5 Tips untuk Memastikan Data Kamu Terjaga dengan Aman

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 21 April 2015, 10:00
Setiap orang pastinya memiliki data yang sangat pribadi dan sensitif sehingga perlu dijaga baik-baik agar tidak hilang apalagi dicuri oleh orang lain.

Setiap orang pastinya memiliki data yang sangat pribadi dan sensitif sehingga perlu dijaga baik-baik agar tidak hilang apalagi dicuri oleh orang lain. Sekarang ini banyak sekali teknik untuk mencuri data seseorang, bisa menggunakan phising, malware, atau bisa juga menggunakan keylogger untuk mencuri ID dan Password. Berikut ini cara menjaga data kamu tetap aman:

5 Tips Memastikan Data Terjaga dengan Aman

1. Backup

Selalu pastikan data pribadi kamu memiliki backup untuk menghindari hal-hal yang tidak diingikan seperti misalnya tidak sengaja terhapus atau kerusakan pada tempat penyimpanan hingga tidak bisa lagi digunakan. Untuk backup bisa menggunakan HardDisk eksternal atau bisa juga menggunakan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox dan lainnya.
Google Drive 1.31.2755.2156
Apps Downloader & Plugin Google
DOWNLOAD
Dropbox 11.4.20
Apps Downloader & Plugin Dropbox
DOWNLOAD

2. Enkripsi Data di Perangkat Portable

Enkripsi data menjadi sangat penting karena dapat menjaga data kamu dari pencurian. Enkripsi sendiri bisa kamu lakukan dengan beberapa tools seperti contohnya BitLocker bagi para pengguna Windows.

3. Hapus Data Dengan Aman

Ketika menghapus data pastikan data sudah terhapus dengan bersih, karena data masih bisa didapatkan kembali dengan fitur recovery dari beberapa tools yang berfungsi untuk recovery seperti Recuva.
Recuva 1.5.3
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

4. Hapus File Lama di Cloud

Seperti poin nomor 1 untuk menyimpan di cloud sebagai backup, tetapi jika file tersebut sudah terlalu lama sebaiknya dihapus atau di-update dengan file terbaru. Jika kamu menggunakan fitur sinkronisasi antara device atau PC dengan cloud storage milikmu, itu lebih baik.

5. Matikan File dan Media Sharing

Hal ini biasanya terjadi ketika dalam satu rumah atau gedung yang memiliki koneksi yang sama, sehingga fitur LAN atau media sharing-nya aktif. Jika kamu berada dalam kondisi seperti ini, pastikan file-file pribadi dan penting milikmu tersimpan di folder yang tidak dapat diakses oleh orang lain.

Jadi dengan 5 tips tersebut, kamu bisa menjaga data pribadi kamu dari kejadian kehilangan data atau tindak pencurian data.

Artikel Menarik Lainnya:

undefined
Kembali Keatas