Jangan Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan Android Lamamu

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 11 May 2017, 15:00
Memang, pada umumnya kebanyakan orang akan berpikir untuk menjual smartphone bekas mereka. Namun bagaimana jika harga jualnya tidak memuaskan? Daripada bingung, simak aja tips-tips berikut ini ya.

Di zaman yang serba modern ini, smartphone sudah tidak lagi menjadi sekadar keinginan, melainkan kebutuhan banyak orang. Perkembangannya begitu pesat sampai-sampai hampir setiap bulan ada saja smartphone baru yang muncul, yang tentu saja menyebabkan dilema setiap kali memilih smartphone baru.

Tak jarang pula orang kebingungan harus diapakan smartphone lama mereka ketika membeli yang baru. Memang, pada umumnya kebanyakan orang akan berpikir untuk menjual smartphone bekas mereka. Namun bagaimana jika harga jualnya tidak memuaskan? Daripada bingung, lebih baik simak tips-tips dari Jaka berikut ini ya.

BACA JUGA
  • 7 Fitur Android N yang Tidak Dimiliki iPhone

Jangan Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan Android Lamamu

1. Dimanfaatkan Sebagai CCTV

Sumber foto: Foto: clarionuk.com

Sebenarnya lensa kamera smartphone dapat dimanfaatkan untuk lebih dari sekedar foto-foto loh. Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi CCTV khusus smartphone yang dapat di-download dari toko-toko aplikasi semacam Play Store. Hanya saja memang tidak semuanya gratis.

2. Sebagai Konsol Game Untuk Anak-Anak

Sumber foto: Foto: LeafColor

Daripada mahal-mahal beli perangkat baru untuk anak-anak lalu rusak dalam sekejap, lebih baik menjadikan smartphone lawas sebagai konsol game. Caranya tinggal hapus atau forcestop aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan dan mengisi ulang smartphone dengan berbagai game anak-anak yang bisa di-download gratis dari toko aplikasi.

3. Jadikan Kawan Berolahraga

Sumber foto: Foto: emaze.com

Meskipun saat ini sudah ada banyak smartwatch yang bisa digunakan saat berolahraga, tidak ada salahnya mencoba trik yang satu ini. Apalagi saat ini harga smartwatch bisa terbilang masih mahal. Terkadang bahkan melebihi harga smartphone.

Jadi, cukup format ulang smartphone kamu dan instal aplikasi-aplikasi terkait olahraga, semisal pemutar musik, timer, dan lain sebagainya. Dijamin kegiatan olahraga harianmu akan semakin menyenangkan.

4. Jadikan Media Player

Sumber foto: Foto: Mobile Industry Review

Dengan berbekal smartphone lawasmu, chromecast, kabel HDMI, atau kabel micro-USB, smartphone milikmu dapat diubah menjadi media player mini. Cukup pasang sejumlah aplikasi penyedia konten, semacam Netflix, Hooq, Viu, Spotify, YouTube atau Iflix, dan hubungkan ke TV.

5. Perangkat GPS

Sumber foto: Foto: CNN.com

Daripada membeli perangkat GPS khusus untuk berkendara, lebih baik manfaatkan smartphone untuk keperluan itu. Cukup dengan instal aplikasi pendukung dari Play Store atau App Store, kamu langsung mendapatkan perangkat GPS yang tak diragukan lagi kualitasnya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

ADVERTISEMENT

6. Jadikan Modem WiFi atau Hotspot

Sumber foto: Foto: pcjar.com

Perangkat Android umumnya dilengkapi dengan WiFi dan ini dapat dimanfaatkan untuk menyediakan akses WiFi bagi gadget lain di sekitarnya, misalnya laptop. Berikut cara menggunakannya:

Pastikan laptop atau komputer sudah dilengkapi dengan WiFi, lalu di smartphone kamu pilih menu Settings > Wireless Connections > Tethering and Portable Hotspot, kemudian aktifkan.

Jika pertama kali menjalankan, maka anda kamu diminta untuk membuat SSID dan password yang akan digunakan oleh setiap perangkat lain yang terkoneksi. Setelah itu save dan aktifkan WiFi di laptop kamu, pilih SSID, klik Connect dan masukkan password tadi. Beres,deh!

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk memanfaatkan smartphone bekas milikmu. Bagi yang punya ide lain, silakan tulis di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
quickReply 1.03
Apps Jawomo
Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
Apps rovo89
XDA Labs 1.0.8.3b
Apps XDA Developers
KingRoot 5.4.0
Apps KingRoot Studio
Kembali Keatas