Langsung Bisa! 5 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 08 Juni 2021, 14:00
Touchpad laptop ASUS tidak berfungsi? Ini dia 5 cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS dengan cepat dan mudah. Simak langkah-langkahnya di sini!

Touchpad laptop ASUSmu tidak bisa digunakan atau tidak responsif? Jangan khawatir, ada 6 cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS secara mudah dan cepat, dijamin langsung bisa!

Sebagian besar pengguna laptop lebih sering menggunakan touchpad daripada mouse. Hal ini dikarenakan penggunaan touchpad yang praktis serta nyaman.

Biasanya, mouse digunakan saat bermain game laptop saja atau aktivitas lainnya yang intensif. Namun, untuk soal browsing atau mengetik, kebanyakan orang memang lebih suka touchpad.

Tetapi, terkadang bisa saja ada masalah pada touchpad yang mengakibatkannya menjadi tidak berfungsi. Entah karena ketidaksengajaan atau karena error di Windows.

Kalau touchpad di laptop ASUS tidak berfungsi, tidak usah panik. Begini cara menghidupkan touchpad laptop ASUS dengan mudah!

Penyebab Touchpad Laptop ASUS Tidak Berfungsi

Sebelum Jaka menjelaskan cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS, sebaiknya kamu simak dulu apa saja yang bisa membuat touchpad laptop ASUS tidak berfungsi.

Tujuannya adalah kamu dapat menghindari hal-hal tersebut di masa depan, sehingga laptop bisa lebih awet dan tahan lama.

ADVERTISEMENT

Biasanya, hal yang dapat membuat touchpad laptop ASUS tidak berfungsi adalah kesalahan pada sistem maupun kelalaian pengguna.

Contohnya, touchpad laptop bisa saja terkunci secara tidak sengaja semenjak ada Windows Update yang biasa menimbulkan masalah. Kalau begitu, kamu dapat mematikan update Windows agar hal serupa tidak terjadi lagi.

Faktor lainnya adalah pemakaian pengguna. Jangan biasakan makan depan laptop yang bisa membuat laptop kotor karena remah-remah ataupun menggunakan touchpad dengan kasar.

Selain itu, touchpad laptop bisa saja tidak berfungsi karena belum diaktifkan. Kalau begini kasusnya, kamu langsung dapat mengikuti 5 cara di bawah ini untuk mengaktifkannya kembali.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS Lewat Keyboard

Cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS Windows 10 sama saja dengan cara menghidupkan touchpad laptop ASUS Windows 7 atau versi lainnya.

Kamu bisa langsung memperbaiki touchpad laptop yang tidak bisa diklik dengan menggunakan shortcut keyboard.

Biasanya, tombol untuk mengaktifkan touchpad laptop berada di bagian atas dan memiliki huruf awalan F. Kamu cukup menekan keyboard tersebut agar touchpad laptop bisa aktif lagi.

Kombinasi Keyboard untuk mengaktifkan touchpad laptop ASUS:

Cara Mengidupkan Touchpad Laptop ASUS dengan Update Driver

Touchpad laptop ASUS masih tidak berfungsi? Kemungkinan driver laptopmu sudah tidak up to date lagi. Ada dua cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS lewat update driver.

Pertama, kamu dapat menggunakan software Driverpack Solution Online yang bisa mengunduh semua driver terbaru secara otomatis.

Kedua, kamu bisa update driver secara manual lewat device manager. Begini caranya update driver laptop untuk memperbaiki touchpad laptop ASUS!

  1. Klik kolom search pada start menu, ketik Device Manager, lalu buka.

  2. Klik kanan driver touchpad, pilih opsi Update Sriver Software.

  3. Klik Search Automatically for Drivers.

Kamu tinggal menunggu beberapa saat karena saat ini, laptopmu sedang mencari driver touchpad terbaru secara otomatis.

Nah, kalau sudah terinstal. Coba matikan dulu laptop, lalu nyalakan lagi untuk mengecek apabila touchpad sudah berfungsi atau tidak.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS Nonaktifkan Tablet Input Service

Kalau cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS di atas masih tidak memperbaiki touchpad laptopmu, maka coba cara dari dari Jaka ini.

Dikutip dari situs maketecheasier, fitur Tablet Input Service yang ada di laptop bisa mengganggu performa touchpad.

Oleh karena itu, kamu dapat menonaktifkannya agar touchpad laptop asus bisa berfungsi kembali. Begini langkah-langkahnya.

  1. Tekan Windows + R dalam waktu bersamaan.

  2. Ketik Services.msc lalu klik OK

  3. Klik kanan pengaturan Tablet Input Service, pilih Disable.

  4. Restart laptop, lalu cek apabila touchpad sudah berfungsi kembali atau tidak.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop dengan Periksa Pengaturan Touchpad di BIOS

Cara lain ketika Touchpad Laptop ASUS kamu mati adalah dengan cek pengaturan BIOS. BIOS berfungsi sebagai pengaturan dasar berbagai hal di laptop termasuk pengaturan Touchpad.

Jadi, biasanya pengaturan Touchpad pada BIOS bisa langsung aktif. Namun, terkadang bisa non aktif tanpa kita ketahui karena perbaikan maupun pembaruan BIOS.

Langkah-langkah untuk mengeceknya antara lain.

  1. Matikan laptop kamu.
  2. Nyalakan kembali laptop dan langsung tekan F2 sebelum sistem operasi berjalan.
  3. Setelah masuk BIOS kemudian cari pengaturan Internal Pointing Device.
  4. Lalu atur pengaturan menjadi Enable.
  5. Kemudian keluar dari BIOS dengan opsi Save Changes and Exit.

Cara Menghidupkan Touchpad ASUS dengan Unistall Driver

Katika kamu mencoba install ulang Update Driver belum bisa maka bisa mencoba dengan unistall. Cara ini bisa dilakukan lewat Device Manager seperti cara sebelumnya.

Perlu di ingat, walaupun kita unistall atau hapus Driver Touchpad akan Aman. Sebab ketika dinyalakan ulang, Driver Touchpad akan otomatis terinstall kembali.

Langkah-langkah Unistall Driver tersebut diantaranya,

  1. Ketik Device Manager pada kolom Search Start Menu dan buka.
  2. Cari Driver Touchpad
  3. Klik Kanan dan pilih uninstall
  4. Setelah selesai restart laptop kamu. Lalu cek apakah sudah berfungsi lagi atau belum Touchpad laptop kamu.

Yang Harus Diperhatikan Jika Semua Cara Gagal

Kalau touchpad laptop ASUS tidak berfungsi, maka kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pastikan bahwa charger laptop berfungsi dengan baik. Pasalnya, charger laptop yang rusak dapat mempengaruhi komponen laptop lainnya. Coba charge laptop menggunakan charger lain dan cek apabila touchpad bisa digunakan atau tidak.

  2. Periksa juga baterai laptop masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika baterai memiliki gangguan, touchpad juga bisa terpengaruh.

Akhir Kata

Nah, itu dia 5 cara mengaktifkan touchpad laptop ASUS dari Jaka. Apabila semua komponen laptop kamu masih normal, maka harusnya touchpad bisa langsung aktif kembali.

Apabila touchpad laptop ASUS tidak berfungsi secara permanen walaupun kamu sudah menggunakan berbagai macam cara, solusi terakhirnya adalah membawanya ke tempat servis.

Sebelumnya, kamu bisa cek garansi laptop ASUS dulu karena laptop yang masih memiliki garansi dapat diservis secara gratis.

Baca artikel mengenai Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Menghapus Folder "Windows.old" Setelah Upgrade Windows 10?

10 Antivirus Ringan Terbaik 2020 Untuk PC | Bisa Untuk Windows dan macOS!

10 Bahaya yang Mengintai Jika Kamu Pakai Windows Bajakan

10 Sistem Operasi Gratis Lebih Dari Windows dan Mac OS

Cara Download Google Meet di Laptop Windows | Anti Ribet & Bisa Tanpa Aplikasi!

Cara Mengganti Nama dan Foto Profil di Zoom PC dan HP, Gampang!

undefined
Kembali Keatas