Cara Membuat Chatbot WhatsApp, Cocok Buat yang Punya Bisnis!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 28 March 2020, 18:00
Chatbot WhatsApp bisa membantumu untuk membalas setiap pesan masuk dengan cepat. Balasan pesannya pun bisa kamu sesuaikan, baik untuk personal maupun bisnis.

Saat ini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk bisnis, geng.

Jika kamu memiliki bisnis online dan berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi WhatsApp, kamu mungkin akan kewalahan membalas pesan dari pelanggan satu per satu.

Kalau sudah kewalahan, pesan masuk pun bisa menumpuk dan kamu akan semakin lama membalas pesan dari pelanggan. Padahal Kamu bisa membuat chatbot WhatsApp untuk membalas pesan secara otomatis.

Membuat Chatbot WhatsApp

Untuk menggunakan fitur auto-reply, coba gunakan aplikasi untuk membuat chatbot WhatsApp, geng.

Chatbot WhatsApp merupakan sejenis aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk membalas setiap kata yang didapatkan dari pesan masuk.

Setelah menerima pesan masuk, bot tersebut akan mengirimkan pesan balasan sesuai dengan kata-kata yang ada dalam database-nya, geng.

Dengan bot ini, kamu bukan hanya bisa membalas pesan pelanggan, tapi juga bisa merespon langsung saat ada pesan dari teman atau grup. Balasan dari WhatsApp kamu pun tentu sangat cepat, geng.

ADVERTISEMENT

Menggunakan AutoResponder for WhatsApp

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat chatbot WhatsApp adalah AutoResponder for WhatsApp.

Aplikasi auto reply ini akan membalas setiap pesan dari pengirim dengan satu pesan balasan dari WhatsApp kamu.

Dengan begitu, nggak ada resiko aplikasi WhatsApp terkena banned karena kamu nggak mengirim chat blast, melainkan hanya mengirim pesan kepada satu penerima saja, geng.

Saat menerima pesan masuk sesuai dengan pesan yang harus dijawab pada aplikasi bot tersebut, WhatsApp pun akan langsung mengirim balasan yang sudah diatur tadi.

Kamu juga akan melihat notifikasi pada layar saat menerima pesan masuk, beserta balasan yang dikirim oleh WhatsApp bot tersebut, geng.

Menggunakan Wabot

Wabot merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat WhatsApp bot pada aplikasi Whatsapp. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore, geng.

Setelah selesai mengatur bot tersebut, aplikasi WhatsApp pun akan otomatis mengirimkan balasan pesan untuk setiap pesan masuk yang mengandung keyword tadi, geng.

Akhir Kata

Itu tadi, geng, aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat WhatsApp bot. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan mudah di Play Store, geng.

Dengan WhatsApp bot tersebut, kamu pun bisa merespons setiap pesan masuk dengan cepat. Jadi, teman atau pelanggan kamu nggak akan merasa kalau kamu slow respons.

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

15 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik, Alternatif Chatting Tanpa Putus!

12 Aplikasi Pembuat Stiker WA Gratis Terbaik 2023, Bisa Bikin Stiker Muka Sendiri!

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Kembali Keatas