7 Cara Mengembalikan Data yang Hilang dari Kartu Memori Korup

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 24 August 2017, 18:00
Memory Card Corrupt? Begini cara mengembalikan data yang hilang dari kartu memori yang korup, rusak atau tidak terbaca.

Kartu memori (memory Card) adalah salah satu penyimpanan eksternal yang biasa digunakan pada sebuah smartphone maupun komputer. Selain mudah dibawa, umumnya berisi penyimpanan yang cukup besar.

Meski begitu, tidak sedikit dari kita yang mengalami kesulitan saat mengakses file dan data-data penting yang tersimpan di memori tersebut.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kartu memori korup. Untuk mengatasi masalah tersebut, di sini JalanTikus akan memberikan langkah-langkah cara mengembalikan data yang hilang dari kartu memori korup.

BACA JUGA

    Cara Mengembalikan Data yang Hilang Dari Memori yang Korup

    1. Pengecekan Awal

    Untuk pengecekan awal apakah kartu memori korup atau tidak terbaca cukup mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan memory card atau kartu memori tersebut ke komputer yang berbeda.

    2. Mengganti Drive Letter

    Jika kamu sudah menghubungkan memori tersebut ke komputer namun tidak bisa membuka filenya, besar kemungkinan data tersebut sudah korup.

    Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah mengganti nama drive letter dari memori tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

    3. Install Ulang Driver

    Salah satu faktor tidak terbacanya memori di komputer adalah terjadi kegagalan saat proses instalasi drive. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk install ulang driver.

    ADVERTISEMENT

    4. Error Checking

    5. Menggunakan Command Prompt

    6. Install Software Tambahan

    Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan data dari kartu memori yang korup. Berikut adalah software-nya.

    7. Undang sang ahli

    Jika masih belum bisa juga, kamu bisa meminta bantuan pada orang yang ahli dalam bidang tersebut, seperti teknisi komputer, IT support atau mengunjungi lokasi servis kartu memori tersebut.

    Akhir Kata

    Itulah cara mengembalikan data yang hilang dari kartu memori korup. Cara ini bisa digunakan untuk berbagai media penyimpanan, mulai dari MicroSD, SD Card, Flashdisk, Hardisk hingga SSD.

    Jika kamu punya cara lain, jangan lupa share di kolom komentar. Selamat mencoba! Pastikan juga kamu membaca artikel terkait memori atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

    ARTIKEL TERKAIT

    66 Shortcut Microsoft Word yang Wajib Diketahui agar Kamu Makin Pintar

    APPS TERKAIT
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Ocean King : Fishing Arcade 1.1
    Games 88 Entertaiment
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Kembali Keatas