Cara Mengetahui Siapa yang Tethering ke Hotspot HP Kamu, Biar Nggak Kecurian!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 27 July 2019, 21:00
Hotspot bisa kamu gunakan untuk memberi akses internet pada orang lain dengan menggunakan koneksi internet di smartphone-mu. Berikut cara mengetahui siapa saja yang tethering ke hotspot milikmu

Semua orang termasuk kamu pasti pernah mengalami kuota atau paket internet habis ketika sedang asyik-asyiknya menggunakan smartphone.

Salah satu cara untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan tethering ke hotspot milik orang lain. Fitur tethering dan hotspot membantu perangkat lain untuk tersambung ke internet melalui perantara.

Ketika kamu menyalakan hotspot, pasti banyak banget yang mencoba untuk tersambung ke hotspot kamu. Siapa, sih, yang nggak mau internet gratis?

Dalam artikel ini, Jaka akan menjelaskan pada kamu mengenai bagaimana cara untuk mengetahui siapa saja yang tethering ke hotspot HP kamu. Simak terus ya, geng!

Cara Mengetahui Siapa yang Tethering ke Hotspot HP Kamu

Fitur tethering dan hotspot merupakan fitur yang sangat berguna di era digital seperti sekarang ini. Dengan fitur tersebut, kamu bisa saling berbagi internet tanpa takut ketinggalan informasi.

Hotspot dapat dinikmati siapa saja yang memiliki akses. Kamu dapat memberi password pada hotspot kamu supaya nggak semua orang bisa tethering atau tersambung.

Selain untuk mengirit kuota, membatasi akses juga dapat menjaga smartphone kamu tetap aman dari hacker atau virus.

ADVERTISEMENT

Namun, saat ini sudah banyak trik di internet mengenai cara untuk tersambung ke WiFi yang diberi password.

Nah, supaya makin aman, kamu bisa mengecek siapa saja yang tethering ke hotspot kamu, lalu memblokir device yang nggak kamu kenal. Berikut cara yang bisa kamu lakukan, geng!

1. Melalui Panel Notifikasi

Salah satu cara paling mudah dalam mengecek siapa saja yang tethering ke hotspot kamu adalah dengan mengecek panel notifikasi di layar smartphone kamu.

Cara ini paling praktis dan simpel, geng. Berikut langkah-langkah mengecek siapa yang tersambung ke hotspot kamu melalui panel notifikasi.

Langkah 1 - Membuat Hotspot

Langkah 2 - Mengecek Siapa Saja yang Tethering ke Hotspot-mu

Langkah 3 - Selesai

Kamu sudah berhasil mengetahui device yang tersambung ke hotspot smartphone-mu dengan melalui panel notifikasi.

2. Melalui Menu Settings

Meskipun nggak sepraktis cara sebelumnya yang melalui panel notifikasi, namun cara ini juga tetap mudah untuk kamu ikuti, geng.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk mengetahui siapa yang tethering ke hotspot kamu melalui menu settings.

Langkah 1 - Membuat Hotspot

Langkah 2 - Mengecek Siapa Saja yang Tethering ke Hotspot-mu

Langkah 3 - Selesai

Kamu sudah berhasil mengecek siapa saja yang tersambung ke hotspot kamu melalui menu Settings.

Bonus - Cara Membatasi Akses Hotspot

Kalau kamu merasa internet kamu lemot setelah mengaktifkan hotspot, kamu dapat mengatur akses pengguna dengan membatasi jumlah device bahkan memblokir device.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara mengetahui siapa yang tethering ke hotspot kamu, sekaligus cara membatasi akses hotspot tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya, geng. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas