Bebas Penipuan, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Aman Belanja Online (Bagian 2)

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 01 Juli 2016, 16:00
Saat ini isu mengenai penipuan dan pencurian data dalam melakukan belanja online yang aman masih menjadi sebuah ketakutan besar bagi masyarakat saat ini.

Pada artikel sebelumnya Saya sudah membahas 5 tips dasar mengenai cara berbelanja online dengan aman. Pada artikel ini Saya akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara belanja online yang aman dan bebas penipuan.

Saat ini isu mengenai penipuan dan pencurian data dalam melakukan belanja online yang aman masih menjadi sebuah ketakutan besar bagi masyarakat saat ini. Keamanan data yang dimaksud seperti penipuan online, pencurian identitas hingga pencurian data kartu kredit!

BACA JUGA
  • Bebas Penipuan, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Aman Belanja Online (Bagian 1)
  • 7 Tips Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadan
  • Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!

6. Pastikan Online Store Tempat Anda Melakukan Pembelian Menggunakan SSL

Apa itu SSL dan apa fungsi dari SSL? SSL sendiri adalah sebuah bentuk protokol keamanan yang fungsinya untuk mengenkripsi segala kegiatan atau transaksi yang ada pada website tersebut. Lalu bagaimana cara mengidentifikasi nya? Hal mudah, cukup pastikan website yang kamu akses menggunakan https:// bukan http://. Contoh https seperti website JalanTikus ini ya.

7. Jangan Gunakan Password Yang Sama Pada Setiap Website

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, hacker terkadang mendapatkan password kamu dengan cara 'membobol' website dengan keamanan yang rendah. Nah fungsi membedakan password di sini adalah jika salah satu website terkena hack maka akun kamu akan tetap aman, setidaknya pada website selain yang terkena hack tadi.

Sebagai bocoran, hacker biasanya melakukan metode brute-force pada setiap website untuk menemukan akun-akun yang bisa disisipi dengan data yang ada.

8. Bila Anda Menggunakan PayPal Untuk Berbelanja Online, Pastikan Email PayPal Adalah Email Khusus!

Kalau anda gemar melakukan pembelian online di luar negeri tentu sudah tidak asing lagi dengan PayPal. PayPal sendiri adalah sebuah 'Bank Online' yang berfungsi layaknya bank-bank lokal lainnya. Selain itu, PayPal sendiri juga dapat berfungsi sebagai escrow atau rekening bersama loh guys!

Lalu apa fungsi membedakan email tadi? Seperti yang dibahas di tips sebelumnya, PayPal sendiri menggunakan email sebagai identitas. Nah jika salah satu website tempat kamu melakukan pembelian diretas, maka niscaya data PayPal kamu tetap aman.

9. Jangan Simpan Data Kartu Kredit Secara Online.

Dengan kemudahan berbelanja menggunakan kartu kredit hal ini membuat setiap orang yang 'hobby' berbelanja memilih menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran karena mudah dan cepat. Namun hal ini mengundang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan peretasan kartu kredit atau yang sering disebut carding.

Dengan maraknya kasus carding di Indonesia saat ini, saya menghimbau untuk tidak menyimpan data kartu kredit anda secara online. Namun jika kamu tetap memilih untuk menyimpan data kartu kredit secara online, pastikan kamu mengikuti seluruh tips yang Saya berikan agar aman.

10. Aktifkan Verifikasi Ganda Pada Akun Email Anda.

Email adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Email seperti sebuah identitas online, jika teretas maka sudah selesai kehidupan online kamu. Hacker bisa masuk ke dalam seluruh akun online yang terhubung dengan email Anda, hal ini dia lakukan dengan cara melakukan forgot password pada akun milik Anda. Lalu bagaimana mengaktifkan verifikasi ganda? Silahkan baca artikel berikut ini Cara Amankan Email Gmail Dengan Verifikasi Dua Langkah

Oke baiklah sekian tips dari Saya, semoga dapat membantu kamu dalam berbelanja online dengan aman. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT

Kerja dari Rumah? Hati-hati Penipuan

Cara Melindungi Android Kamu dari Penipuan Spam dan Phishing Scam

5 Trik Sukses Online Shop di Instagram

Rasanya Pengen Banget Block Akun Online Shop di Instagram. Tapi Setelah Dipikir Lagi...

Ngakak! Inilah 15 Foto Balasan SMS Penipuan Paling Lucu dan Kreatif

APPS TERKAIT
Lazada App for Android 5.3.1
Apps Lazada Mobile
Tokopedia 2.5.1
Apps Tokopedia
Bukalapak - Jual Beli Online 4.3.2
Apps BukaLapak
WHAFF Rewards 445
Apps WHAFF
undefined
Kembali Keatas