Cara Main Game PS3 di PC atau Laptop Gratis, 60 FPS Anti Lag!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 07 March 2021, 10:30
Mau main game PS3 di PC atau laptop? Berikut adalah tutorial cara main game PS3 di PC dan laptop dengan emulator RPCS3. Gratis sepuasnya! (Update 2021)

Cara main PS3 di PC atau laptop saat ini sudah bisa dilakukan menggunakan emulator. Game yang bisa dimainkan di emulator ini pun jumlahnya sudah sangat banyak.

Meskipun era PlayStation sudah mulai beranjak ke era PlayStation 5, PlayStation 3 masih memiliki banyak pemain setia hingga saat ini.

Beberapa game classic masterpiece seperti The Last of Us, Demon Souls, dan Red Dead Redemption masih menarik buat dimainkan saat ini.

Bagi yang tidak memiliki PS3 tetapi ingin memainkan game terbaik di konsol ini, tentunya selalu mencari alternatif terbaik untuk bisa bermain PS3 walau tanpa konsol.

Untungnya, saat ini sudah terdapat cara main PS3 di laptop maupun PC menggunakan program emulator RPCS3. Emulator ini memungkinkan komputer kamu membaca dan memainkan game PS3.

Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih tips gimana cara main game PS3 di PC atau laptop berbasis Windows yang bisa kamu nikmati secara cuma-cuma alias gratis.

Sekilas Mengenai RPCS3, Emulator PS3 untuk PC/Laptop

RPCS3 merupakan program emulator yang dikhususkan untuk memainkan game PlayStation 3. Program ini sudah dirilis sejak tahun 2012 silam, dan masih selalu dikembangkan hingga saat ini.

ADVERTISEMENT

Sama halnya dengan program emulator lain seperti emulator PS2, PSP, atau juga PS1, RPCS3 bisa kamu download dan gunakan secara gratis.

Meskipun tidak sepenuhnya bersifat profit oriented, RPCS3 memiliki tim developer sendiri yang selalu mengembangkan program ini hingga bisa digunakan dengan baik tanpa mengalami masalah apapun.

Berikut adalah spesifikasi minimum untuk menjalankan RPCS3 di PC/Laptop:

Detail Spesifikasi Minimum RPCS3
Processor Processor 64-bit
Graphic VGA yang kompatibel dengan OpenGL 4.3
RAM 4GB
Storage Tergantung Game

Cara Install RPCS3 di PC & Laptop

Jika kamu punya perangkat PC atau laptop yang tergolong mumpuni, cara main game PS3 di PC di laptop atau PC ini bukan lagi impian, semuanya bisa dilakukan saat ini juga.

Cara main PS3 di laptop atau PC ini memang sedikit agak sulit ketimbang cara main PS1 dan PS2 dengan emulator, jadi pastikan untuk mengikuti setiap langkahnya dengan seksama.

Untuk bisa main game PS3 di PC, kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu di RPCS3 yang telah kamu download.

Meskipun sedikit rumit, jaka sudah mempersiapkan penjelasan lengkapnya supaya kamu nggak kesulitan sama sekali ketika menggunakan software emulator yang satu ini.

Tanpa lama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk bisa main PS3 di PC menggunakan RPCS3.

  1. Download dan instal RPCS3 di PC atau laptop. Kalau belum punya, kamu bisa langsung download dari link di bawah ini:
RPCS3 - Playstation 3 (PS3) Emulator 0.0.4
Apps Emulator RPCS3
DOWNLOAD

Atau melalui link berikut

  1. Selain file emulator PS3, kamu juga butuh firmware untuk bisa menjalankan game PS3 sesuai dengan update terbaru. Untuk downloadnya kamu tinggal pergi ke situs resmi PS3.

  2. Setelah halaman terbuka, klik tombol Agree and Download Now untuk memulai proses download firmware yang diperlukan.

  1. Setelah semua file yang diperlukan terkumpul, extract program PRPCS3 yang telah didownload. Klik kanan pada file exe-nya dan pilih run as administrator.

  2. Setelah program berhasil dijalankan, install firmware yang telah di-download dengan memilih menu File kemudian pilih Install Firmware.

  1. Cari file firmware yang sudah didownload sebelumnya, kemudian pilih Open. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

  2. Sampai di sini emulator PS3 yang telah kamu download selesai di-setting, dan siap digunakan untuk memainkan game PS3 favorit kamu.

Untuk langkah selanjutnya, pastikan kamu mendownload file Game yang kamu inginkan terlebih dahulu karena proses downloadnya cukup memakan waktu.

Cara Main Game PS3 di PC dengan RPCS3

Setelah proses pegaturan pada program emulator selesai, kamu hanya perlu menginstal game yang ingin kamu mainkan pada program ini.

Berbeda dari game PS1 dan PS2 yang memiliki format ISO, game PS3 memiliki format .pkg maupun dalam bentuk folder utuh karena merupakan file yang dimigrasi langsung dari konsol itu sendiri.

Meskipun sedikit berbeda, cara meng-install kedua jenis format ini sama saja, geng. Semuanya akan Jaka bahas secara lengkap di bagian ini.

Untuk contoh kali ini, format game yang Jaka gunakan adalah .pkg. Berikut adalah cara main game PS3 di laptop yang bisa kamu praktikan saat ini:

  1. Setelah selesai mendownload game PS3 yang kamu inginkan, buka program RPCS3, pilih menu File, lalu pilih Install .pkg.
  1. Contoh game yang Jaka gunakan kali ini berbentuk .pkg sehingga pilihannya adalah install .pkg. Tetapi jika game yang di-download berbentuk lain, kamu tinggal pilih opsi Add Game, lalu pilih folder game tersebut.

  2. Cari di mana kamu menyimpan file tersebut, lalu pilih Open. Jika ada 2 file .pkg, kamu perlu melakukan proses instalasi 2 kali dengan cara yang sama.

  1. Setelah proses instalasi selesai, game akan terlihat pada menu utama emulator. Double click untuk memainkan game tersebut.
  1. Selesai! Kamu bisa langsung menikmati berbagai macam game PS3, mulai dari game RPG hingga game aksi sekalipun bisa kamu mainkan sepuasnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa langkah dari cara main game PS3 di PC atau laptop tanpa lag. Cara ini bisa membantu kamu untuk memainkan game yang dari dulu kamu idam-idamkan tapi gak kesampaian.

Meskipun sudah cukup baik, emulator RPCS3 masih mengalami pengembangan setiap harinya dan semakin banyak juga game PS3 yang mulai bisa dimainkan di emulator ini.

Jika masih belum jelas, kamu bisa meninggalkan komentar di halaman ini dan Jaka akan berusah menjawab pertanyaan kamu sebaik mungkin.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas