7 Cara Meningkatkan Performa Laptop Paling Ampuh, Auto Ngebut Lagi!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 09 Juni 2020, 09:00
Komputer kamu lebih cepat dan super responsif. Dilansir dari Hongkiat, berikut cara meningkatkan performa laptop kamu, supaya nggak lemot, disimak ya!

Kamu ngerasa kalau laptop yang kamu pake nggak optimal performanya? Sering nge-hang dan juga lama banget kalau lagi buka aplikasi?

Jika komputer kamu ternyata masih cukup baru dan sudah menjalankan Windows 10 tapi performanya sedikit lambat atau kurang responsif. Jaka punya solusinya!

Ada beberapa cara meningkatkan kinerja laptop yang dapat kamu terapkan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya yang tidak perlu, sehingga komputer kamu lebih cepat dan super responsif.

7 Cara Meningkatkan Performa Laptop Kamu

Laptop kerja memang sebuah perangkat yang harus dirawat secara berkala untuk mempertahankan performanya di level yang optimal.

Cara memeprcepat laptop terbaik sebetulnya prinsipnya sederhana, hanya saja pengguna sering kali lupa melakukan perawatan-perawatan seperti ini untuk perangkat kesayangannya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa laptop kamu, supaya nggak lemot, disimak ya!

1. Nonaktifkan Program di Startup

Kenapa performa laptop kamu lambat, bisa jadi karena banyak program yang berjalan di 'Startup'.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup akan mempercepat kinerja laptop dan meningkatkan respon secara keseluruhan.

Berikut ini cara untuk mematikan program startup yang dirasa tidak diperlukan.

2. Nonaktifkan Efek dan Animasi

Penyebab lainnya kenapa PC gaming kamu bisa berjalan lambat ialah karena efek visual dan animasi yang meningkatkan beban pada sumber daya sistem.

Pada komputer baru, efek visual dan animasi memang tidak menimbulkan dampak besar terkait performa, namun di komputer lama menonaktifkan pilihan itu wajib hukumnya.

Berikut ini cara mempercepat laptop dengan mematikan efek animasi yang tidak perlu.

3. Uninstall Bloatware

Software bawaan Windows yang tidak diinginkan alias bloatware juga cukup punya andil besar memperlambat performa laptop kamu.

Mereka mengambil ruang memori dan menghalangi aplikasi lain. Maka dari itu, lebih baik hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Berikut ini cara membuat laptop lebih cepat dengan menghapus bloatware yang tidak perlu di laptop kamu.

4. Gunakan Performance Monitor

Windows 10 memiliki tool untuk memantau kinerja secara real-time yang disebut sebagai Performance Monitor.

Tool ini akan menampilkan rincian sistem dan sumber daya perangkat keras. Kamu bisa memanfaatkan tools bawaan ini untuk mempercepat laptop yang kamu gunakan.

Berikut ini cara untuk mengaktifkan Performance Monitor pada Windows 10 untuk memantau performa dari laptop kamu.

5. Aktifkan Hibernate Mode

Fungsi hibernate ialah menyimpan semua kerja memori atau meyimpan semua kegiatan yang dilakukan di laptop ketika laptop dimatikan, dan akan dikembalikan seperti semula ketika sebelum dihibernate.

Dengan hibernate, laptop kamu akan memiliki respon yang lebih cepat ketimbang apabila dimatikan seutuhnya dengan perintah shut down.

Cara membuat laptop lebih cepat pada start up ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini.

Sekarang, kamu bisa memilih Hibernate setiap kali kamu ingin mematikan komputer dan menyalakan kembali dengan cepat.

6. Nonaktifkan Search Indexing

Fitur Search Indexing ini memang mempercepat laptop ketika kamu menggunakan perintah search di laptop.

Namun fitur ini bisa juga melemahkan performa laptop gaming kamu, karena bekerja di latar belakang dan menggunakan banyak sumber daya sistem.

Karena kamu poun jarang menggunakan fitur search berikut ini cara mematikan search indexing sebagai cara meningkatkan performa laptop.

7. Hapus Extension atau Add-ons di Browser yang Kamu Gunakan

Ekstensi atau add-ons pada browser akan bekerja pada setiap tab yang kamu buka, dan semakin banyak kamu membuka tab maka akan turut menggunakan sejumlah besar sumber daya sistem.

Jika kebanyakan menginstall ekstensi pada browser juga akan menurunkan performa laptop kamu. Jadi, hapus semua ekstensi atau add-ons yang tidak terpakai di browser yang kamu gunakan sekarang.

Hapus extension yang tidak perlu pada browser yang kamu gunakan untuk meningkatkan performa laptop, terutama ketika digunakan untuk berselancar di internet.

Akhir Kata

Itulah cara meningkatkan performa laptop Windows 10 kamu, agar laptop yang kamu pakai bisa selalu ngebut.

Laptop memang wajib banget buat kamu urus secara berkala untuk selalu meningkatkan performanya.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kamu semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Komputer atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Earphone Berbahaya Bagi Telinga dan Otak! Begini Cara Mencegahnya

Wow! Mikroskop Ini Dapat Melihat Sel Kanker Kulit dengan Mudah

5 Game Android Dengan Grafis Super Keren Ini Wajib Kamu Tunggu

5 Hal yang Bisa Dimanfaatkan Dari Android Jadul Kamu

Ngaku Pinter? Coba Tebak Angka Selanjutnya Di Soal Ini

undefined
Kembali Keatas