Cara Mudah Mengembalikan Data yang Hilang Pada FlashDisk Korup

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 21 April 2019, 14:00
Apakah kamu pernah merasakan flashdisk korup? Lalu, apa yang akan kamu lakukan? Gunakan cara pada artikel ini untuk mengembalikan data yang hilang.

Saat ini, kebutuhan mengenai laptop dan PC semakin meningkat. Ada yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas kuliah, tugas kerja, bermain games, atau hanya sekedar browsing saja.

Bahkan, tidak sedikit orang yang selalu membawa laptop kemana pun dia pergi hanya sekedar untuk berjaga-jaga jika suatu waktu dibutuhkan.

Pemakaian laptop ataupun PC lekat kaitannya dengan flashdisk. Ya, flashdisk sangat penting untuk digunakan sebagai pemindah data. Terutama, apabila datanya cukup besar.

Terus, kalau kamu dalam keadaan genting ternyata flashdisk kamu korup, apa yang akan kamu lakukan?

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di FlashDisk

File atau data yang hilang di flashdisk tentu bisa di-recover atau dikembalikan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan data dan filemu yang tidak sengaja terhapus atau kamu format karena virus atau malware.

Dua cara di bawah ini menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga. Langsung saja, berikut ini caranya:

Gunakan Software EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery merupakan salah satu software ampuh yang bisa mengembalikan data yang hilang pada flashdisk korup.

Tidak hanya flashdisk, segala bentuk model penyimpanan seperti SSD card, SD card, CF card, hardisk eksternal, dan lain sebagainya dapat dipulihkan melalui perangkat lunak satu ini.

ADVERTISEMENT

Tidak hanya korup, EaseUS Data Recovery juga bisa mengembalikan data yang hilang akibat format dan terhapus. Bagaimana caranya?

Langkah 1 - Download dan Instal EaseUS Data Recovery

Langkah 2 - Pilih Lokasi FlashDisk

Langkah 3 - Pilih File yang Ingin Di-recover

Langkah 4 - Mulai Recovery

Gunakan Software Recuva

Selain EaseUS Data Recovery kamu juga bisa menggunakan software Recuva. Langsung saja, berikut ini caranya.

Langkah 1 - Buka Software Recuva di PC Kamu

Langkah 2 - Pilih Jenis File Hilang yang Akan dikembalikan

Kalau cuma ingin gambar saja kamu klik Pictures, kalau file lagu kamu klik Music, file dokumen kamu klik Documents, video atau film klik Video, file .rar atau .zip klik Compressed, dan kalau email klik Emails. Klik Next.

Langkah 3 - Pilih Lokasi Drive

Langkah 4 - Memulai Pengembalian File Flashdisk yang Hilang

Perlu diingat! Di sebelah kiri nama file ada warna hijau, kuning, dan merah. Hijau: File bisa dikembalikan lagi. Kuning: File bisa dikembalikan, tetapi ada kemungkinan file rusak/corrupt. Merah: File sudah tidak bisa lagi dikembalikan. Kebetulan file di flashdisk Jaka warna hijau.

Sebagai catatan, dalam percobaan yang Jaka lakukan, file yang bisa dikembalikan adalah file yang telah dihapus 1-7 hari. Jaka belum mencoba mengembalikan file yang telah dihapus lebih dari seminggu

Akhir Kata

Itulah dia cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk yang korup. Kalau kamu mempunyai cara lainnya yang lebih baik, tuliskan pendapat dan pengalaman kamu melalui kolom komentar, ya.

Kalau file yang hilang ada di HP Android kamu, Jaka juga punya artikelnya mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android.

Baca juga artikel seputar FlashDisk atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas