Cara Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks di Smartphone Android

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 08 Desember 2015, 14:00
Inilah 3 Cara Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks dengan Aplikasi Android. Tips ini berguna banget buat kamu yang sering ngerjain tugas sekolah atau kuliah.

Beberapa waktu lalu, Jaka pernah bikin artikel tentang Cara Gampang Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks di Komputer. Trik ini sangat berguna buat kamu yang masih kuliah atau sekolah, terutama dalam mengerjakan tugas atau skripsi. Nah, ternyata kamu bisa melakukan hal ini juga di HP Android. Inilah 3 Cara Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks dengan Aplikasi Android.

BACA JUGA
  • Cara Gampang Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks di Komputer
  • 3 Cara Scan Barcode & QR Code di HP Android, Bisa Tanpa Aplikasi!
  • Cara Mengambil Foto Diam-Diam Tanpa Membuka Aplikasi Kamera di HP Android

Ada beberapa aplikasi Android yang dapat kamu gunakan untuk melakukan copy-paste tulisan yang ada di buku menjadi teks. Cara ini tentu akan mempermudah kamu dalam mengerjakan berbagai tugas penting. Metode yang digunakan adalah OCR (Optical Character Recognition), yang mampu mengenali tulisan pada sebuah gambar dan mengubahnya menjadi karakter teks digital. Tapi ingat, syarat utama scan OCR adalah kejelasan dan ketajaman foto harus bagus agar prosesnya lebih mudah. Berikut ini adalah 3 aplikasi HP Android terbaik untuk melakukan OCR.

3 Cara Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks dengan Aplikasi Android

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan sebuah layanan cloud service dari Google. Selain dapat digunakan untuk menyimpan data, Google Drive juga memiliki fungsi lain, loh! Yaitu melakukan scan OCR untuk mengkonversi tulisan pada gambar menjadi teks yang bisa kamu edit. Kalau di HP Android kamu belum ada Google Drive, silakan download aplikasinya di sini.

Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Office & Business Tools Google
DOWNLOAD

Kamu bisa mengetahui cara menggunakan Google Drive sebagai aplikasi OCR scanner, silakan baca artikel berikut ini: Cara Menyalin Buku Tulis Menjadi Dokumen Microsoft Word Secara Otomatis.

2. Menggunakan Microsoft Office Lens

Nggak cuma Google, Microsoft juga punya aplikasi keren bernama Microsoft Office Lens. Aplikasi ini bisa mengubah foto berisi tulisan apa pun menjadi dokumen PDF, Word, bahkan PowerPoint. Uniknya, kamu nggak perlu memotret tulisan dari depan. Memotret dari samping atau miring pun akan tetap terbaca. Download aja aplikasinya di sini.

Office Lens 16.0.7904.3001
Apps Office & Business Tools Microsoft Corporation
DOWNLOAD

Kamu bisa baca penjelasan mengenai Microsoft Office Lens lewat artikel berikut ini: Microsoft Office Lens, Foto dan Scanning Langsung di Android.

3. Menggunakan Text Fairy

Ada lagi nih satu aplikasi keren yang bisa mengubah foto jadi teks. Namanya Text Fairy. Cara kerjanya sama dengan aplikasi lain di atas. Yaitu mengubah tulisan hasil foto atau scanning menjadi karakter teks digital. Uniknya, lagi teks yang sudah kamu scan bisa juga diubah menjadi suara. Kamu bisa download aplikasinya di sini.

Text Fairy (OCR Text Scanner) 2.0.7
Apps Productivity Renard Wellnitz
DOWNLOAD

Kalau mau tahu cara penggunaannya, lihat aja video berikut ini:

ADVERTISEMENT

Itulah 3 Cara Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks dengan Aplikasi Android. Kalau kamu mau melakukan hal tersebut di komputer juga bisa, kok! Tinggal baca aja artikel berikut: Cara Gampang Copy-Paste Isi Buku Cetak Jadi Teks di Komputer. Kalau kamu punya info seputar OCR atau aplikasi Android keren lainnya, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Gitar Pertama di Dunia yang Terbuat Dari Kardus!

VIDEO: Inilah Aksi Kocak dan Keren SAITAMA di GTA 5 MOD One Punch Man!

SERU! Inilah Cara Bikin Game Keren Sendiri di HP Android Kamu!

Fitur Baru Chrome Ini Membuat Kamu Bisa Browsing 5 Jam Hanya dengan Kuota 5 MB

15 Aplikasi Unik Android yang Wajib Kamu Coba di Tahun 2018

APPS TERKAIT
Office Lens 16.0.7904.3001
Apps Microsoft Corporation
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Google
Google Keep 3.4.491.02.40
Apps Google
undefined
Kembali Keatas