5 Tips Memilih Smartphone Kelas Menengah Murah dan Berkualitas

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 28 September 2017, 10:00
kita memang tidak kekurangan pilihan saat ingin mengganti smartphone baru di kelas menengah. Namun nggak sedikit orang yang menyesal karena termakan iklan alias salah beli. Makanya simak sampai tuntas tips memilih smartphone murah berkualit

Saat ini kita memang tidak kekurangan pilihan saat ingin mengganti smartphone baru di kelas menengah. Namun nggak sedikit orang yang menyesal karena termakan iklan alias salah beli.

Makanya simak sampai tuntas tips memilih smartphone murah berkualitas berikut. Pasalnya, memang ada beberapa smartphone kelas menengah yang dibanderol over price. Kecuali fitur unggulan smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu sih nggak masalah, tapi kalau tidak sesuai?

BACA JUGA
  • 10 Tips Membeli Smartphone Android Terbaik untuk Gaming
  • 8 Tips Membeli Smartphone untuk Nge-Vlog, No. 6 Butuh Perhatian Lebih!
  • 11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas di Tahun 2022, Anti Kena Tipu!

Tips Memilih Smartphone Kelas Menengah Murah dan Berkualitas

1. Chipset - Bagian Inti dari Smartphone

Kalau Jaka bilang performa smartphone telah mengalahkan komputer, kamu setuju nggak? Ya, banyak tugas-tugas yang bisa dilakukan lewat komputer kini juga bisa dikerjakan di smartphone.

Makanya bagian inti smartphone yakni chipset, harus menjadi perhatian utama. Jaka merekomendasikan, pilih smartphone yang sudah menggunakan seri Snapdragon 625 atau Snapdragon 650.

Seri Snapdragon 430 atau Snapdragon 450, sebenarnya juga cukup mumpuni untuk kebutuhan normal sehari-hari. Namun, Snapdragon seri 600 jauh lebih mumpuni untuk menangani tugas-tugas berat.

2. RAM - Lebih Besar Lebih Nyaman

Jika chipset yang digunakan sudah Snapdragon seri 600, Jaka rasa besaran RAM minimal saat ini adalah 3 GB. Syukur-syukur 4 GB, yang penting jangan 2 GB apalagi 1 GB.

Ya, RAM lebih besar lebih baik. Membuka atau berpindah lebih mulus di smartphone RAM besar, lebih nyaman deh digunakan.

3. Layar - Resolusi 1080p Wajib

Kalau ukuran layar itu terserah selera kamu ya, 5 inci, 5.2 inci, 5.5 inci, 6 inci, atau lebih. Namun, resolusi layar yang digunakan setidaknya harus 1080p.

ADVERTISEMENT

1080p atau full HD adalah resolusi layar paling ideal saat ini. Lebih hemat baterai dan sudah cukup kok untuk memanjakan mata, baik saat nonton film ataupun bermain game.

4. Kamera - Fitur Harus Lengkap

Sebenarnya kualitas kamera smartphone di kelas menengah sudah cukup mumpuni dalam kondisi cahaya ideal, fiturnya juga cukup lengkap. Sekarang juga sudah banyak, smartphone kelas menengah yang dilengkapi dengan teknologi dual camera.

Oh iya, buat kamu yang suka merekam video untuk YouTube. Cari yang sudah mendukung fitur OIS ya dan mampu merekam video 4K.

5. Desain yang Berbeda

Desain smartphone zaman sekarang sebenarnya mirip-mirip, bodi metal, lapisan layar 2.5D yang cukup kece. Itu masalah selera sih, tapi kalau kamu tengok desain Motorola punya ciri khas tersendiri. Selain itu, makin banyak pula smartphone kelas menengah dengan desain bezel-less.

Akhir Kata

Nah itulah tips memilih smartphone murah berkualitas kelas menengah. Kamu punya tips lain, bagikan di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

8 Istilah Teknologi Ini Ternyata Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia Lho!

5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari

5 YouTuber Indonesia yang Paling Dibenci, Ceban Dulu ya!

Biar SUKSES! 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai di Era Digital

10 Meme Tentang iPhone X yang Harganya Kebangetan Mahal, Kocak Njir!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas