Wow! Pesawat Ini Gunakan Kayu Sebagai Bahan Bakar!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 17 November 2016, 17:30
Alaska Air melakukan penerbangan komersial pertama dengan menggunakan bahan bakar dari limbah kayu. Bahan bakar terbarukan dan ramah lingkungan atau biofuel ini menjadi terobosan baru dalam industri penerbangan.

Teknologi di dunia semakin berkembang, termasuk teknologi terbarukan dan ramah lingkungan. Langkah inilah yang diambil salah satu maskapai penerbangan, Alaska Air. Maskapai ini mengambil sebuah peluang menggunakan bahan bakar terbarukan dari limbah kayu!

Bukan kayu seutuhnya melainkan biofuel. Biofuel atau bahan bakar hayati adalah bahan bakar yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biasanya langsung berasal dari tanaman, limbah industri, dan pertanian.

BACA JUGA

    Alaska Air Maskapai Komersial Pertama dengan Biofuel

    Maskapai Alaska Air melakukan penerbangan komersial pertama dengan menggunakan biofuel yang dihasilkan dari sisa-sisa penebangan hutan di Barat Laut Pasifik. Limbah yang digunakan antara lain cabang, ranting, dan akar yang tersisa.

    Penerbangan dari Seattle menuju Washington DC yang dilakukan ditenagai dengan 20 persen biofuel. Penerbangan dengan pesawat Boeing 737-800 tersebut membawa 163 penumpang, termasuk 3 delegasi kongres negara bagian. Bahan bakar terbarukan ini dikembangkan oleh Northwest Advanced Renewables Alliance (NARA).

    Menggunakan limbah hutan untuk bahan baku biofuel sangat menarik karena tidak bersaing dengan produksi pangan, mengurangi polusi udara, menghilangkan limbah, mempersiapkan hutan untuk ditanam kembali, dan tentunya mempersiapkan lapangan kerja di pedesaan, ujar manajemen Alaska Air.

    Ini bukan kali pertama Alaska Air menggunakan biofuel. Juni lalu, perusahaan ini telah menerbangkan dua pesawat dengan bahan bakar dari limbah jagung. Alaska Air mengatakan bahwa penerbangan dengan biofuel mengurangi sekitar 70 persen emisi gas karbondioksida dibanding menggunakan bahan bakar biasa.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Simulator Penerbangan: Pesawat 1.24
    Games i6 Game
    Pesawat tempur - Air Fighter 1.1.001
    Games Mobistar
    Pesawatku 1.6
    Games SiswaMedia
    Tiket.com - Hotel & Pesawat 1.11.3
    Apps Tiket.com
    Kembali Keatas