5 Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil | 100% Works!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 26 October 2020, 16:00
Cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil atau cara menstabilkan jaringan 4G, cukup mudah dan nggak ribet. Nggak sampai 5 menit, geng!

Cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil atau cara agar sinyal 4G kuat ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan dan ikuti.

Seperti yang kita tahu kalau jaringan 4G menggunakan dua standar yang tersedia di dunia ini. Pertama, standar WiMax dan standar Long Term Evolution atau LTE.

Indonesia sendiri sudah mengadopsi standar LTE ini sejak tahun 2013 lalu. Namun, belum sepenuhnya tersedia di Indonesia.

Kalau kamu tengah mengalami masalah cara menstabilkan jaringan 4G LTE, kamu bisa simak cara-cara berikut ini yang sudah Jaka sediakan. Simak baik-baik, ya!

Cara Membuat Sinyal Stabil 4G LTE

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil, geng. Seperti salah satunya menggunakan alat penguat sinyal di HP kamu.

Sebelum kamu menyimak mengenai cara memperbaiki Jaringan 4G yang tidak stabil, kamu sebaiknya menyimak sejumlah informasi berikut ini.

Berikut ini adalah sejumlah cara membuat sinyal stabil 4G LTE di perangkat HP milikmu. Simak baik-baik hingga selesai, ya.

ADVERTISEMENT

1. Gunakan Kartu SIM Sesuai Tempat Tinggal

Pada cara pertama ini perlu diketahui bahwa setiap provider itu punya jangkauan jaringan 4G LTE yang berbeda-beda, geng.

Makanya, kamu bisa coba dulu untuk menggunakan provider mana yang kira-kira paling cocok di tempat kamu tinggal.

Cara ini penting dilakukan pertama kali kamu menentukan provider mana yang cocok untuk perangkat HP kamu di lokasi kamu tinggal saat ini.

2. Mode Pesawat

Sekilas, fitur ini memang jarang dipakai. Namun banyak yang belum tahu, kalau airplane mode juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain, yakni menyegarkan jaringan internet, geng.

Seperti yang kita ketahui, kalau mode pesawat ini bekerja dengan menonaktifkan seluruh sinyal HP. Setelah mode ini diaktifkan kembali, maka HP akan melakukan deteksi ulang sinyal kembali.

Kalau kamu ingin jaringan 4G lebih stabil, cobalah untuk melakukan tips ini. Dengan jeda waktu menyalakan dan mematikan mode pesawatnya cukup sekitar 15 sampai 20 detik saja.

3. Restart HP

Cara paling umum digunakan berikut ini adalah digunakan apabila kamu memebutuhkan cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul akibat jaringan yang tidak stabil, geng.

Bisa jadi jaringan 4G tidak stabil lantaran adanya bug dalam sistem atau adanya sistem yang gagal mengeksekusi kinerjanya.

Kamu hanya perlu mematikan dan menghidupkan ulang perangkat HP milikmu untuk mengatasi hal tersebut, geng.

4. Kunci Jaringan 4G HP, Cara Menstabilkan Jaringan 4G Terbaik

Kalau jaringan 4G HP kamu sering tidak stabil dan hilang sendiri, cobalah menguncinya dengan memprioritaskan jaringan tersebut. Ini bisa jadi rekomendasi cara agar koneksi internet stabil di Android.

Pasalnya pada perangkat HP Android, ada dua pengaturan yang patut untuk kamu coba untuk melakukan hal ini. Berikut ini adalah langkah dan cara menstabilkan jaringan 4G dengan kunci jaringan 4G.

Langkah 1 - Buka Menu Settings atau Setelan di HP

Buka menu Settings atau Setelan yang ada di perangkat HP Android milikmu.

Langkah 2 - Buka Menu Kartu SIM

Kemudian itu, buka opsi Kartu SIM di dalam menu Settings.

Langkah 3 - Pilih Kartu SIM

Pilih kartu SIM yang aktif dengan sinyal 4G.

Langkah 4 - Buka Opsi Jaringan Seluler

Ketuk opsi Jaringan Seluler kemudian selanjutnya pilih LTE.

Bisa juga kamu mencoba cara berikut ini sebagai langkah alternatif cara membuat sinyal stabil berikut ini, geng.

Langkah 1 - Buka Menu Dial

Buka menu Telepon (dial number) pada perangkat HP Android milikmu.

Langkah 2 - Ketuk Kode Dial yang Diinginkan

Langkah 3 - Buka Informasi Telepon

Masuk ke menu Informasi Telepon, lalu ubah setelan pada kolom Jaringan menjadi LTE Only.

Cara ini hanya berlaku untuk mengunci sinyal 4G saja, ya, geng. Kalau cara agar jaringan 4G full, bisa ikuti langkah 1 sampai 3 yang sudah Jaka jelaskan tadi, geng.

5. Lepaskan Casing

Jika kamu menggunakan casing tambahan pada HP milikmu maka saran Jaka, kamu perlu melepaskan casing tersebut untuk membiarkan jaringan

Nah, jika kamu ternyata mendapati masalah jaringan 4G seperti ini, silakan coba dulu untuk melepas casing yang terpasang.

Pasalnya, casing bisa jadi penghalang dalam proses penangkapan sinyal 4G. Apalagi jika bahan dari casing kamu termasuk yang bisa menahan jaringan 4G LTE.

Cara-cara tadi merupakan cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil tanpa aplikasi. Tapi ada juga cara menggunakan aplikasi penguat sinyal Android terbaru.

Akhir Kata

Bagaimana tips yang Jaka berikan tadi untuk cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul, cukup mudah dan singkat untuk dilakukan bukan?

Kamu juga bisa mencoba aplikasi penguat koneksi internet Android kamu berikut ini.

Jika kamu menggunakan perangkat WiFi di rumahmu, kamu juga bisa coba cara menguatkan sinyal WiFi untuk menghindari koneksi lelet.

Kalau menurut kamu hal apa yang sering menyebabkan terjadinya jaringan 4G yang tidak stabil, geng? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT

5 Perbedaan Windows 10 Home dan Pro, Jangan Salah Pilih!

Daftar Service Center HP di Indonesia Terlengkap 2021 (Laptop & Printer)

Cara Restart Laptop Berbagai Merek & Versi Windows, Lengkap!

Daftar Harga SSD Laptop 2021, Lengkap Semua Merek & Ukuran!

Kembali Keatas