Dugul Si Penyendiri Mati Mendadak di TN Way Kambas, Penyebabnya Bikin Sedih

Ditulis oleh Jaka Gledek - Thursday, 28 December 2023, 11:15
Dugul si Gajah Sumatera Penyendiri ditemukan mati mendadak di Taman Nasional Way Kambas. Namun penyebab kematiannya masih menjadi misteri.

Kamu pasti terkejut dengan kabar menyedihkan ini. Dugul, seekor Gajah Sumatera yang dikenal karena sifatnya yang unik, ditemukan mati di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Lampung. Sampai saat ini, penyebab pasti kematian Dugul masih menjadi misteri.

Petugas TNWK menemukan Dugul sudah tidak bernyawa pada hari Minggu (24/12). Gajah ini sebenarnya telah dipasangi GPS oleh petugas untuk memantau pergerakannya. Ketika GPS menunjukkan bahwa Dugul tidak berpindah dari lokasinya, petugas mulai merasa curiga dan mendekati titik tersebut.

Benar saja, saat petugas tiba di lokasi tersebut, Dugul sudah dalam keadaan tak bernyawa. Humas Balai TNWK, Sukatmoko, membenarkan kabar mengenai kematian Dugul.

"Benar, ada satu ekor gajah bernama Dugul yang mati pada hari Minggu lalu," ungkap Sukatmoko, Selasa (26/12), seperti dilaporkan oleh Detik.

Setelah ditemukan mati, petugas segera melakukan pemeriksaan. Mereka menemukan adanya cacing pada kotoran Dugul. Sampel kotoran tersebut telah diambil oleh petugas untuk diteliti lebih lanjut.

Selain mengambil sampel kotoran, tim dokter TNWK juga melakukan nekropsi atau pengambilan organ dalam Dugul. Langkah ini diambil untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna menemukan penyebab pasti kematian Dugul. Sukatmoko menambahkan bahwa hasil tes nekropsi baru bisa diketahui dalam waktu sekitar satu pekan ke depan.

Dugul cukup dikenal di kalangan petugas TNWK karena perilakunya yang hidup menyendiri, tidak seperti gajah kebanyakan. Dugul juga unik karena tidak memiliki gading. Selamat jalan, Dugul!

Kembali Keatas