Dari Facebook Hingga Youtube, Raksasa Teknologi Galang Solidaritas Untuk Paris

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 17 November 2015, 12:30
Serangan teroris di Paris pada hari Jumat, 11 November lalu tengah menjadi perhatian dunia. Berbagai dukungan dari Facebook hingga Youtube dan raksasa teknologi lainnya terus berdatangan.

Serangan teroris di Paris pada hari Jumat, 13 November lalu, dilakukan secara tak berperikemanusiaan dengan melakukan bom bunuh diri di beberapa titik dan disertai dengan tembakan secara acak. Akibatnya, lebih dari seratus orang dinyatakan meninggal dunia, dan ratusan lainnya luka parah. Hingga saat ini, tragedi Paris tengah menjadi sorotan dunia. Berbagai dukungan terus mengalir sebagai bentuk solidaritas untuk Paris, tak terkecuali dari Facebook hingga Youtube dan raksasa teknologi lainnya.

BACA JUGA
  • HP Android Tahan Peluru Ini Berhasil Menyelamatkan Korban Penembakan Paris
  • Jangan Pernah Share Link Ini Ke Timeline Facebook Kamu!
  • SEREM! Ini Akibatnya Kalo Kamu Upload Video yang Sama Ke YouTube Berulang Kali!

Siapa saja raksasa teknologi yang menyampaikan solidaritasnya terhadap serangan teroris di Paris ini? Jika kamu menyimak perkembangan isu ini di sosial media, kamu mungkin sudah mengetahuinya.

Raksasa Teknologi Tunjukan Solidaritas Untuk Paris

1. Facebook

Facebook menjadi salah satu raksasa teknologi yang selalu menunjukan solidaritas tinggi terhadap isu-isu di masyarakat, termasuk serangan teroris di Paris ini. Salah satu bentuk dukungan Facebook adalah dengan memudahkan penggunanya menunjukan solidaritas lewat filter bendera Perancis. Dengan menggunakan filter ini, kamu bisa dengan mudah membuat foto superimpose bergaris merah, putih dan biru sesuai lambang bendera Perancis.

Cara Menggunakan Filter Pray for Paris di Facebook

Bukan hanya itu saja, Facebook juga menyediakan fitur Safety Check di insiden serangan teroris di Paris. Sebelumnya, Facebook menyediakan fitur Safety Check hanya untuk insiden bencana alam, seperti yang melanda Jepang dan Nepal. Dengan disediakannya fitur Safety Check terhadap serangan teroris di Paris, ini menjadi pertama kalinya fitur Safecty Check digunakan pada insiden di luar bencana alam. Safety Check memungkinkan kamu untuk mengabari teman atau kerabat jika kamu kebetulan terjebak di dalam sebuah insiden, termasuk serangan di Paris ini.

2. Google

Selanjutnya yang secara tegas menunjukan dukungan terhadapan insiden serangan teroris di Paris adalah Google. Lewat YouTube, Google menunjukan solidaritasnya dengan mengubah logo YouTube di pojok kiri atas menjadi berhiaskan bendera Perancis. Bukan hanya itu saja, YouTube juga menyediakan ruang khusus yang mengabarkan tentang kejadian terbaru di Paris. Untuk menggalang solidaritas, YouTube pun sempat membuat mix lagu-lagu khusus.

ADVERTISEMENT

Bukan cuma YouTube ternyata Google juga menunjukan solidaritasnya lewat Google Hangouts. Google menggratiskan panggilan video di Hangouts, sehingga memudahkan warga Paris untuk saling berkabar keadaannya.

3. Microsoft

Langkah penggratisan panggilan ternyata bukan hanya dilakukan oleh Google Hangouts, namun juga Skype. Layanan milik Microsoft ini menggratiskan panggilan domestik dan internasional bagi semua warga Paris selama minggu ini. Tentu hal ini sangat bermanfaat besar untuk dapat mengabari keluarga yang ada di Paris atau di luar wilayah bahwa korban baik-baik saja.

4. Twitter

Selain kicauan solidaritas pengguna Twitter lewat #prayforparis dan #porteouverte yang mengabarkan ketersediaan bantuan berupa tumpangan atau tempat tinggal, Twitter sendiri mengubah tampilan foto profilnya dengan logo Twitter ber-background bendera Perancis.

5. Reddit

Tak jauh berbeda dengan YouTube, layanan berbagi konten online, Reddit pun ikut menunjukan solidaritas terhadap serangan teroris di Paris dengan mengubah logo di pojok kiri atasnya. Logo Reddit kini mengibarkan bendera Perancis. Bukan hanya itu saja, jika biasanya logo Reddit tersenyum, kini tidak lagi.

6. Micromax

Perusahaan teknologi lainnya yang juga menunjukan solidaritas terhadap serangan teroris di Paris adalah Micromax. Salah satu perusahaan smartphone asal India ini menunjukan solidaritasnya dengan mengubah tampilan foto profil Facebook-nya.

7. Amazon

Selanjutnya, perusahaan yang menggalang solidaritas untuk insiden teroris di Paris adalah Amazon. Perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia ini menggalang solidaritas dengan 'mengibarkan' bendera Perancis.

Nah, itu tadi adalah beberapa raksasa teknologi yang menunjukan solidaritasnya terhadap insiden serangan teroris di Paris. Bagaimana cara kamu menunjukan solidaritas terhadap serangan teroris di Paris ini? Bagaimana pun bentuk dukungannya, semoga korban yang ada di Paris dapat menjalani kejadian ini dnegan kuat dan tabah ya.

ARTIKEL TERKAIT

Apa Sih Bedanya USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C?

ROAR!! Smartphone Gahar Dengan Harga Terjangkau dari Coolpad

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Apple Music di Android

Yakin Android RAM 6 GB Sudah Hebat? Buktikan Dengan Test Berikut Ini

WAROONG WARS, Game Interaktif Untuk Mengobati Kecanduan Smartphone

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Twitter for Android
Apps Twitter
Hangouts for Android 4.2.102354210
Apps Google
undefined
Kembali Keatas