Gak Nyangka! Ternyata Iklan Bisa Sedot Kuota Kamu Hingga 80%

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 11 October 2016, 12:00
Ternyata iklan juga terbukti dapat menyedot kuota internet secara signifikan lho. Ikuti artikel ini hingga selesai untuk mengetahui seberapa signifikannya iklan dapat menyita kuota kamu dan bagaimana tips untuk menanggulanginya.

Iklan yang berseliweran di segala penjuru internet memang cukup menyebalkan. Selain menurunkan sensasi dalam menikmati konten di dunia maya, iklan yang terlalu masif juga dapat merusak segi estetika dari layout sebuah website.

Tapi tidak hanya faktor itu saja lho yang membuat iklan menjadi musuh bagi sebagian orang di internet. Ternyata iklan juga terbukti dapat menyedot kuota internet secara signifikan. makanya, baca terus artikel ini hingga selesai untuk mengetahui seberapa signifikannya iklan dapat menyita kuota kamu dan bagaimana tips untuk menanggulanginya.

BACA JUGA

    Iklan Dapat Menyedot Kuota Internet Hingga 79%

    Sebuah analisa yang dilakukan oleh Enders Analyisis mengklaim bahwa iklan yang selama ini bertengger pada situs-situs berita memiliki dampak yang cukup besar terhadap terkurasnya kuota internet dari pengguna.

    Mereka melakukan eksperimen skala kecil dengan menguji delapan website berita populer menggunakan browser yang menirukan browser dari iPhone 6. Penelitian tersebut mencoba mengkomparasi loading sebuah website ketika tanpa Ad-Blocker, dengan Ad-Blocker, dan dengan Ad-Blocker berikut JavaScript yang dimatikan.

    Hasil komparasi dan eksperimen tersebut menghasilkan statistik berikut ini:

    Dapat kita lihat bersama bahwa website dengan muatan iklan akan membuat waktu load dari situs tersebut menjadi lebih lama dan juga membutuhkan kuota yang lebih besar. Perkiraannya mencapai 18% hingga 79% lebih besar, dibandingkan dengan ketika website di-load saat Ad-Blocker menyala. Jadi kini kamu sudah tau kan kemana kuota kamu tersebut terbuang?

    Tidak Hanya Website, Game Ber-iklan Juga Menyita Kuota yang Tidak Sedikit

    Sebuah perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Israel yaitu Shine juga memiliki pernyataan yang tidak jauh berbeda dengan Enders Analysis. Mereka bahkan melakukan ujicoba penggunaan kuota terhadap sebuah game yang di dalamnya menampilkan iklan.

    Hasilnya pun di luar dugaan. Selama dijalankannya game tersebut, game dapat menyerap hingga 5MB data hanya untuk perihal iklan. Ketika iklan itu dihentikan menggunakan Ad-Blocker, maka diketahui bahwa game tersebut bahkan hanya memerlukan 50KB saja untuk berkomunikasi antara aplikasi dengan server.

    Shine menilai bahwa penghematan data internet merupakan hal yang penting mengingat berdampak kepada dua sisi, baik itu kepada sisi pengguna maupun sisi penyedia sarana telekomunikasi.

    ADVERTISEMENT

    Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Tersedotnya Kuota Akibat Iklan?

    Iklan sangat diperlukan bagi perusahaan untuk memasarkan produknya. Maka dari itu, penggunaan Ad-Blocker sebagai solusi masih menjadi kontroversi karena di satu sisi, merupakan hak dari pengguna namun di sisi lainnya dapat mematikan bisnis periklanan di dunia maya.

    Tapi jangan cemas, kami memiliki tips yang dapat kamu gunakan untuk tetap menghemat kuota, namun tetap dapat menampilkan iklan guna menyokong promosi yang dilakukan oleh produk-produk tertentu.

    Maka dari itu, jika memungkinkan, gunakan fasilitas tersebut. Selain waktu load-nya lebih cepat, AMP maupun Instant Article lebih ramah terhadap penggunaan kuota internet.

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai iklan yang dapat menyedot kuota internet. Bagaimana menurut kamu? Apakah ada yang kami lewatkan? Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

    Adblock Plus 1.2.1
    Apps Productivity AdBlockPlus
    DOWNLOAD

    ARTIKEL TERKAIT

    Video: Begini Cara Membuat VR PORN dengan Benar

    15 Smartphone Android Murah Terbaik 2016

    Cara Dapat Akses Root Tanpa Perlu Nge-Root Android Kamu

    APPS TERKAIT
    AdFree 1.0
    Apps HANDSOME COMPANY (c)
    NetGuard 1.0.0
    Apps Marcel Bokhorst
    WHAFF Rewards 445
    Apps WHAFF
    Kembali Keatas