Cara Membut Ukuran Header YouTube yang Benar + Banner YouTube Gratis

Ditulis oleh Jaka - Senin, 18 Mei 2020, 10:00
Buat kamu yang bingung ukuran header atau banner Youtube yang benar, temukan jawabannya di sini! Ada contoh banner Youtube gratis buatmu, loh!

Buat kamu yang hobi banget menggunakan YouTube, entah hanya sekadar menonton video atau bahkan punya channel tersendiri di sana, pasti kamu familiar dengan yang namanya header atau banner YouTube.

Keberadaan header channel YouTube ini sangatlah penting untuk mempercantik desain channel seseorang. Ibarat kata, semakin cantik desainnya, semakin betah pula orang lain mampir ke channel tersebut.

Nah, banyak yang tanya ke Jaka, sebenarnya berapa sih ukuran banner YouTube yang benar? Terus cara bikinnya gimana biar nggak kepotong? Tenang aja, Jaka bakal bagikan panduan ukuran banner YouTube yang benar beserta cara membuatnya.

Pedoman Ukuran & Template Banner YouTube

Sumber foto: Google Support

Pertama-tama, kita harus memahami betul bahwa YouTube memiliki pengaturannya tersendiri, termasuk soal ukuran header/banner channel.

Penting dicatat bahwa ukuran YouTube banner bakal berbeda-beda, tergantung kamu membukanya di layar desktop, TV, ataupun lewat HP. Dengan kata lain, bisa jadi bannermu bakal terlihat full di TV tapi bakal ke-crop di HP ataupun desktop.

Maka dari itu, silakan disimak baik-baik pedoman ukuran banner YouTube yang disarikan langsung dari Google Support!

ADVERTISEMENT

1. YouTube menyarankan untuk mengupload satu gambar berukuran 2560 x 1440 piksel, di mana dimensi minimum upload adalah 2048 x 1152 piksel.

2. Area minimum yang aman untuk teks dan logo: 1546 x 423 piksel. Artinya, jika kamu ingin tulisan atau logomu terlihat, usahakan keduanya berada di "area aman" ini. Kalau tidak, gambarmu pasti terpotong pada tampilan atau perangkat tertentu.

3. Lebar maksimum adalah 2560 x 423 piksel. Dengan lebar ini, "area aman" akan selalu terlihat, berapa pun ukuran layarnya.

4. Disarankan ukuran file yang diunggah maksimal 6 MB. Jika lebih besar dari itu, maka YouTube tidak akan menerim file mu.

Itulah tadi panduan ukuran banner YouTube (YT) yang bisa kamu jadikan acuan untuk membuat desain terbaik bagi channelmu.

Untuk cara membuatnya, kamu bisa menggunakan deretan rekomendasi software edit foto PC gratis terbaik yang sudah Jaka bikin di sini.

Kamu juga bisa menggunakan sederet aplikasi desain grafis terbaik, apalagi jika kamu menginginkan banner Youtube yang bagus dan maksimal.

Cara Menambah atau Mengubah Banner YouTube

Sumber foto: Wyzowl

Setelah kamu mengetahui dan memahami ukuran gambar banner YouTube dan membuatnya lewat software atau aplikasi editing terbaik, kamu harus tahu cara menambah atau mengubah header/banner channel YouTube mu.

Ingat! Cara ini hanya bisa dilakukan di desktop PC atau laptop aja ya, geng. Daripada penasaran, berikut langkah-langkahnya!

Langkah - 1: Di PC ataupun Laptop, silakan login ke channel YouTube mu.

Langkah - 2: Pada menu di kanan atas, pilih Channel Saya/My Channel.

Langkah - 3: Habis itu, klik Customize Channel.

Setelah itu, bagi yang ingin menambah banner YouTube baru, klik Add Channel Art, posisinya ada di dekat bagian layar atas YouTube.

Sementara itu, bagi yang ingin mengubah banner Youtube, arahkan kursor ke banner yang ada dan klik Edit > Edit Channel Art.

Langkah - 4: Silakan upload gambar atau foto dari komputer. Kamu juga bisa mengeklik tab Galeri untuk memilih gambar dari YouTube Photo Gallery.

Langkah - 5: Nantinya kamu bakal melihat pratinjau/preview tampilan header tersebut di berbagai perangkat. Untuk membuat perubahan, pilih Sesuaikan cropping.

Setelah kamu anggap cukup, klik Pilih. Selesai! Itulah tadi cara menambah atau mengubah gambar banner YouTube sesuai ukuran. Gampang banget, bukan?

BONUS! Banner YouTube Gratis

Buat kamu yang sedang mencari template banner YouTube gratis, di sinilah tempatnya! Jaka bakal memberi contoh header channel YouTube yang keren dan pastinya bisa kamu coba dengan bebas.

Banner YouTube Polos

Pertama, Jaka bakal berikan contoh background banner YouTube no text alias polos. Keren banget buat dijadikan inspirasi channelmu, geng! Berikut daftarnya!

1. Banner Polos dengan Siluet Biru

2. Banner Polos dengan Siluet Merah

3. Banner Polos dengan Siluet Merah

4. Banner Polos Warna Biru

5. Banner Polos dengan Siluet Biru

6. Banner Polos dengan Siluet Biru dan Hijau

7. Banner Polos Warna Pink Tua

8. Banner YouTube Warna Pink

9. Banner Polos Warna Ungu

10. Banner Polos Warna Pink

Banner YouTube Keren

Selanjutnya, Jaka bakal bagikan kepada kamu contoh banner YouTube keren yang cocok buat channelmu. Ini dia daftarnya!

1. Banner dengan Simbol

2. Banner dengan Background Militer

3. Banner dengan Lambang Infinity

4. Banner Futuristik

5. Banner Futuristik

Banner YouTube Gaming

Buat para gamers, kamu wajib mengunggah banner YouTube gaming yang keren dan terbaik ini. Berikut daftarnya!

1. Banner Game Favorit

2. Banner Game Action

3. Banner Gaming Channel

4. Banner Gaming Channel

5. Banner Game Favorit

Banner YouTube Anime

Buat kamu yang gemar nonton aneka anime, kamu bisa mencoba mengunggah contoh banner YouTube gratis anime di bawah ini. Berikut daftarnya!

1. Banner Anime Terfavorit

2. Banner Anime Terfavorit

3. Banner Anime Terfavorit

4. Banner Anime Terfavorit

5. Banner Kyoukai Eternity

Selain lewat banner untuk YouTube di atas, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi gambar dari kumpulan wallpaper HD keren yang Jaka kumpulkan di artikel ini. Dijamin bagus-bagus dan anti buram geng!

Akhir Kata

Itulah tadi panduan ukuran banner YouTube beserta cara-cara teknisnya yang harus kamu ketahui. Gampang banget, bukan?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!

Cara Konversi Video Menggunakan VLC

Cara Mudah Hapus Background Foto Kamu di Android

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sedang Mencuri WiFi Kamu

Cara Mengetahui IP Router Bermodal Command Prompt (CMD)

Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola

undefined
Kembali Keatas