Prediksi Nominasi Oscar Versi Jalantikus, Apa Film Favorit Kalian?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 01 Januari 2020, 11:00
Seluruh dunia sedang sibuk membicarakan nominasi Oscar dan Jaka nggak mau kalah, geng! Di sini Jaka akan membahas prediksi nominasi Oscar versi Jalantikus.

Mengingat tahun 2019 baru saja berakhir, apakah kalian dan teman-teman kalian sudah mencapai kesepakatan mengenai film terbaik yang sudah kalian tonton tahun ini?

Memang masa pergantian tahun itu selalu menjadi waktu yang sempurna bagi kita untuk melihat ke belakang sebentar sebelum menyambut tahun baru, geng!

Makanya, banyak banget ajang penghargaan bergengsi yang diselanggarakan di periode ini dan salah satunya adalah ajang Piala Oscar sebagai perayaan di dunia film.

Prediksi Nominasi Oscar Versi Jalantikus

Setelah kemarin game Sekiro: Shadows Die Twice berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Game of the Year di acara The Game Awards, sekarang Jaka pindah ke dunia film.

Resminya, nominasi untuk Piala Oscar 2020 baru akan diumumkan di tanggal 13 Januari, 2020 tapi nggak ada yang melarang kita untuk berspekulasi sedikit, geng!

Oh, ya, sebelumnya Jaka mau bilang kalau di sini Jaka hanya akan menyinggung kategori besar saja karena keterbatasan waktu, tempat, dan niat dari Jaka.

Nah, buat kalian yang sudah penasaran, berikut Jaka persembahkan prediksi nominasi Oscar versi Jalantikus! Jangan salahin Jaka kalau favorit kalian ternyata nggak masuk ya.

ADVERTISEMENT

1. Film Terbaik

Kita mulai dari kategori paling tinggi yaitu Film Terbaik dan Jaka prediksi bahwa kategori ini akan mengundang banyak kontroversi karena kemunculan film Joker, geng!

Film Joker banyak menerima cercaan dari kritikus tapi jangan lupa, film ini berhasil menjadi Film Terbaik di Festival Film Venice jadi Joker memiliki kesempatan besar di sini.

Untuk nominasi lainnya ada film perang 1917 yang sudah sering disebut sebagai Dunkirk tapi untuk periode Perang Dunia 1.

Layanan streaming Netflix juga berhak bangga karena karya mereka, film gangster The Irishman dan film drama Marriage Story memiliki kesempatan bagus di kategori ini.

Selain film di atas, film Once Upon A Time In Hollywood juga nggak bisa diremehkan karena dengan fokus di zaman keemasan Hollywood, pasti sangat digemari oleh Oscar, geng.

2. Sutradara Terbaik

Untuk nominasi Sutradara Terbaik biasanya sebelas-duabelas dengan Film Terbaik tapi tahun ini dijamin agak sedikit berbeda karena film black comedy Korea Parasite.

Dikarenakan film Parasite tidak menggunakan Bahasa Inggris, film tersebut hanya bisa bertanding di kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, geng.

Tapi untuk sutradara semuanya digabung jadi satu dan menurut Jaka, sutradara Bong Joon-Ho memiliki kesempatan besar untuk masuk di kategori ini.

Untuk nominasi lainnya, kemungkinan besar akan diisi oleh Sam Mendes (1917), Martin Scorsese (The Irishman), dan Quentin Tarantino (Once Upon A Time In Hollywood).

Posisi terakhir Jaka prediksi akan diisi oleh Noah Baumbach (Marriage Story) yang sayangnya berarti Todd Phillips (Joker) tidak akan masuk nominasi.

3. Aktor Terbaik

Film Joker sendiri memang banyak dicerca tapi hampir semua orang setuju kalau penampilan Joaquin Phoenix (Joker) sangat fenomenal dan hampir pasti akan mendapat nominasi untuk Aktor Terbaik.

Begitu juga dengan aktor Leonardo DiCaprio (Once Upon A Time In Hollywood) yang memberikan penampilan memukau dan mengocok perut dan berhak masuk di nominasi ini.

Selain itu, komedian veteran Eddie Murphy (Dolemite Is My Name) juga berhasil menunjukkan kenapa dia sampai sekarang masih menjadi ikon di Hollywood.

Aktor Adam Driver (Marriage Story) patut bangga dengan karirnya di tahun ini yang juga mencakup film Star Wars - Episode IX dan Jaka prediksi dia akan masuk di nominasi ini.

Untuk nominasi terakhir, Jaka prediksi akan jatuh ke Christian Bale (Ford v Ferrari) yang lagi-lagi menunjukkan totalitas aktingnya sebagai pembalap nyeleneh, Ken Miles.

4. Aktris Terbaik

Film Marriage Story sangat menghandalkan penampilan pasangan utamanya dan Jaka prediksi Scarlett Johansson (Marriage Story) juga akan mendapat nominasi untuk Aktris Terbaik.

Selain itu, Piala Oscar juga terkenal fans berat film biopik dan penampilan Renee Zellweger (Judy) sebagai ikon Hollywood, Judy Garland, sudah banyak menuai pujian.

Satu lagi penampilan film biopik yang patut diawasi adalah Cynthia Erivo (Harriet) yang memerankan tokoh emansipasi wanita kulit hitam, Harriet Tubman.

Ada juga Saoirse Ronan (Little Women) yang meskipun baru berumur 25 tahun sudah mengantongi 3 nominasi Oscar yang Jaka prediksi akan bertambah menjadi 4 sebentar lagi.

Untuk yang terakhir, film horor memang jarang dilirik oleh Piala Oscar tapi penampilan ganda Lupita Nyong'o (Us) nggak mungkin bisa terlewatkan.

5. Aktor Pendukung Terbaik

Aktor kawakan Joe Pesci (The Irishman) sudah pensiun sebelum Scorsese berhasil membujuknya untuk kembali di film tersebut dan usaha Scorsese memang patut dipuji.

Meskipun sudah nggak aktif main film selama 2 dekade, Pesci tampil sangat memukau dan Jaka prediksi dia akan mendapat nominasi Aktor Pendukung Terbaik bersama lawan mainnya, Al Pacino (The Irishman).

Aktor favorit semua orang, Tom Hanks (A Beautiful Day in the Neighborhood), juga punya kemungkinan besar berkat perannya sebagai ikon televisi Amerika, Fred Rogers.

Lalu ada juga Brad Pitt (Once Upon A Time in Hollywood), sahabat sejati DiCaprio di film tersebut yang berhasil menunjukkan karismanya.

Untuk nominasi terakhir, Jaka prediksi akan diisi oleh aktor veteran Anthony Hopkins (The Two Popes) melalui perannya sebagai Paus Benediktus XVI.

6. Aktris Pendukung Terbaik

Satu nama yang sudah sangat dielu-elukan untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik adalah Jennifer Lopez (The Hustlers) yang sangat karismatik.

Selain itu, sepertinya Scarlett Johansson (Jojo Rabbit) sedang khilaf karena Jaka prediksi dia akan muncul sebagai nominasi di dua kategori yang berbeda, geng!

Nggak mau ketinggalan dengan pasangan utamanya, Jaka prediksi bahwa Laura Dern (Marriage Story) juga akan mendapat nominasi di kategori ini.

Jaka juga memprediksi kalau kategori ini akan membawa kejutan di sosok Zhao Shuzhen (The Farewell) melalui debut Hollywood-nya yang sangat memukau.

Untuk nominasi terakhir, kemungkinan akan diisi oleh Margot Robbie (Bombshell) berkat perannya sebagai korban kasus pelecehan seksual yang berdasarkan kisah nyata.

7. Film Animasi Terbaik

Bisa dibilang kategori ini sudah menjadi langganan studio animasi Pixar dan Jaka prediksi Toy Story 4 akan mendapat nominasi untuk Film Animasi Terbaik, geng.

Setelah Mirai menjadi film anime pertama selain film Ghibli yang mendapat nominasi di kategori ini, Jaka prediksi Weathering With You akan mengikuti jejak film tersebut.

Studio DreamWorks juga akan memiliki wakil melalui film How to Train Your Dragon: The Hidden World yang sarat dengan adegan emosional.

Film animasi Perancis juga sangat disukai oleh Piala Oscar dan Jaka prediksi film animasi dewasa I Lost My Body akan masuk di kategori ini.

Untuk nominasi terakhir, Jaka prediksi studio Laika akan masuk melalui film Missing Link meskipun menurut Jaka film ini bukan karya terbaik mereka.

Akhir Kata

Itulah, geng, prediksi nominasi Oscar versi Jalantikus! Mengingat ini pertama kalinya Jaka mengungkapkan spekulasi Jaka, mohon maaf kalau banyak yang salah, ya!

Bagaimana pendapat kalian mengenai prediksi Jaka? Apakah kalian rasa ada yang meleset jauh? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT

7 Film Paling Gagal di Sepanjang tahun 2019 | No.5 Gara-Gara Kena Banyak Sensor!

Konspirasi! Inilah 7 Film Buruk yang Memenangkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik

5 Film ini Gagal Total, Sang Sutaradara Menyalahkan Aktor di Filmnya! Kok Bisa?

7 Aktor yang Dihidupkan Kembali Melalui CGI, Menarik atau Mengerikan?

7 Aktor Hollywood yang Dibayar Sangat Murah Saat Bermain Film, Ada yang Gak Dibayar?

7 Film Terbaik Bertemakan Sinterklas | Buat Libur Natal Kamu Semakin Seru!

Kembali Keatas