka berikan rekomendasi contoh DApps terbaik yang dapat mendominasi masa depan aplikasi terdesentralisasi!

1. Uniswap

Uniswap 7cea2

Didirikan pada 2018, Uniswap menawarkan pertukaran Ethereum (CCC: ETH-USD) dan token mata uang digital ERC-20 lainnya. Uniswap DApps juga menawarkan fitur pool yang bisa menghasilkan token untuk pengguna.

Keunggulan Uniswap lainnya adalah biaya pertukaran yang rendah dan mencakup berbagai jenis token. Ada juga ketersediaan kustodian mandiri dengan penyimpanan besar dan keamanan yang terjaga.

2. MakerDAO

MakerDAO E79bf

MakerDAO mengembangkan teknologi untuk meminjam dan membeli cryptocurrency secara stabil di blockchan Ethereum. DApps ini memiliki mata uang dalam bentuk stablecoin yang disebut DAI.

DAI MakerDAO memiliki nilai tukar tetap terhadap dollar AS. Sifar DAI ini berfungsi untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan bukan berarti MakerDAO terikat dengan pemerintahan Amerika Serikat.

3. PancakeSwap

Pancakeswap Adalah 97501

Selanjutnya ada PancakeSwap yang merupakan pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkanmu untuk melakukan pertukaran mata uang kripto dan token tanpa adanya perantara terpusat.

Sebenarnya, PancakeSwap mirip seperti Uniswap. Bedanya, PancakeSwap dijalankan pada jaringan Binance Smart Chain (BSC) yang dibangun oleh Binance untuk bersaing dengan Ethereum.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai Decentralized Applications atau DApps yang mulai ramai diperbincangkan saat ini. Teknologi ini relatif baru dalam perkembangan blockchain dan mata uang kripto.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Aplikasi Crypto 3d289
10+ Aplikasi Crypto Indonesia Terbaik untuk Pemula, Berizin BAPPEBTI!
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK 1.2.5, Hasilkan Uang dengan Merawat Peliharaan Virtual!
Island King Mod Apk D6f56
Island King v3.3.0 MOD APK Terbaru, Unlimited Money & Lucky Spin!
Pjimage 2021 08 31t095914 054 5a1e3
Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Lengkap dengan X8 Speeder!
Download Higgs Domino Mod Apk Terbaru 62079 8db04
Download Higgs Domino MOD APK v1.76 Terbaru 2021, Unlimited Money & Coin!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal