10 Cara Paling Mutakhir Untuk Menghadapi Internet Lambat

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 21 September 2017, 17:30
Berikut ini adalah 10 cara untuk memecahkan masalah dan memperbaiki koneksi internet yang lambat. Untuk lebih lengkapnya, simak ya ulasan Jaka berikut ini.

Zaman sekarang aktivitas seseorang tidak terlepas dari koneksi internet. Di tempat kerja, di rumah, bahkan di ruang publik sekalipun koneksi internet bisa dengan mudah didapatkan. Hanya saja tidak semua kecepatannya sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang, internet yang lambat adalah salah satu teguran agar kamu bisa beraktivitas tanpa internet di luar rumah. Di sisi lain, mungkin ini adalah satu yang bisa menghancurkan produktivitas kamu. Untuk itu, berikut ini adalah 10 cara untuk memecahkan masalah dan memperbaiki koneksi internet yang lambat. Untuk lebih lengkapnya, simak ya ulasan Jaka berikut ini.

BACA JUGA
  • 10 Fakta Menakjubkan di Internet yang Jarang Diketahui, Nomor 8 Mengerikan!

10 Cara Paling Mutakhir Untuk Menghadapi Internet Lambat

1. Periksa Kecepatan Internet

Mungkin internet kamu lambat karena kamu memang menggunakan atau berlangganan internet yang lambat. Coba masuk ke situs web provider dan cari tahu kecepatan paket internet kamh. Kemudian, cek internet kamu di Speedtest.net dan jalankan tes kecepatan. Kalau kecepatannya sesuai dengan yang kamu bayar, jaringan kamu berjalan dengan baik, artinya kamu memang berlangganan internet yang lambat dan cara terbaik untuk mempercepatnya adalah dengan meng-upgrade paket kamu.

2. Troubleshoot Hardware

Sebelum kamu menyalahkan provider internet, coba reset modem dan router kamu dengan mematikan dan hidupkan lagi, dan lihat apakah ada perubahan. Periksa juga komputer lain di rumah kamu untuk memeriksa apakah internetnya lambat juga. Kalau masalahnya hanya terjadi pada satu komputer, artinya masalahnya ada pada komputer kamu, bukan router atau modem kamu.

Coba troubleshoot untuk memeriksa apakah masalahnya dari perangkat keras. Setelah kamu sudah memperbaiki router atau modem kamu atau menggantinya, harusnya kamu bisa browsing dengan cepat lagi.

3. Periksa Sinyal WiFi

Jika kamu menggunakan WiFi, mungkin router dan internet kamu berjalan seperti biasa, tapi sinyal wireless kamu lemah, jadi sedikit terhambat. Dalam hal ini, kamu mungkin perlu melakukan reposisi, tweak, dan meningkatkan router kamu dengan beberapa trik. Untuk kesalahan pada WiFi, akan ada banyak cara untuk mengatasinya yang tidak akan mungkin dijelaskan dengan singkat. Jadi, periksalah apakah sinyal WiFi kamu adalah masalahnya.

4. Matikan Bandwidth-Hogging dan Aplikasi

Jika hardware kamu bekerja dengan baik, lihat apakah ada program atau aplikasi lain yang memonopoli koneksi. Misalnya, kalau kamu download file dengan BitTorrent, jadi browsing pada web biasanya akan menjadi lebih lambat. Kamu juga harus mencoba memasang ekstensi seperti AdBlock Plus atau FlashBlock, yang akan memblokir beberapa iklan, animasi, dan video bandwidth-hogging yang dapat menggunakan dan mengganggu koneksi kamu.

5. Cobalah Mengganti Alamat Server DNS Dengan Server DNS Baru

Saat kamu mengetikkan alamat atau link ke dalam browser seperti jalantikus.com, komputer kamu menggunakan sesuatu yang disebut DNS untuk mencari dan menerjemahkannya ke alamat IP komputer. Terkadang, server yang digunakan komputer kamu untuk mencari tahu informasi itu bisa saja bermasalah.

ADVERTISEMENT

Kamu perlu melakukan sedikit browsing, bagaimana untuk mendapatkan server DNS tercepat dan yang paling aman. Jika server DNS default kamu tidak ada masalah, kamu mungkin tidak akan terlalu banyak merasakan perubahannya jika menggantinya dengan alamat DNS yang baru, tapi setidaknya mempercepat kegiatan surfing kamu beberapa milidetik.

6. Optimasikan Pengaturan Web

Mengatasi masalah internet lambat akan memakan waktu lama, ditambah lagi kamu masih perlu browsing. Atau mungkin kamu lagi berada di tempat nongkrong, dengan internet yang lambat, jadi kamu tidak bisa berbuat banyak untuk mencari-cari cara untuk mempercepatnya. Dalam hal ini, saatnya mengoptimalkan web browser kamu pada koneksi yang lebih lambat, dengan cara menggunakan versi HTML untuk situs favorit kamu, nonaktifkan gambar, dan gunakan fitur seperti Opera Turbo.

7. Kerja Pintar

Jika kamu harus menyelesaikan tugas kamu dengan koneksi lambat, kamu harus bisa memprioritaskan tugas kamu. Jadi, bedakan tugas kamu menjadi tugas dengan bandwidth yang berat dan bandwidth yang ringan. Selesaikan yang ringan dulu saat kamu terhubung dengan internet yang lambat, dan satukan semua tugas dengan bandwith yang berat bersama, jadi kamu bisa langsung mengerjakannya saat terhubung dengan internet yang cepat.

Kalau kamu tidak bisa mendapatkan internet yang cepat di rumah, kamu bisa mencari beberapa tempat yang ada WiFi yang cepat atau numpang internet tetangga. kalau bisa jangan menggunakan browser, atau gunakan secara minim.

8. Coba Hubungi Layanan Penyedia Internet

Jika kamu sudah mencoba langkah-langkah di atas dan masih lambat, cobalah untuk menghubungi provider internet kamu, mungkin mereka bisa membantu permasalahan kamu. Hubungi mereka dengan sopan, dan beri tahu keluhan yang kamu ingin selesaikan. Kamu mungkin akan mendapatkan solusinya.

9. Carilah Provider Baru

Jika layanan ISP kamu tidak juga bisa membantu, mungkin mereka tidak mau memberikan kecepatan yang kamu inginkan, atau mungkin kamu sudah lelah dengan layanan mereka, carilah layanan ISP baru. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk menemukan ISP yang baik, dengan berbagai macam paket dan layanan yang diberikan di pasar. Kamu juga bisa melakukan peralihan ke jenis penyedia yang berbeda, seperti kabel, DSL, satelit, atau fiber optic.

10. Gunakan Waktu Secara Produktif

Kalau kamu berhasil, sekarang kamu bisa merasakan kecepatan internet yang kamu inginkan. Tapi, jika tidak, kamu harus menerima dan berpikir bahwa selama aktivitas kamu tidak terlalu padat bandwidth, internet yang lambat bisa membuat kamu lebih produktif.

Nah, itu dia 10 cara untuk menyelesaikan masalah internet yang lambat. Kalau kamu punya solusi lainnya, jangan sungkan berbagi di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

20+ Game Android Terbaik 2023 + Link Download, Gak Kalah Sama Game Konsol!

APPS TERKAIT
Spotify Latest Version
Apps Spotify
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Kembali Keatas