Tips Memantau Penggunaan Android Seperti Pengguna Expert

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 08 November 2015, 08:30
Tahukah kamu, ada beberapa hal di Android yang hanya diketahui oleh para pengguna Android yang sudah ahli. Ini dia tips untuk memantau penggunaan Android seperti pengguna expert.

Menggunakan Android memang gak ada habisnya, selalu ada hal baru dan seru. Makanya Jaka selalu mencoba untuk memberikan kamu tips-tips yang bisa membuat kamu semakin ahli dengan perangkat Android kamu. Tapi tahukah kamu, ada beberapa hal di Android yang hanya diketahui oleh para pengguna Android yang sudah ahli. Ini dia tips untuk memantau penggunaan Android seperti pengguna expert.

BACA JUGA
  • AWAS! Kamu Dan 1,4 Milyar Pengguna Android Di Dunia Terancam Bahaya VIRUS Stagefright
  • 10 Aplikasi Terbaik untuk Menghemat Penggunaan Baterai di HP Android Kamu
  • 5 Game Wajib bin Ajib untuk Kamu Pengguna Android Low-end

Menjadi ahli atau masih pengguna baru Android bukanlah masalah. Yang penting kamu tahu cara menggunakan Android kamu untuk mendukung keseharian. Tapi jika kamu mau, hal-hal ini bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penggunaan Android kamu.

3 Hal Yang Biasa Dilakukan Pengguna Expert Android

1. Monitor proses yang terjadi di Android

Buat kamu yang menyimak perkembangan Android, kamu pasti familiar dengan fitur terbaru RAM Manager yang dibawa oleh Android 6.0 Marshmallow. Sebenarnya kamu bisa loh menikmati fitur itu sekarang. Mungkin bagi pengguna baru, hal ini tidak diketahui. Tapi bagi pengguna expert, pasti sering menggunakannya untuk memantau penggunaan RAM di perangkat Androidnya.

Caranya, kamu masuk ke menu Settings - Developer Option. Jika belum mengaktifkan Developer Option, silakan baca cara memunculkan Developer Option di Android.

Di Developer Option, lalu pilih Process Stats. Di sini kamu bisa memantau seberapa lama proses berjalan, berapa banyak RAM yang dikonsumsi dan bagaimana performa dari proses yang kamu jalankan. Sudah pernah tahu hal ini belum?

2. Menggunakan kode rahasia

Jika kamu adalah pengguna expert Android, kamu pasti familiar dengan beberapa kode rahasia yang bisa diakses dari Android kamu. Bagi pengguna baru, kamu mungkin hanya familiar dengan kode /*#06# yang digunakan untuk mengakses kode IMEI Android kamu. Tapi, apa kamu tahu bahwa kamu bisa mengakses kode lain untuk menampilkan informasi telepon, baterai, statistik penggunaan, dan juga informasi WiFi? Kamu juga bisa menghilangkan menu yang keluar setiap akan mematikan Android kamu loh.

Berikut ini beberapa kode yang biasa Jaka gunakan:

Beberapa kode memang tergantung pada tipe Android yang kamu gunakan. Apa kamu ada kode rahasia lain yang biasa kamu gunakan di Android kamu?

3. Monitor performa secara realtime

Selain memonitor proses dan memahami kode rahasia yang ada di Android, para expert Android juga menggunakan aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk memantau apa saja yang dilakukan perangkat Androidnya secara realtime. Meski menggunakan aplikasi, namun aplikasi-aplikasi ini bagi para pengguna baru pasti menganggapnya tidak penting.

Kamu bisa memantau kecepatan download dan upload dari jaringan yang kamu gunakan dengan Network Monitor Mini atau memantau penggunaan ruang penyimpanan Android kamu dengan DiskUsage. Dengan memantau performa Android kamu secara realtime, maka kamu akan tahu bagaimana cara agar Android kamu tetap dalam kondisi terbaik untuk digunakan.

DiskUsage 3.5.3
Apps Productivity Ivan Volosyuk.
DOWNLOAD

Dari tiga hal tadi, adakah yang pernah kamu lakukan? Jika kamu selalu melakukan ketiga hal tersebut di atas, berarti kamu adalah pengguna expert Android. Selamat!

ARTIKEL TERKAIT

Biar Banyak yang Like di Instagram, Coba 7 Cara Ampuh Ini

3 Cara Ini Terbukti Membuat Kamu Menang di Duel Otak

10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!

APPS TERKAIT
DiskUsage 3.5.3
Apps Ivan Volosyuk.
CPU-Z for Android
Apps CPUID
App Monitor Performance Tool 2.1.2
Apps M2Catalyst, LLC.
Wise System Monitor 1.39
Apps WiseCleaner.com
undefined
Kembali Keatas