10 Forum Internet Terpopuler di Indonesia

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 02 March 2018, 18:00
Banyak forum internet yang ada di Indonesia mulai dari yang sekedar membahas humor, hingga forum yang mendiskusikan berbagai masalah serius. Berikut ini 10 forum internet terpopuler di Indonesia.

Forum adalah tempat untuk siapa pun berdiskusi, biasanya membahas satu topik atau tema tertentu. Sedangkan forum yang berbasis alias menggunakan internet berarti tempat orang melakukan diskusi secara online.

Di Indonesia sendiri banyak sekali forum internet yang beredar mulai dari sekedar forum humor sampai yang serius. Kali ini, Jaka akan coba ulas mengenai sepuluh forum internet terpopuler di Indonesia yang mungkin juga pernah kamu kunjungi.

BACA JUGA
  • 7 Mitos Internet yang Ternyata Masih Banyak Dipercaya!
  • Ssst, Ini Cara Mencari Biodata Orang di Internet! Udah Coba?

10 Forum Internet Terpopuler di Indonesia

Kamu bukan termasuk netizen biasa, melainkan seorang aktivis yang rajin menyampaikan pendapatnya melalui forum internet? Salah satu atau beberapa forum internet terpopuler di Indonesia ini mungkin aja sering kamu kunjungi. Berikut sepuluh forumnya.

1. Kaskus

Pengalaman kamu menjelajahi internet bisa jadi patut dipertanyakan jika kamu gak tahu atau belum pernah mendengar Kaskus. Ya, forum yang menyediakan berbagai thread ini kini disebut-sebut sebagai yang terpopuler di Indonesia.

Mulai dirilis pada tahun 1999, Kaskus yang didirikan Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata baru benar-benar dikelola secara profesional pada tahun 2008. Kini, Kaskus diyakini sebagai pelopor berbagai situs untuk juga memiliki forum. Gak sekedar di dunia maya, banyak pula komunitas yang aktif menggelar event seperti kumpul-kumpul.

2. Kompasiana

Kompasiana adalah salah satu forum internet tempat orang-orang melakukan diskusi seputar hal apa pun. Meski banyak didominasi seputar politik atau pendidikan, gak sedikit yang juga membahas mengenai hobi, profesi, atau budaya.

Forum ini juga terkenal sebagai salah satu media untuk netizen menyampaikan aspirasinya mengenai isu-isu penting atau yang sedang jadi trending topic. Konten yang ada di dalamnya juga terkenal dengan tingkat kredibilitasnya yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Detik Forum

Selain jadi salah satu situs berita terbesar, Detik juga menyediakan forum internet yang jadi wadah netizen untuk berdiskusi dan bertukar pendapat. Detik Forum tentu diciptakan untuk membahas konten berita atau peristiwa yang masih hangat terjadi.

ADVERTISEMENT

Kamu juga bisa menyampaikan peristiwa yang terjadi di lingkungan kamu yang mungkin gak terjangkau media. Untuk menggunakannya, kamu perlu mendaftar terlebih dulu untuk selanjutnya bisa bergabung dan berdiskusi dengan warga dunia maya lainnya.

4. Indowebster

Indowebster atau yang juga populer dengan sebutan IDWS sering disebut sebagai gabungan dari ImageShack, RapidShare dan YouTube. Berbeda dari forum internet lainnya, IDWS berisi update foto, video, gambar atau file apa pun yang viral atau sedang jadi tren saat itu.

Dirilis pada tahun 2007, IDWS memang lebih populer sebagai forum yang mengajak para pengunjungnya membahas konten-konten viral dan mendiskusikannya secara ringan dan gak jarang dibumbui humor. Gak heran jika IDWS jadi salah satu forum internet terpopuler di Indonesia.

5. VivaForum

Selain sebagai portal berita, Viva juga menyediakan forum internet yang memfasilitasi pembacanya untuk mendiskusikan berita yang mereka baca atau peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

Nyaris sama seperti Detik Forum, VivaForum juga jadi wadah dari berbagai komunitas untuk membahas isu-isu tertentu yang terkait dengan pokok bahasan yang ada di komunitas mereka.

6. Fotografer

Buat kamu pencinta dunia fotografi pastinya wajib mengunjungi forum internet fotografer.net yang tentunya membahas hal apa pun seputar fotografi. Memang ditujukan untuk berkumpulnya para fotografer dengan minat yang tinggi, forum ini mewajibkan kamu untuk menggunakan kartu identitas alias KTP untuk verifikasi.

Google Camera 6.2.031.259661660
Apps Video & Audio Google Inc.
DOWNLOAD

7. Adsense Indonesia

Makin merebaknya bisnis publisher iklan membuat banyak orang yang berminat di bidang tersebut membutuhkan wadah untuk berkumpul dan saling berdiskusi. Forum internet Adsense Indonesia mewadahi para pengunjungnya untuk berbagi pengalaman dan tips terkait dunia publishing dan adsense.

8. Komunitas Indonesia Open Source

Forum internet yang satu ini khusus membahas seputar dunia teknologi dan IT. Para pengunjungnya biasanya berdiskusi perihal internet, jaringan komputer, warnet, dan modem. Mereka juga bisa saling berbagi rekomendasi seputar perangkat teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

9. Jalan2.com

Jalan2.com diakui sebagai salah satu forum internet terpopuler di Indonesia dan forum diskusi pencinta jalan-jalan terbesar di Tanah Air. Segala informasi mengenai lokasi wisata menarik, tips, dan trik jalan-jalan seru hingga sharing pengalaman berwisata jadi topik obrolan wajib di forum ini.

10. Modifikasi.com

Sesuai namanya, forum yang satu ini hanya khusus membahas seputar dunia otomotif. Biasanya dikunjungi oleh kaum pria, Modifikasi.com biasanya berisi diskusi seputar tips modifikasi, rekomendasi sparepart dan informasi jual-beli kendaraan.

Akhir Kata

Itulah 10 forum internet paling populer di Indonesia. Adakah salah satu forum di atas yang jadi favorit atau sering kamu kunjungi? Atau kamu punya forum internet yang kamu sukai di luar sepuluh di atas? Bagikan lewat kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Internet Booster for Android 1.8
Apps TRUAPPS
Free Internet Speed Booster 2.2
Apps Mandy Apps
Kaspersky Internet Security 11.8.4.625
Apps Kaspersky
KonterGo - Paket Internet Murah 1.1.0
Apps Pusat Paket Kuota Internet Murah
Kembali Keatas