7 Teknologi Canggih yang Paling Ditunggu di 2019, Mobil Esemka Kapan?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 28 April 2019, 20:00
Teknologi apa saja yang bakal muncul selanjutnya di tahun 2019 ini?

Setiap tahun, selalu ada saja teknologi-teknologi baru yang muncul dan menarik perhatian. Ada yang diburu banyak orang, ada yang masuk ke dalam daftar barang gagal.

Begitu pula di tahun 2019 ini. Malah, bisa dibilang tahun ini merupakan tahun kelahiran banyak teknologi-teknologi yang diramalkan akan menjadi tren di masa depan.

Lantas, apa saja teknologi terbaru yang akan muncul yang akan muncul di tahun 2019? Apakah mobil Esemka yang telah lama dijanjikan Jokowi menjadi salah satunya?

Teknologi Canggih yang Paling Ditunggu di 2019

Sayangnya, nampaknya mobil Esemka masih menjadi angan-angan semata di tahun ini, walaupun salah satu tokoh mengatakan mobil ini akan diproduksi pada bulan Oktober tahun kemarin.

Nampaknya, Esemka kembali menjadi sekadar wacana sejak diperkenalkan oleh presiden Jokowi ketika beliau masih menjadi walikota Solo.

Alasannya, belum ada tanda-tanda yang membuktikan bahwa mobil nasional ini akan segera diproduksi secara massal.

Daripada menantikan benda yang belum pasti, mending kamu bersiap-siap untuk menerima kedatangan teknologi terbaru yang ada di daftar ini.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari berbagai sumber, inilah teknologi canggih yang paling ditunggu di 2019!

1. Smartphone yang Bisa Dilipat

Sumber foto: Android Central

Awal tahun 2019 ditandai dengan kemunculan inovasi smartphone terbaru, yakni smartphone lipat.

Royole menjadi perusahaan pertama yang berhasil memproduksinya, walaupun banyak yang mengeluhkan betapa buruknya kualitas yang dimilikinya.

Setelah itu, produsen lain seperti Samsung dan Huawei juga merilis smartphone lipatnya masing-masing, meskipun Samsung sempat terkena isu kerusakan layar kemarin.

Produsen-produsen lain pun nampaknya segera menyusul, sehingga smartphone lipat nampaknya akan menjadi tren tidak lama lagi.

2. Smart TV Lipat

Sumber foto: LG

Ketika Jaka melakukan survei kecil-kecilan di Instagram, banyak followers JalanTikus yang mengaku sudah jarang melihat televisi.

Walaupun begitu, ternyata televisi tetap mengalami perkembangan dan dikenal dengan sebutan Smart TV.

Salah satu yang mencuri perhatian publik adalah LG Signature OLED TV R9. TV ini memiliki lebar 65 inci dengan kualitas layar 4K.

Tapi bukan itu yang paling menarik dari TV ini, melainkan karena TV ini bisa naik turun dengan canggih!

Ketika kita tidak sedang ingin menonton TV, kamu bisa menurunkan TV-mu agar ruangan terlihat lebih luas.

Tentu kita berharap akan ada Smart TV yang lebih canggih lagi di 2019 ini.

3. AI Assistant Seperti Jarvis

Sumber foto: PCMag.com

Kalau kamu adalah penggemar Iron Man, tentu kamu pernah berandai-andai memiliki asisten AI yang cerdas seperti Jarvis.

Teknologi itu, walaupun belum secanggih Jarvis, sudah ada di tahun 2019 ini. Bahkan, sudah ada di smartphone kita.

Contohnya adalah Google Assistant, Siri, hingga Alexa-nya Amazon. Tapi, kita ingin asisten AI yang bisa kita panggil tanpa perlu mengambil smartphone kita, bukan?

Tenang, kamu bisa memiliki Smart Speaker yang diluncurkan oleh beberapa perusahaan seperti Google, Apple, dan Amazon.

Asisten AI tersebut bisa memutarkan kita musik, memberitahu cuaca hari ini, membacakan berita, dan hal-hal canggih lainnya.

Tentu saja di tahun ini keberadaan asisten AI diharapkan semakin bisa meluas dan semakin pandai seperti Jarvis.

Teknologi Baru Lainnya . . .

4. Internet of Things

Sumber foto: IT Pro

Mungkin kamu sudah mendengar yang namanya Internet of Things (IoT). Sebenarnya, apa itu IoT?

Secara singkat, IoT adalah sebuah konsep di mana banyak perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan lain-lain terhubung dengan internet dan mampu melakukan pertukaran data.

Pada tahun 2017, terdapat 8.4 miliar perangkat IoT, dan nampaknya tahun ini jumlah tersebut akan bertambah.

Dengan adanya IoT ini, hidup kita akan semakin dimudahkan karena kita akan merasa memiliki asisten pribadi di manapun kita berada.

5. Blockchain

Sumber foto: freeCodeCamp - Medium

Jika mendengar kata Blockchain, mungkin yang ada di pikiran kita adalah Bitcoin. Tapi, sesungguhnya Blockchain lebih dari itu.

Intinya, Blockchain adalah sebuah sistem yang memanfaatkan jaringan komputer untuk menyimpan transaksi digital yang kita lakukan.

Sistem ini jauh lebih aman karena data kita akan disimpan di banyak komputer yang tersebar di jaringan, sehingga para hacker akan kesusahan untuk membobolnya.

Di tahun 2019 ini, kita boleh berharap akan muncul makin banyak sistem yang mengimplementasikan konsep Blockchain selain untuk mata uang digital.

6. Motor Elektrik Harley Davidson

Pabrikan Harley Davidson tidak sangka-sangka bakal serius menggarap motor listrik.

Saat pabrikan asal AS itu mengumumkan sedang membuat konsep motor elektrik, banyak yang mengira itu adalah gimmick saja.

Nyatanya, pada Agustus 2019 ini, moge elektrik Harley Davidson yang akan dinamai LiveWire bakal mulai dijual di Amerika Serikat.

Dibanderol dengan harga 29.799 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp430 jutaan, motor ini meninggalkan suara menggelegarnya dari mesin V-Twin yang panas.

CEO Harley Davidson Matt Levatich mengatakan, LiveWire tidak memiliki kopling dengan mekanikal rumit. Selain itu hawa panas mesin juga hilang.

Hal itu semua dimaksudkan untuk memudahkan para pengendaranya dalam berkendara.

Harley Davidson LiveWire mengklaim, akselerasi 0-100 km/jam bisa diselesaikan dalam 3 detik saja.

Dari sisi pengisian daya, jika mengisi daya di stasiun pengisian publik DC level 3 (Amerika Serikat), dalam satu jam saja baterai terisi penuh. Sedangkan, untuk ukuran daya standar perumahan, butuh waktu semalaman.

Adapun dalam satu kali pengisian daya, jarak tempuh mencapai 225 km (dalam kota) dan 142 km (Kombinasi).

Kalau kamu pecinta moge pasti tertarik dengan inovasi terbaru dari Harley Davidson ini kan?

7. 5G

Awal tahun 2019 ini, perbincangan mengenai teknologi 5G tidak ada habisnya. Mulai dari kontroversi 5G yang dianggap berbahaya, sampai kasus 5G palsu.

Dibalik perdebatannya, nyaris semua pengamat dan pecinta teknologi di seluruh dunia sangat menantikan kehadiran 5G di tengah masyarakat karena dianggap akan membawa banyak manfaat.

Beberapa HP 5G juga sudah bisa kita beli saat ini, meskipun secara penggunaan, kecepatan teknologi 5G belum bisa dirasakan di seluruh wilayah (termasuk Indonesia).

Menurut para pengamat teknologi, 5G diperkirakan akan hadir pada akhir tahun 2019 ini dan mulai bisa dinikmati di tahun 2020 secara lebih merata dan stabil.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa teknologi canggih yang paling ditunggu di tahun 2019 ini. Ada yang masih dikerjakan, ada juga yang sudah ada tapi mengalami penyempurnaan produk.

Kalau kamu mana yang paling kamu tunggu? Jangan lupa isi kolom komentar di bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT

5 Inovasi Teknologi Super Keren di Restoran Cepat Saji

Kembali Keatas