4 Teknologi yang Mengubah Kualitas Film

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 08 January 2015, 09:00
Berikut ini beberapa teknologi yang mengubah kualitas film, baik dari cara pembuatannya hingga cara menontonnya.

Film dari tahun ke tahun terus berkembang mulai dari alur cerita yang lebih bervariasi hingga teknologi yang digunakan semakin canggih. Semakin canggih teknologi film, maka semakin tinggi juga kualitas film yang dihasilkan. Dengan berkembangnya teknologi maka semakin banyak cara baru dalam pembuatan film tersebut.

Berikut ini beberapa teknologi yang mengubah kualitas film, baik dari cara pembuatannya hingga cara menontonnya.

3D

Ingat film Avatar yang disutradarai James Cameron? Film yang populer di 2009 tersebut menjadi salah satu pelopor munculnya banyak film 3D, walaupun sebenarnya film tersebut tidak perlu menggunakan efek 3D. 3D sendiri bukanlah teknologi yang baru karena pada tahun 1915 sudah ada teknologi 3D tetapi beda dengan yang sekarang.

Pada kisaran tahun 80-an, baru teknologi 3D dipakai secara masif di pemutaran film. Penonton dibuat terpana dengan gambar yang seakan-akan dekat dengan matanya. Tentunya menjadi sebuah revolusi yang menakjubkan.

Dolby

Biasanya iklannya muncul saat mau nonton yang iklan dari Dolby Sorround Sound. Di iklan itu juga diperagakan bagaimana Dolby bisa menghadirkan suara sepelan apapun dan dari berbagai arah. Dolby Labs didirikan oleh Ray Dolby di tahun 1967 dan pertama kali digunakan untuk film A Clockwork Orange.

Dolby Labs khusus fokus kepada audio noise reduction dan audio encoding/compression. Sejak pertama kali diperkenalkan, Dolby sudah menjadi standar audio film. Mungkin satu-satunya yang bisa menyaingi adalah THX bikinan George Lucas.

Tablet

Sejak pertama kali Apple mengumumkan perilisan tablet pertamanya, iPad banyak hal sudah berubah. Game, musik sampai film turut terkena dampaknya. Sekarang, menonton film bisa dibawa kemana saja dan pengguna tablet juga bisa merekamnya.

Dengan kualitas tampilannya yang HD, tablet menggantikan peran televisi untuk yang gak suka nonton ke bioskop atau ingin menonton film favoritnya lagi.

4D

Kalo inovasi yang satu ini belum terlalu populer tapi dijamin akan mengubah bioskop di masa depan. 4D adalah tingkatan selanjutnya dari 3D. Bukan cuma gambarnya yang kerasa deket, film yang ada 4Dnya punya efek fisik yang bisa dirasain penontonnya. Kalo di film lagi hujan, ya penontonnya ikutan basah, bahkan ketika adegan berantem penonton akan merasakannya juga di bangkunya.

Inspiratif banget ya? Semoga ke depannya makin banyak lagi teknologi yang ditemukan. Masa depan akan jauh lebih keren lagi dengan inovasi yang tanpa henti. Setuju gak? Apa lagi ya kira-kira teknologi yang bakal ada di masa depan? Kamu bisa menebak gak? Coba share di comments. Ingin nonton film di PC kamu? Bisa coba VLC Player.

VLC Media Player 3.0.6
Apps Video & Audio VideoLAN.org
DOWNLOAD
Kembali Keatas