Tanpa Poni! Inikah Tampang iPhone 2020 Beserta Fitur-Fitur Canggihnya?

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 06 October 2019, 21:00
Pasca rilisnya iPhone 11, bagaimana sekiranya tampilan dan fitur iPhone 2020? Simak prediksi dan bocoran desain iPhone 2020 di sini!

Perkembangan teknologi smartphone berlangsung begitu cepat, kini kita bisa menyaksikan lahirnya smartphone-tablet dengan layar yang bisa dilipat.

Selain teknologi komponen, desain smartphone secara umum juga mengalami evolusi ke arah yang lebih simplistik, semua menggunakan bentuk persegi panjang yang minim ornamentasi.

Belum lama setelah iPhone 11 diluncurkan pada gelaran Apple Event 2019 lalu, mulai ramai spekulasi desain iPhone 2020 di ranah media teknologi, geng.

Nah, di artikel ini Jaka merangkum beberapa prediksi mengenai desain dan teknologi yang mungkin saja bisa muncul di iPhone 2020.

iPhone 2020, Memprediksi Inovasi Futuristik Apple

Apple iPhone seolah sudah menjadi pakem desain yang, suka atau tidak suka, banyak dijiplak oleh produsen smartphone lain.

Mulai dari konfigurasi dual camera pada iPhone 7, sampai notch atau poni layar pada iPhone X, banyak smartphone di pasaran dengan desain yang mirip-mirip, geng.

Lalu, apakah iPhone 2020 bakal jadi gebrakan desain smartphone Apple berikutnya yang diikuti oleh gerakan menjiplak massal oleh produsen lain?

ADVERTISEMENT

Untuk itu, mari simak beberapa key point tentang prediksi fitur iPhone 2020 yang dihimpun dari berbagai sumber berikut, geng.

1. Tanpa Charging Port

Sumber foto: Mashable

Sejak iPhone generasi pertama, Apple selalu ingin beda dengan kompetitornya, mengimplementasi colokan charger yang beda dari yang ada di pasaran.

Lightning Port adalah colokan charger yang digunakan pada iPhone generasi modern, yang dimulai dari iPhone 5.

Dirumorkan, iPhone 2020 bakal menyingkirkan charging port Lightning ini dan beralih sepenuhnya ke pengisian nirkabel atau wireless charging.

2. Kembali ke Dual-camera Setup

Sumber foto: Mashable

Tren dual-camera setup yang bikin kita flashback ke era iPhone 7 ini ternyata mungkin bisa diterapkan pada iPhone 2020, geng.

Banyak smartphone flagship kekinian yang memperbanyak jumlah kamera belakangnya untuk dapat memberi cakupan sudut gambar yang lebih luas, atau tujuan meningkatkan kualitas gambar lain.

Ini bisa kita temui di Samsung Galaxy S10, Note 10, Nokia 7.2, dan masih banyak lagi.

Diperkirakan, Apple akan menyematkan sensor gambar yang lebih baik dan kembali ke penerapan dual-camera setup, meski iPhone 11 sudah hadir dengan triple-camera.

3. Bingkai Unibodi yang Lebih Baik

Sumber foto: Mashable

Erat kaitannya dengan prediksi absennya charging port, bingkai iPhone 2020 diperkirakan bakal menggunakan bahan dasar kaca, seperti pada iPhone 11.

Penggunaan material aluminium pada iPhone 2020 dirasa mustahil karena teknologi wireless charging tidak akan bisa terwujud sebab sifatnya yang induktif terhadap arus listrik.

Pendekatan desain unibody pada iPhone 11 adalah perwujudan yang paling mendekati, sebab bodi iPhone 11 dibuat dari 1 lembar kaca sebagai satu kesatuan.

Desain ini selain lebih ideal buat mendukung fitur wireless charging, juga bisa memberi perlindungan lebih baik dari air sebab minimnya celah yang bisa membuat air masuk.

4. Aksesori Total Nirkabel | Earphone, Charger, dll

Sumber foto: Mashable

iPhone 2020 mungkin saja bisa menjadi gadget yang mendorong banyak perusahaan teknologi lain untuk go wireless.

Dengan desain unibody yang enggak memiliki charging port dan 3.5mm headphone jack, tentunya tidak ada opsi lain untuk aksesori gadget bisa terhubung, selain koneksi nirkabel.

iPhone 7 sudah menyingkirkan 3.5mm headphone jack, iPhone 2020 bisa saja menyingkirkan semua port standar yang ada di sebuah smartphone.

5. iOS 14?

Sumber foto: Mashable

Sudah update fitur-fitur iOS 13 terbaru?

Tidak lengkap kalau membicarakan iPhone tanpa iOS, geng. Prediksi iOS 14 tidak akan memperkenalkan perubahan desain antarmuka yang radikal.

Namun, lebih pada penerapan artificial intelligence (AI) yang lebih baik, dalam hal ini, Siri.

Interaksi layar penuh sudah diperkenalkan iOS 12 melalui iPhone X dengan layar penuhnya. Full screen gesture ini akan tetap bertahan, dengan beberapa tweak yang membuatnya lebih baik.

Fitur Lain yang Bakal Ada di iPhone 2020? Lanjut Baca...

6. Dukungan 5G Out-of-the-box

Sumber foto: PCMag

Meski belum bisa kita nikmati hari ini, tetapi prospek konektivitas 5G perlahan mulai cerah.

Samsung Galaxy Fold sudah mendukung 5G secara bawaan, menyusul serangkaian smartphone konsep lain dari OnePlus, Xiaomi, Huawei, dan lain-lain.

Cepat atau lambat, teknologi 5G bakal terwujud. Nah, tahun 2020 adalah momentum yang tepat sebab perangkat 5G sudah mulai banyak.

Tidak terkecuali Apple, iPhone 2020 juga akan mendukung 5G secara out-of-the-box.

7. Keamanan Biometrik yang Mutakhir dan Terintegrasi

Sumber foto: Mashable

Pembaruan iOS 12 dan iOS 13 memoles fitur Face ID dan Touch ID jadi semakin baik dan aman.

iPhone 2020 melalui iOS 14 bakal mematangkan lagi teknologi biometrik, diduga Touch ID bakal pindah ke bawah layar.

Ya, in-display fingerprint sensor sudah bukan fiksi ilmiah lagi. Ini sudah bisa kita temui di banyak peranti di pasaran. Bahkan, OnePlus 6T sudah melakukannya pada Oktober 2018.

Akhir Kata

Sebanyak 7 fitur dan desain iPhone 2020 di atas adalah perkiraan yang bisa saja tepat, bisa juga meleset geng. Namun, mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesatnya, beberapa prediksi di atas bisa saja terwujud.

Bagaimana menurut kamu, fitur iPhone 2020 mana yang bikin kamu excited? Tulis komentarmu!

Baca juga artikel seputar Apple iPhone atau artikel menarik lainnya dari Tidar Sentausa

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas