Cara Menggunakan Komputer Tanpa Mouse yang Lebih Efisien

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 26 January 2017, 12:00
Maka dari itu JalanTikus akan kasih tahu informasi mengenai cara menggunakan komputer tanpa mouse. Disimak ya!

Mouse PC komputer kamu rusak atau hilang? Jangan khawatir karena kamu masih bisa menggunakan keyboard. Sejatinya keyboard menawarkan semua shortcut atau akses pintas untuk melakukan hampir semua fungsi Windows.

Iya sih menggunakan shortcut keyboard mungkin tampak rumit karena kamu harus menghafal banyak kombinasi tombol. Tetapi, itu worth it. Maka dari itu JalanTikus akan kasih tahu informasi mengenai cara menggunakan komputer tanpa mouse. Disimak ya!

BACA JUGA
  • 66 Shortcut Microsoft Word yang Wajib Diketahui agar Kamu Makin Pintar

Cara Menggunakan Komputer Tanpa Mouse

Menggunakan shortcut keyboard akan meningkatkan produktivitas dan kamu bisa bekerja dengan lebih efisien. Tidak perlu buru-buru dalam menghafal semua shortcut, pelan-pelan saja, cicil setiap hari.

Mengenal Tombol Penting untuk Kontrol Windows

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi
Keyboard laptop tidak berfungsi? Tenang aja, cara mengatasi atau memperbaikinya sangat gampang, bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah!
LIHAT ARTIKEL

Fungsi Windows Key

Windows Key berada di antara tombol Alt dan Fn/ Ctrl yang berada di sebelah kiri bawah bagian keyboard. Berikut beberapa fungsi shortcut yang bisa digunakan dengan bantuan Windows Logo Key.

Windows Snapping

Pada Windows 10 memiliki sebuah fitur Snap atau di Windows 7 dikenal sebagai Aero Snap, di mana kamu bisa menempatkan Windows yang sedang aktif dengan bentuk atas bawah, atau kiri-kanan hanya dengan kombinasi tombol di keyboard.

Di Windows 10, shortcut keyboard ini bisa digabungkan, misalnya kamu menggunakan shortcut keyboard Windows + Panah kiri kemudian dilanjutkan shortcut keyboard Windows + Panah bawah, maka Windows aktif akan berada pada bagian kiri bawah layar.

Windows Management

Untuk shortcut keyboard Windows Management ini sudah diterapkan dari versi Windows sebelumnya. Shortcut keyboard Windows Management ada dua, yaitu:

Dan seperti yang sudah diketahui juga, shortcut keyboard di atas untuk mengatur atau memilih Windows yang sedang aktif untuk digunakan.

Virtual Desktop

Virtual Desktop merupakan fitur baru dari Windows 10 yang diperkenalkan pada perilisannya. Untuk mengatur Virtual Dekstop yang sedang digunakan bisa menggunakan shortcut keyboard di bawah ini:

Command Prompt

Shortcut keyboard di Command Prompt Windows 10 bisa diaktifkan apabila telah mengaktifkan fungsi CTRL di Command Prompt terlebih dahulu dengan cara mengaktifkan fungsi keyboard di CMD. Berikut ini adalah shortcut keyboard Command Prompt di Windows 10.

Semua tombol di Command Prompt ini akan memblokir setiap kata atau karakter yang dilewatinya.

Shortcut Keyboard Lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi shortcut keyboard yang wajib kamu pelajari. Menggunakan shortcut keyboard akan meningkatkan produktivitas dan bekerja lebih efisien. Kamu juga bisa menggunakan PC komputer tanpa harus bergantung pada mouse.

Baca juga artikel seputar Komputer atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
Kembali Keatas