7 Fitur Tersembunyi di iOS 13 yang Tidak Orang Sadari, Android Mana Punya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 07 December 2019, 20:00
Kamu pengguna hp iPhone dengan sistem operasi iOS 13? Cobain deh beberapa fitur tersembunyi iOS 13 berikut ini.

Nggak berselang lama setelah jajaran smartphone iPhone 11 Series diperkenalkan, Apple akhirnya merilis iOS 13 sebagai versi terbaru sistem operasi mereka bagi para pengguna iPhone dan iPad.

Pembaharuan yang dibawa oleh iOS 13 ini pun tentu saja menarik perhatian publik terutama para Apple user mengingat ada banyak sekali fitur baru yang disematkan di dalamnya.

Menariknya, iOS 13 ini juga menawarkan beberapa fitur tersembunyi yang bahkan nggak dimiliki oleh HP-HP dengan sistem operasi Android lho.

Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel selengkpanya berikut ini!

Fitur Tersembunyi iOS 13

Bukan cuma menjanjikan performa lebih cepat dan responsif saja, iOS 13 juga semakin menarik perhatian kala pembaharuan ini menawarkan sejumlah fitur tersembunyi di dalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa fitur tersembunyi iOS 13 yang menarik untuk kamu coba, geng.

1. Cegah Panggilan dari Nomor Tak Dikenal

Sumber foto: Apple Support

Sudah merasa lelah dengan segala panggilan telepon dari nomor-nomor nggak dikenal? Bosan dengan teror telepon dari telemarketer yang nggak ada habisnya? Kalau gitu kamu wajib banget tahu fitur tersembunyi iOS 13 satu ini.

ADVERTISEMENT

Seolah paham betul dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh para penggunanya, Apple akhirnya resmi menghadirkan fitur bernama "Heningkan Nomor Tak Dikenal" pada iOS 13.

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan mencegah panggilan dari nomor yang nggak dikenal dengan cara memblokir nomor telepon yang belum pernah melakukan kontak atau tidak pernah tersimpan dalam daftar kontak.

Meskipun begitu, panggilan akan tetap dikirim ke pesan suara dan akan ditampilkan dalam daftar panggilan terbaru.

Fitur baru iOS 13 ini sendiri biasa kamu aktifkan dengan cara masuk Settings > Telepon > Heningkan Nomor Tak Dikenal.

2. Memilih Folder Penyimpanan Screenshot

Sumber foto: iPhone 11 Pro Manual

Jika di HP Android semua file screenshot akan tersimpan secara otomatis di dalam folder screenshot itu sendiri, maka iOS 13 menawarkan keleluasaan bagi penggunanya untuk memilih folder lain untuk menyimpan file tersebut.

Bahkan, kamu bisa menyimpannya di dalam File App di mana hal itu memungkinkan kamu untuk memilih penyimpanan lokal atau cloud.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan cara memilih opsi preview sesaat setelah mengambil screenshot, kemudian pilih Done. Selanjtunya, kamu pilih opsi Save to Files dan tentukan di mana file screenshot akan disimpan.

3. Sinkronisasi Lirik Lagu di Apple Music

Sumber foto: Apple Support

Sama halnya seperti smartphone, musik juga menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Mendengarkan musik seolah sudah menjadi aktivitas rutin yang wajib dilakukan setiap harinya.

Bahkan, saat ini ada banyak sekali aplikasi musik baru bermunculan yang menawarkan berbagai fitur unggulan tertentu termasuk fitur untuk menampilkan lirik lagu.

Fitur itulah yang kini ditawarkan oleh Apple lewat iOS 13 mereka, geng. Dengan menggunakan aplikasi pemutar musik Apple Music, kini kamu bisa mendengarkan lagu sekaligus membaca liriknya.

Apple Music akan mensinkronisasi lirik lagu secara real-time yang tentunya masih jarang ditemukan di aplikasi pemutar musik bawaan HP Android.

Untuk menikmati fitur ini, kamu hanya perlu memilih ikon menu callout di bagian pojok kiri bawah saat lagu sedang diputar.

Namun, sayangnya lirik tersebut nggak tersedia untuk semua lagu, geng.

Fitur Tersembunyi iOS 13 Lainnya...

4. Mode Low Data

Sumber foto: Apple Support

Cuma punya kuota internet terbatas tapi mau tetap terhubung dengan dunia maya? Dengan mode Low Data yang dihadirkan di iOS 13 ini, kini kamu bisa menghemat penggunaan koneksi internet di perangkat iPhone.

Mode Low Data sendiri berfungsi untuk membantu aplikasi di perangkat iOS mengurangi penggunaan data jaringan mereka di latar belakang.

Sesuai dengan tujuannya yaitu untuk menghemat penggunaan koneksi internet, maka ada beberapa hal yang akan dihadapi oleh penggunanya saat fitur ini diaktifkan.

Misalnya saja kualitas konten streaming yang akan berkurang, layanan sinkronisasi iCloud yang akan berhenti sementara, aplikasi pihak ketiga yang akan berhenti menggunakan koneksi internet saat tidak digunakan, dan lain-lain.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu pergi ke menu Pengaturan > Seluler > Data Seluler > Mode Data Rendah.

5. Undo Gesture

Sumber foto: 9to5Mac

Buat kamu pengguna perangkat Apple iPad pasti sudah nggak asing lagi dong dengan fitur Shake to Undo yang sangat membantu sekali penggunanya?

Selain tersedia di tablet iPad, fitur ini juga bisa kamu temukan di perangkat HP iPhone. Tapi kamu tahu nggak, sih, kalau ternayata fitur ini bisa dilakukan dengan cara lain yang lebih mudah di pembaharuan iOS 13 lho.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara menggunakan gesture tap tiga jari di bagian keyboard. Kamu dapat menggeser ke kiri untuk undo, sementara ke kanan untuk redo.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan double-tapping tiga jari untuk melakukan fungsi serupa. Namun, untuk gesture ini maka nantinya akan muncul badges undo atau redo di bagian atas layar.

6. Optimalisasi Baterai

Sumber foto: MakeMac

Fitur tersembunyi lainnya yang tersedia di iOS 13 yaitu fitur optimalisasi baterai yang dapat menjaga kualitas baterai jadi lebih tahan lama.

Jenis baterai Lithium-ion yang digunakan pada HP iPhone sendiri memang dikenal agak sensitif terhadap arus listrik saat proses pengisian daya.

Bahkan, tingkat sensitifitasnya tersebut akan meningkat ketika daya baterai akan penuh.

Fitur ini sendiri pada dasarnya akan menjaga kualitas arus listrik yang masuk ke baterai HP iPhone. Di mana fitur ini memungkinkan iPhone untuk mengisi daya dengan cepat hingga angka 80%.

Sementara, untuk mengisi penuh sisa daya baterainya hingga 100%, maka pengisian akan berjalan pada kecepatan normal.

7. Penambahan Lampiran ke Acara di Kalender

Sumber foto: Apple Support

Khawatir kelupaan acara penting? Kalau gitu kamu harus menggunakan fitur tersembunyi iOS 13 satu ini, geng!

Fitur ini sendiri memungkinkan kamu untuk dapat menambahkan dokumen lampiran ke acara di aplikasi Kalender kamu.

Kamu bisa menikmati fitur ini dengan cara memilih ikon menu (+) di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi "Add Attachment".

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa fitur tersembunyi iOS 13 yang wajib kamu coba sekarang juga, geng.

Bukan hanya bermanfaat, fitur-fitur di atas juga terlihat keren karena hanya tersedia secara ekslusif di perangkat iPhone.

Kalau kamu sudah pernah coba fitur yang mana, geng?

Baca juga artikel seputar iOS 13 atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

3 Alasan Mengapa iPhone 11 Masih Menggunakan Layar IPS, Biar Cuan Banyak?

Kembali Keatas